Istilah-Istilah dalam Akuntansi (H)



Berikut ini beberapa istilah yang berhubungan dengan akuntansi dalam abjad HDalam artikel ini, istilah-istilah akuntansi yang saya berikan menggunakan bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris. Gunakan CTRL+F  untuk memudahkan pencarian.

Istilah-istilah akuntansi dalam abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Harga Pasar (Market Value) adalah harga untuk mengganti barang yang bersangkutan pada tanggal persediaan.

Harga Pokok Penjualan (Cost of Goods Sold) adalah harga beli (perolehan) dari barang yang dijual. Dalam sebuah perusahaan dagang harga pokok penjualan dicari dengan persediaan barang dagang awal periode + pembelian bersih selama periode - persediaan barang dagang akhir periode.

Harga Terendah Antara Harga Pokok dan Harga Pasar (Lower of Cost or Market) adalah penilaian persediaan dimana persediaan dilaporkan pada harga yang terendah antara harga pokok dan harga pasar (nilai gantinya).

Hasil Aset Program (The Return on Plan Assets) adalah bunga, dividen, dan pendapatan lain yang berasal dari aset program, termasuk keuntungan atau kerugian aset program yang telah atau belum direalisasi, dikurangi biaya administrasi program (tidak termasuk biaya administrasi dalam asumsi aktuaria yang digunakan untuk mengukur kewajiban imbalan pasti) dan dikurangi pajak terutang program tersebut.

Hutang (Liabilities) adalah sumber pembiyaan perusahaan yang berasal dari kreditur. kadang-kadang disebut dengan kewajiban  

Hutang Bunga (Interest Payable) adalah hutang kepada kreditur sebagai imbalan atas pemakaian uang yang dipinjamkan kepada perusahaan.

Hutang Dagang (Accounts Payable) adalah hutang jangka pendek yang berasal dari pembelian barang-barang atau jasa untuk keperluan usaha. kadang-kadang disebut dengan hutang usaha  

Hutang Gaji (Salaries Payable) adalah hutang untuk gaji yang jasanya telah dipakai tetapi belum dibayar.

Semoga artikel mengenai istilah-istilah akuntansi dalam abjad H di atas dapat bermanfaat untuk anda. Bila anda mempunyai istilah akuntansi yang belum ada dalam artikel ini, silahkan menambahkan dalam kolom komentar.

Istilah-istilah akuntansi dalam abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Istilah-Istilah dalam Akuntansi (H)"

Post a Comment