Istilah-Istilah dalam Akuntansi (K)



Berikut ini beberapa istilah yang berhubungan dengan akuntansi dalam abjad KDalam artikel ini, istilah-istilah akuntansi yang saya berikan menggunakan bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris. Gunakan CTRL+F  untuk memudahkan pencarian.

Istilah-istilah akuntansi dalam abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z


Kartu Hutang (Creditor's Account) adalah formulir yang digunakan untuk mencatat penambahan dan pengurangan hutang kepada salah satu pemasok (kreditur) tertentu. Kartu hutang memuat informasi tentang hutang kepada salah satu kreditur.

Kartu Persediaan (Stock Cards) adalah catatan untuk mencatat setiap perubahan yang terjadi dalam satu jenis barang. kadang-kadang disebut dengan kartu stok 

Kartu Piutang (Debitor's Account) adalah formulir yang digunakan untuk mencatat penambahan dan pengurangan piutang kepada salah satu langganan (debitur) tertentu. Kartu piutang memuat informasi tentang piutang kepada salah satu debitur.

Kas (Cash) adalah uang dalam bentuk tunai maupun rekening bank yang dipunyai perusahaan.

Kas Beban Non adalah mengakui penurunan nilai aset, yaitu depresiasi dan amortisasi

Kas Kecil (Petty Cash) adalah sejumlah uang tunai tertentu yang disisihkan dalam perusahaan dan digunakan untuk melayani pengeluaran-pengeluaran tertentu. Biasanya pengeluaran-pengeluaran yang dilakukan melalui dana kas kecil adalah pengeluaran-pengeluaran yang jumlahnya tidak besar. Pengeluaran-pengeluaran lain dilakukan melalui bank (dengan check).

Kebijakan Akuntansi adalah prinsip, dasar, konvensi, peraturan dan praktik tertentu yang diterapkan entitas dalam penyusunan dan penyajian laporan keuangan.

Kegiatan Usaha Luar Negeri adalah suatu entitas yang merupakan entitas anak, perusahaan asosiasi, ventura bersama atau cabang dari entitas pelapor, yang aktivitasnya dilaksanakan di suatu negara atau menggunakan mata uang selain dari mata uang entitas pelapor.

Kelompok Lepasan adalah suatu kelompok aset yang dilepaskan, dengan dijual atau lainnya, secara bersama-sama sebagai kelompok dalam suatu transaksi tunggal dan kewajiban yang berhubungan secara langsung dengan aset tersebut yang akan dipindahkan dalam transaksi tersebut.

Kelompok Usaha adalah entitas induk dan semua entitas anaknya.

Kemungkin Besar (Probable) adalah lebih mungkin daripada tidak.

Kepentingan Ekuitas adalah kepentingan kepemilikan atas entitas yang dimiliki investor dan pemilik, anggota atau peserta atas entitas bersama

Kepentingan Nonpengendali adalah ekuitas pada entitas anak yang tidak dapat diatribusikan, baik langsung maupun tidak langsung, pada entitas induk.

Kesalahan Periode Lalu adalah penghilangan dari, dan kesalahan-pelaporan dalam, laporan keuangan entitas untuk satu atau lebih periode lalu yang timbul dari kegagalan untuk mempergunakan, atau kesalahan penggunaan, informasi andal yang: (a) tersedia ketika laporan keuangan untuk periode tersebut disahkan untuk diterbitkan; dan (b) secara rasional diharapkan dapat diperoleh dan dipergunakan dalam penyusunan dan penyajian laporan keuangan tersebut. Kesalahan semacam itu termasuk dampak kesalahan perhitungan matematis, kesalahan penerapan kebijakan akuntansi, kekeliruan (oversights) atau kesalahan interpretasi fakta, dan kecurangan

Ketidakpraktisan adalah penerapan suatu persyaratan dianggap tidak praktis jika entitas tidak dapat menerapkannya setelah melakukan usaha yang memadai.

Keuntungan dan Kerugian Aktuarial (Actuarial Gains and Losses) adalah terdiri atas: (a) penyesuaian akibat perbedaan antara asumsi aktuarial dan kenyataan (experience adjustments); dan (b) dampak perubahan asumsi aktuarial.

Kewajiban adalah uang kepada kreditor, vendor, dll

Kewajiban Diestimasi adalah kewajiban yang waktu dan jumlahnya belum pasti.

Kewajiban Hukum adalah kewajiban yang timbul dari: (a) suatu kontrak (secara eksplisit atau implisit); (b) peraturan perundang-undangan; atau (c) pelaksanaan produk hukum lainnya.

Kewajiban Konstruktif adalah kewajiban yang timbul dari tindakan entitas yang dalam hal ini: (a) berdasarkan praktik baku masa lalu, kebijakan yang telah dipublikasi atau pernyataan baru yang cukup spesifik, entitas telah memberikan indikasi kepada pihak lain bahwa perusahaan akan menerima tanggung jawab tertentu;dan (b) akibatnya, entitas telah menimbulkan ekspektasi kuat dan sah kepada pihak lain bahwa entitas akan melaksanakan tanggung jawab tersebut.

Kewajiban Kontinjensi adalah kewajiban potensial yang timbul dari peristiwa masa lalu dan keberadaannya menjadi pasti dengan terjadi atau tidak terjadinya satu peristiwa atau lebih pada masa datang yang tidak sepenuhnya berada dalam kendali entitas

Kombinasi Bisnis adalah suatu transaksi atau peristiwa lain dimana pihak pengakuisisi memperoleh pengendalian atas satu atau lebih bisnis. Transaksi yang kadangkala disebut sebagai “penggabungan sesungguhnya (true merger)” atau “penggabungan setara (merger of equals)” juga merupakan kombinasi bisnis.

Komitmen Pasti Pembelian adalah suatu perjanjian antar pihak yang tidak mempunyai hubungan istimewa, mengikat kedua belah pihak dan biasanya dapat dipaksakan secara hukum

Kredit (Credit)  adalah sisi sebelah kanan perkiraan. Dikredit berarti pada sisi sebelah kanan perkiraan yang bersangkutan dicatat suatu jumlah tertentu.

Kreditur (Creditor)  adalah pihak-pihak yang memberikan pinjaman kepada perusahaan.

Semoga artikel mengenai istilah-istilah akuntansi dalam abjad K di atas dapat bermanfaat untuk anda. Bila anda mempunyai istilah akuntansi yang belum ada dalam artikel ini, silahkan menambahkan dalam kolom komentar.

Istilah-istilah akuntansi dalam abjad: 

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Istilah-Istilah dalam Akuntansi (K)"

Post a Comment