Istilah-Istilah dalam Akuntansi (L)



Berikut ini beberapa istilah yang berhubungan dengan akuntansi dalam Abjad LDalam artikel ini, istilah-istilah akuntansi yang saya berikan menggunakan bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris. Gunakan CTRL+F  untuk memudahkan pencarian.

Istilah-istilah akuntansi dalam abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Laba Bersih adalah uang yang tersisa setelah semua biaya dan pajak telah dibayar

Laba Bersih (Net Income) adalah selisih lebih semua pendapatan dan keuntungan terhadap biaya dan kerugian. Jumlah ini merupakan kenaikan bersih terhadap modal.

Laba Bruto (Gross Profit) adalah penjualan bersih dikurangi harga pokok penjualan. Laba bruto kadang disebut laba kotor.

Laba Ditahan (Retained Earnings) adalah jumlah akumulasi laba bersih dari sebuah perseroan terbatas dikurangi distribusi laba (income distribution) yang dilakukan.

Laba Usaha (Income For Operation) adalah laba yang diperoleh semata-mata dari kegiatan utama perusahaan.

Laporan Keuangan adalah catatan yang berisi neraca dan laporan laba rugi

Laporan Keuangan (Financial Statement) adalah laporan yang dirancang untuk para pembuat laporan keuangan, terutama pihak-pihak diluar perusahaan, mengenai posisi laporan keuangan dan hasil usaha perusahaan. laporan keuangan terdiri dari neraca, laporan laba rugi dan laporan perubahanposisi keuangan.

Laporan Keuangan Interim (Interim Financial Statements) adalah laporan yang dikeluarkan untuk periode lebih pendek dari periode tahunan yang reguler.

Laporan Laba Rugi adalah ringkasan pendapatan dan beban

Laporan Penerimaan Barang adalah laporan yang dibuat oleh bagian penerimaan barang yang menginformasikan bahwa barang yang dipesan telah diterima dari pemasok sesuai dengan spesifikasi barang  yang dipesan berdasarkan surat order pembelian. Laporan ini memuat hasil perhitungan fisik barang yang diterima dalam keadaan baik.

Laporan Perubahan Laba Ditahan (Retained Earnings Statements) adalah laporan yang menunjukkan rincian perubahan saldo laba ditahan dari awal sampai akhir periode akuntansi.

Laporan Perubahan Modal (Statement of Owner's Equity) adalah ikhtisar tentang perubahan modal suatu perusahaan yang terjadi selama jangka waktu tertentu.

Laporan Rekening Koran (Bank Statement) adalah catatan yang dibuat oleh bank untuk setoran yang diterima dan penarikan yang dilakukan serta saldo awal dan saldo akhir dari rekening koran nasabah. Pada umumnya, bank akan mengirimkan tembusan dari catatan ini kepada nasabahnya pada tiap-tiap akhir bulan.

LIFO (Last In First Out)  adalah metode penetapan harga pokok persediaan di mana dianggap bahwa barang-barang yang paling akhir dibeli akan merupakan barang yang pertama kali dijual. Dalam metode ini, persediaan akhir akan dinilai dengan harga pokok pembelian yang terdahulu.

Semoga artikel mengenai istilah-istilah akuntansi dalam abjad L di atas dapat bermanfaat untuk anda. Bila anda mempunyai istilah akuntansi yang belum ada dalam artikel ini, silahkan menambahkan dalam kolom komentar.

Istilah-istilah akuntansi dalam abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Istilah-Istilah dalam Akuntansi (L)"

Post a Comment