Istilah-Istilah dalam Akuntansi (P)



Berikut ini beberapa istilah yang berhubungan dengan akuntansi dalam abjad PDalam artikel ini, istilah-istilah akuntansi yang saya berikan menggunakan bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris. Gunakan CTRL+F  untuk memudahkan pencarian.

Istilah-istilah akuntansi dalam abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Payroll adalah daftar karyawan dan upahnya.

Pembayaran di Muka (Prepayments) adalah istilah umum untuk biaya dibayar di muka dan uang muka secara bersama-sama.

Pembelian (Purchases) adalah perkiraan yang digunakan untuk mencatat semua pembelian barang dagang dalam suatu periode.

Pembelian Retur dan Pengurangan Harga (Purchases Return and Allowances) adalah pengembalian atau pengurangan harga atas barang-barang yang telah dibeli.

Pembukuan (Book-Keeping) adalah pencatatan data perusahaan dengan cara tertentu.

Pemegang Saham Ekuitas adalah modal dan laba ditahan dalam suatu entitas dikaitkan dengan pemegang saham

Pemindahbukuan ke Buku Besar (Posting) adalah prosedur pemindahan data dari jurnal ke perkiraan-perkiraan yang bersangkutan di buku besar.

Pendapatan (Revenue) adalah jumlah yang dibebankan kepada langganan untuk barang dan jasa yang dijual. Pendapatan dapat juga didefinisikan sebagai kenaikan bruto dalam modal (biasanya melalui diterimanya suatu aktiva dari langganan) yang berasal dari barang dan jasa yang dijual.

Pendapatan Diterima di Muka (Unearned Revenues) adalah uang muka untuk pendapatan yang belum dihasilkan.

Pendapatan Lain-Lain (Other Income) adalah pendapatan yang bukan berasal dari kegiatan utama perusahaan.

Pendapatan Masih Harus Diterima (Accrued Revenues) adalah pendapatan yang sebetulnya telah dihasilkan tetapi uangnya belum diterima.

Pendapatan Non Operasional adalah pendapatan yang dihasilkan dari transaksi non - berulang , yaitu : penjualan bangunan tua

Pendapatan Operasional adalah pendapatan yang dihasilkan dari operasi bisnis biasa

Penetapan Harga Pokok Persediaan (Inventory Costing) adalah menentukan nilai harga pokok persediaan yang ada pada suatu saat tertentu.

Penggolong-golongan Transaksi (Classifying of Transaction) adalah transaksi-transaksi yang mempunyai sifat sama dilaporkan dalam satu kesatuan.

Penghasilan Lain-Lain adalah pendapatan yang dihasilkan dari selain operasi rutin bisnis, yaitu bunga, sewa, dll

Penjualan Bersih (Net Sales) adalah penjualan (pada nilai faktur) dikurangi dengan pengembalian, pengurangan harga, biaya transpor yang dibayar untuk langganan dan potongan penjualan yang diambil.

Penjualan Retur dan Pengurangan Harga (Sales Return and Allowances)  adalah penerimaan kembali atau pengurangan harga atas barang-barang yang telah dijual.

Penyisihan Piutang Tak Tertagih (Allowance For Doubtful Accounts) adalah bagian dari piutang yang diperkirakan tidak akan dapat ditagih dan untuk kemungkinan kerugian yang disebabkan olehnya telah dibebankan sebagai biaya 

Penyusutan / Depresiasi (Depreciation) adalah (1) proses pembebanan biaya yang disebabkan oleh pemakaian aktiva tetap, seperti misalnya peralatan; (2) mengakui penurunan nilai aset akibat usia dan penggunaan; (3) pengalokasian harga perolehan aktiva tetap sebagai beban pada periode akuntansi dalam masa manfaat aktiva tetap tersebut.

Peralatan (Equipment) adalah salah satu bentuk aktiva dalam perusahaan yang biasanya bernilai cukup besar dan digunakan untuk menjalankan kegiatan perusahaan.

Perhitungan Rugi Laba (Income Statement) adalah ikhtisar pendapatan dan biaya suatu perusahaan untuk suatu jangka waktu tertentu. Perhitungan rugi laba menunjukkan hasil usaha suatu perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

Perkiraan (Account) adalah formulir (media) yang digunakan untuk mengelompokkan transaksi-transaksi yang sejenis ke dalam satu nama kelompok transaksi dan tempat untuk mencatat penambahan serta pengurangan yang terjadi dalam kelompok tersebut.

Perkiraan Dua Kolom (Two Column Account) adalah salah satu bentuk perkiraan di mana sisi debit diletakkan terpisah dengan sisi kredit.

Perkiraan Empat Kolom (Balance-Colomn Account atau Four Column Account) adalah salah satu bentuk perkiraan di mana terdapat kolom yang menunjukkan saldo perkiraan tersebut pada akhir setiap transaksi.

Perkiraan Nominal (Nominal Account atau Temporary Account) adalah perkiraan-perkiraan yang hanya digunakan untuk mencatat transaksi selama periode tertentu yang secara berkala dipindahkan ke perkiraan modal. Perkiraan pendapatan, biaya dan prive termasuk dalam kelompok ini.

Perkiraan Pengendali (Controlling Account) adalah perkiraan dalam buku besar yang mempunyai rincian dalam buku besar tambahan. kadang-kadang disebut juga dengan perkiraan induk 

Perkiraan Prive (Drawing Account) adalah perkiraan yang digunakan untuk mencatat pengambilan aktiva perusahaan yang dilakukan oleh pemilik.

Perkiraan Riil (Real Account) adalah perkiraan-perkiraan yang saldonya dibawa terus menerus dari satu periode ke periode yang lain. Perkiraan-perkiraan neraca termasuk dalam kelompok ini.

Perlengkapan (Supplies) adalah salah satu bentuk aktiva dalam perusahaan yang dari bahan pembantu.

Pernyataan Account adalah ringkasan jumlah yang terhutang kepada vendor, pemberi pinjaman, dll

Persamaan Akuntansi (Accounting Equation) adalah hubungan antara aktiva, kewajiban dan modal yang dinyatakan dalam suatu persamaan di mana : aktiva = kewajiban +modal.

Persediaan adalah barang yang dibeli untuk dijual kembali pada keuntungan

Persediaan Barang Dagang (Merchandise Inventory) adalah harga perolehan (harga pokok) persediaan barang dagang yang ada pada suatu saat tertentu (awal atau akhir periode akuntansi); perkiraan yang digunakan untuk mencatat harga pokok barang dagang pada awal dan akhir periode akuntansi.

Persediaan Barang Jadi (Finished Good Inventory) adalah barang yang siap untuk dipasarkan.

Persediaan Barang Dalam Proses (Work in Process Inventory) adalah bahan-bahan yang telah diproses tetapi belum selesai.

Persediaan Tersedia Dijual (Merchandise Available For Sale) adalah harga beli (perolehan) dari persediaan barang dagang di awal periode ditambah pembelian bersih selama periode yang bersangkutan.

Persedian Bahan Baku (Merchandise Inventory) adalah barang-barang yang dibeli dengan tujuan dijual kembali, tanpa mengubah bentuk.

Persekutuan (Partnership) adalah perusahaan yang dimiliki oleh dua orang atau lebih menurut suatu perjanjian yang dilakukan diantara mereka.

Perseroan Terbatas (Corporation) adalah perusahaan yang merupakan badan hukum terpisah yang dibentuk berdasarkan hukum dimana pemilikannya dibagi dalam saham-saham.

Perusahaan Dagang (Merchandising Firm) adalah perusahaan yang kegiatannya membeli barang jadi dan menjualnya kembali tanpa melakukan pengolahan lagi.

Perusahaan Jasa (Service Firm) adalah perusahaan yang kegiatannya menjual jasa-jasa.

Perusahaan Pabrik (Manufacturing Firm) adalah perusahaan yang kegiatannya mengolah bahan baku menjadi barang jadi dan kemudian menjual barang jadi tersebut.

Perusahaan Perseorangan (Proprietorship) adalah perusahaan yang dimiliki seluruhnya oleh perseorangan.

Pinjaman adalah uang yang dipinjam dari pemberi pinjaman dan biasanya dibayar dengan bunga

Piutang Dagang (Trade Receivables) adalah piutang yang berasal dari penjualan barang atau jasa yang merupakan kegiatan utama perusahaan. kadang-kadang disebut piutang usaha  

Piutang Dihapuskan (Receivable Written-Off) adalah piutang kepada debitur tertentu yang dinyatakan tidak dapat ditagih oleh karena itu dikeluarkan dari catatan perusahaan.

Piutang Lain-Lain (Other Receivables) adalah piutang di luar piutang dagang.

Pos-Pos Rekonsiliasi (Reconciling Items) adalah pos-pos yang menjelaskan perbedaan antara dua angka (saldo) yang berasal dari sumber berbeda dalam proses rekonsiliasi.

Posting adalah proses memasuki maka secara permanen menyimpan atau "pengarsipan" data akuntansi

Potongan Pembelian (Purchases Discount) adalah potongan terhadap harga pembelian apabila pembayaran dilakukan lebih cepat dari jangka waktu kredit. Potongan pembelian adalah potongan tunai dipandang dari sudut pembeli. Lihat: potongan tunai.

Potongan Penjualan (Sales Discount) adalah potongan terhadap harga penjualan apabila pembayaran dilakukan lebih cepat dari jangka waktu kredit. Potongan penjualan adalah potongan tunai dipandang dari sudut penjual. Lihat potongan tunai.

Potongan Perdagangan (Trade Discount) adalah potongan harga yang disebabkan oleh perbedaan cara atau kondisi penjualan.

Potongan Tunai (Cash Discount) adalah potongan harga yang diberikan apabila pembayaran dilakukan lebih cepat dari jangka waktu kredit.

Semoga artikel mengenai istilah-istilah akuntansi dalam abjad P di atas dapat bermanfaat untuk anda. Bila anda mempunyai istilah akuntansi yang belum ada dalam artikel ini, silahkan menambahkan dalam kolom komentar.

Istilah-istilah akuntansi dalam abjad: 

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z





Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Istilah-Istilah dalam Akuntansi (P)"