Istilah-Istilah Dalam Olahraga Renang



Renang adalah olahraga yang melombakan kecepatan atlet renang dalam berenang. Gaya renang yang diperlombakan adalah gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya dada. Perenang yang memenangkan lomba renang adalah perenang yang menyelesaikan jarak lintasan tercepat. Pemenang babak penyisihan maju ke babak semifinal, dan pemenang semifinal maju ke babak final.

Berikut adalah beberapa istilah yang dipakai dalam olahraga renang :

Artistic Impression adalah salah satu kategori yang  merupakan aspek yang dinilai dalam suatu perlombaan olahraga renang dalam renang indah. Istilah ini mencakup koreografi dan juga tata gerak yang diaplikasikan dalam musik yang digunakan dalam perlombaan.

Back Layout adalah posisi tubuh yang terlentang memanjang dan posisi wajah, dada, paha, kaki dan lain mengapung atau tampak di permukaan air, dan posisi kepala dan pinggul harus berada dalam posisi satu garis lurus.

Back Pike adalah posisi tubuh menyudut 45 derajat di pinggul, badan dan tungkai lurus ke atas.

Balancing Tank adalah bak penampungan yang dimensinya lebih kecil dari kolam renang yang berfungsi sebagai penyeimbang volume air luapan kolam renang

Ballet Leg adalah satu kaki diangkat tegak lurus muncul di permukaan air sementara posisi seluruh tubuh berada di dalam air atau back layout.

Ballet Leg Double adalah posisi dimana kedua tungkai diangkat tegak lurus di atas permukaan air, dan wajah perenang juga tampak atau berada di permukaan air.

Boost adalah istilah yang digunakan untuk suatu gerakan yang dilakukan oleh perenang saat mereka muncul ke permukaan air dengan gerakan yang sangat cepat. Biasanya perenang akan menggunakan kepala mereka untuk memacu gerak tubuh untuk keluar dari dalam air.

Cadence Action adalah aatu rangkaian gerak yang identik, yang ditampilkan oleh seluruh anggota tim secara individual, dan bergantian atau berubah-ubah secara cepat.

Combined Spin adalah menggambarkan bagaimana perenang melakukan putaran 360 derajat ke bawah lalu melakukan putaran yang mengarah ke arah yang sama tapi dilakukan dengan putaran sebaliknya mengarah ke atas.

Continuous Spin adalah perenang melakukan 720 derajat putaran ke bawah yang dilakukan dengan rotasi yang cepat.

Crane adalah posisi tubuh tegak ke atas dan satu tungkai diluruskan ke depan sehingga membentuk sudut 90 derajat terhadap tubuh.

Filter adalah alat penyaring kotoran dari kolam renang yaitu berupa tabung yang diisi dengan media pasir kwarsa / silica

Gaya Anjing adalah kepala mendongak di atas air sementara tungkai dan lengan digerak-gerakan di dalam air seperti anjing berenang.

Gaya Bebas atau Crawl Stroke adalah gerakan kaki ke atas / bawah dalam posisi lurus. Sedangkan tangan bergerak dari depan ke belakang, kemudian diangkat di permukaan air secara bergantian.

Gaya Dada atau Breast Stroke adalah tangan digerakkan melingkar dari depan ke belakang, kemudian kaki ditekuk dan dihentakkan lurus.

Gaya Kupu-Kupu atau Buterfly Stroke adalah gerakan tangan memutar tapi tetap terletak di bagian samping badan. Sedangkan kaki ditekuk untuk menghentakkan badan ke depan.

Gaya Punggung atau Back Crawl Stroke adalah perenang harus telentang dan tidak bisa melihat depan. Adapun teknik gerakannya sama dengan gaya bebas

Gaya Samping adalah berasal dari perkembangan gaya dada.

Gaya Trudgen (Trudgeon) adalah serupa dengan gaya bebas, namun dengan gerakan kaki gunting.

Inlet Fitting adalah aksesoris pada dinding kolam renang yang berfungsi untuk tempat masuknya air kedalam kolam kembali

Kicking Board adalah papan latihan yang digunakan dalam pengenalan air dalam renang

Kolam Renang adalah bak yang difungsikan sebagai tempat orang berenang dimana merupakan bagian utama dari kolam renang itu sendiri.

Maindrain adalah aksesoris kolam yang berfungsi sebagai alat hisap dari kolam yang terhubung ke pompa sirkulasi, biasanya terletak di dasar kolam renang.

Pompa Sirkulasi adalah pompa yang berfungsi sebagai pompa transfer air dari kolam kembali ke kolam.

Poul Bouy adalah pelampung yang di gunakan perenang saat pengenalan dengan air

Strainner adalah tabung yang di dalamnya terdapat saringan kotoran yang dipasang pada bagian depan / hisap pompa

Turn Over Rate adalah waktu yang diperlukan peralatan sirkulasi untuk menyaring kotoran, pada umumnya waktu yang diperlukan / direncanakan minimun 6 jam/hari.

Semoga istilah-istilah renang diatas dapat bermanfaat untuk anda. Bila ada istilah-istilah renang yang belum ada dalam daftar diatas, silahkan menambahkan pada kolom komentar.




Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Istilah-Istilah Dalam Olahraga Renang"

  1. mantab banget lengkap sekali penjelasannya tentang, Istilah permainan sepak bola, jangan lupa mampir ya ke lirik lagu dangdut

    ReplyDelete
  2. Guru Renang Belajar Kursus Privat Semua Gaya Berenang Pelatih Renang Profesional Jakarta 081286606678, 081286608678 GURU RENANG JAKARTA

    Anda pengen mahir berenang? Siap melatih renang bagi siapapun untuk umur berapapun. Team Pelatih Renang Kami siap memberikan Les Privat Renang Di Kolam Renang Apartemen Jakarta Pusat, Apartemen Jakarta Barat, Apartemen Jakarta Timur, Apartemen Jakarta Utara, Apartemen Jakarta Selatan.

    Bagi Anda yang memiliki Anak, segera pastikan Anak Anda dapat berenang. Dengan renang akan membuat stamina Anak kuat dan pertumbuhan badan meningkat pesat. Serta tentu akan melatih kepercayaan tinggi. www.gururenang.com
    Untuk Anda yang sudah dewasa atau beranjak tua. Jangan takut, tidak ada kata terlambat. Dengan melatih olahraga renang, otot otot tidak akan kaku dan mencegah Syaraf kejepit. Saya siap melatih renang bagi siapapun Anda dengan ketentuan sbb:

    - Paket Renang 6x Pertemuan Untuk 1 Bulan Rp 1 Juta atau Rp 150rb Per Pertemuan Di Kolam Renang Jakarta.
    - Satu sesi belajar renang kurang lebih 1,5 Jam.
    - Pembayaran dibayar dimuka.
    - Biaya belum termasuk Tiket masuk ke kolam renang.
    - Terima Kursus Private Satu orang, atau Semi Privat lebih dari satu orang.
    - Siap untuk melatih renang dimanapun Anda berada di Jakarta.
    - Kolam Renang bisa Anda yang pilih, atau bisa juga tempat kolam renang berdasarkan masukan dari saya.
    - Jadwal belajar Renang bisa ditentukan berdasarkan kesepakatan dua belah pihak.
    - Siap melatih bagi Anda yang belum bisa renang sama sekali, atau bagi Anda yang bermaksud untuk memperlancar setiap gaya renang.
    - Siap melatih Renang Gaya Dada/Breaststroke Swim, Renang Gaya Bebas/Freestyle Swim, Renang Gaya Kupu Kupu/Butterfly Swim, Renang Gaya Punggung/Backstroke Swimming. Tergantung minat Anda.

    Ayo, segera hubungi HP/WA di 081286606678. Saya sebagai perenang yang telah menguasai renang dari umur 5 tahun sampai sekarang aktif di Kompetisi Renang umur Senior, siap melatih Anda untuk dapat percaya diri berlatih olahraga renang.

    WWW.GURURENANG.COM siap juga menerima Kursus Belajar Renang untuk Pelajar Sekolah SD, SMP, SMU secara kelompok yang dapat dikerjasamakan dengan seluruh Sekolah baik Negeri/Swasta di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Timur.
    Team Guru Renang di www.gururenang.com siap memberikan Les Privat Kursus Renang dengan Pelatih Renang/Swim Coach Pria Wanita berpengalaman untuk di Kolam Renang Umum Jakarta seperti di Kolam Renang Jakarta Pusat, Kolam Renang Jakarta Barat,Kolam Renang Jakarta Selatan, Kolam Renang Jakarta Timur,Kolam Renang Jakarta Utara. PELATIH RENANG JAKARTA

    ReplyDelete
  3. Raih Kemenangan Besar Anda Disitus MARIO QQ, Hanya Dengan Modal Rp.10.000 Anda Bisa Menangkan Jackpot Jutaan Rupiah Setiap Harinya !!!
    ✅ BONUS TURN OVER 0.3%
    ✅ BONUS REFFERAL 15%
    ✅ WIN RATE GAME 96,9%
    ✅ 100% PLAYER Vs PLAYER ( NO ROBOT & ADMIN )
    ✅ Minimal Deposit Bank : Rp.10.000 (BCA MANDIRI BNI BRI DANAMON)
    ✅ Minimal Deposit Pulsa : Rp.10.000
    ✅ Support E-Cash : GOPAY , DANA , OVO , LINK
    Berapapun Kemenangan Bosku Pasti Akan Kami Bayar dan Kita Proses Dengan Cepat !!!
    Hanya Disitus MARIO QQ Yang Memberikan JACKPOT dan BONUS TURN OVER Yang FANTASTIS Loh !!! Ayo Tunggu Apalagi Buruan Daftarkan dan Mainkan
    Langsung Disitus Resmi MARIO QQ Dibawah Ini melalui :
    WHATSAPP +62 821-4331-1663

    ReplyDelete
  4. artikel yg sangat bermanfaat... thanks

    ReplyDelete