Istilah-Istilah dalam Akuntansi (M)



Berikut ini beberapa istilah yang berhubungan dengan akuntansi dalam abjad MDalam artikel ini, istilah-istilah akuntansi yang saya berikan menggunakan bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris. Gunakan CTRL+F  untuk memudahkan pencarian.

Istilah-istilah akuntansi dalam abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Manajemen (Management) adalah sekelompok orang yang diberi tanggung jawab untuk mengelola kegiatan perusahaan.

Masuk Pertama Keluar Pertama (First In First Out - FIFO) adalah metode penilaian persediaan dimana merurut merode ini, barang yang lebih dulu masuk (dibeli) dianggap yang lebih dulu keluar (dijual).

Masuk Terakhir Keluar Pertama (First In First Out - LIFO) adalah metode penilaian persediaan dimana menurut metode ini, barang yang terakhir masuk dianggap barang yang lebih dulu keluar.

Menutup Penutupan Buku (Year End) adalah proses membalikkan pendapatan dan beban selama tahun fiskal atau kalender dan jaring jumlah menjadi "laba ditahan"

Metode Balans Permanen (Perfectual Method) adalah sistem pencatatan persediaan dimana harga pokok penjualan dan persediaan ditetapkan setiap kali terjadi transaksi dalam persediaan.

Metode Cadangan / Penghapusan Tidak Langsung (Indirect Write Off Method) adalah metode penghapusan puitang dimana setiap akhir tahun dilakukan penaksiran jumlah piutang dagang yang kemungkinan tidak dapat ditagih untuk dibentuk akun cadangan kerugian piutang, dengan mendebet beban penghapusan piutang.

Metode Dana Tidak Tetap (Fluctuation Fund Method) adalah metode pencatatan dana kas kecil tidak ditentukan dalam jumlah yang tetap, sehingga pengganti dana kas kecil (pengisian kembali) tidak harus sama dengan dana telah dikeluarkan.

Metode Dana Tidak Tetap (Imprest Fund Method) adalah metode pencatatan dana kas kecil yang ditentukan dalam jumlah yang relatif tetap. Jika jumlah dana dianggap cukup untuk pengeluaran kas kecil dalam suatu periode tertentu, jumlah dana kas kecil tidak dinaikkan atau diturunkan.

Metode Eceran (Retail Method) adalah metode penetapan harga pokok persediaan secara taksiran yang didasarkan atas hubungan, yang terdapat dalam tahun berjalan, antara harga pokok dengan harga jual.

Metode Laba Bruto atau Metode Laba Kotor (Gross Profit Method) adalah metode penetapan harga pokok persediaan secara taksiran yang didasarkan atas hubungan, yang terdapat dalam periode yang lalu, antara laba bruto dengan harga jual.

Metode Langsung (Direct Write Off Method) adalah metode penghapusan piutang dimana setiap piutang dagang yang telah diputuskan untuk dihapuskan langsung dibebankan di sebelah debet pada akun beban penghapusan piutang atau kerugian piutang tak tertagih (bad debt expense) sebagai rekening lawan di sebelah  kredit langsung dikreditkan pada akun piutang dagang.

Metode Penghapusan Langsung (Direct Write-Off Method) adalah suatu cara dimana pencatatan kerugian yang timbul dari tidak tertagihnya piutang dilakukan pada saat piutang yang bersangkutan diputuskan untuk dihapuskan.

Metode Periodik (Periodic Method) adalah sistem pencatatan dalam persediaan di mana harga pokok penjualan dan persediaan ditetapkan secara berkala melalui penghitungan fisik terhadap persediaan yang ada.

Modal (Capital) adalah sumber pembelanjaan perusahaan yang berasal dari pemilik.

Semoga artikel mengenai istilah-istilah akuntansi dalam abjad M di atas dapat bermanfaat untuk anda. Bila anda mempunyai istilah akuntansi yang belum ada dalam artikel ini, silahkan menambahkan dalam kolom komentar.

Istilah-istilah akuntansi dalam abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z



Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Istilah-Istilah dalam Akuntansi (M)"

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    www.arenakartu.cc
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete