Istilah-Istilah yang Berkaitan dengan Virus Corona (COVID-19)



Saat ini, bukan hanya di Indonesia, bahkan dunia tengah diguncangkan oleh mewabahnya Virus Corona atau COVID-19. Bagaimana tidak, penyakit yang disebabkan oleh corona virus jenis terbaru ini telah memakan ribuan korban jiwa. Sebagai upaya untuk menekan penyebaran virus Corona, pemerintah menganjurkan masyarakat untuk melakukan social distancing.

Di tengah mewabahnya infeksi virus Corona (COVID-19) ini, muncul beragam istilah yang berkaitan dengan penyakit ini yang sebagian kita belum pernah dengar sebelumnya atau sering mendengar namun tidak mengetahui artinya. Supaya ngga bingung dan kudet (kurang update), yuk, simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui arti dari istilah-istilah seputar virus Corono (COVID-19) yang saya kumpulkan dari berbagai sumber.

Untuk memudahkan Anda, saya akan susun berdasarkan abjad ya

Bakteri
Bakteri adalah kelompok organisme yang tidak memiliki membran inti sel.

Centers for Disease Control (CDC)
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Bahasa Inggris: Centers for Disease Control and Prevention, disingkat CDC) adalah badan Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat Amerika Serikat yang berbasis di DeKalb County, Georgia berdekatan dengan kampus Universitas Emory dan sebelah timur kota Atlanta. Badan ini berfungsi untuk meningkatkan kesehatan dan keamanan publik dengan menyediakan informasi kesehatan, dan mempromosikan kesehatan dengan departemen kesehatan negara dan organisasi lainnya.

COVID-19
COVID-19 merupakan nama penyakit yang disebabkan virus corona atau SARS-CoV-2

Epidemi
Epidemi adalah penyebaran penyakit secara cepat dengan jumlah terjangkit banyak dan tidak normal. Penyebaran di suatu wilayah

Epidemiologi
Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pola penyebaran penyakit atau kejadian yang berhubungan dengan kesehatan, serta faktor-faktor yang dapat memengaruhi keadaan tersebut.

Flattening the Curve
‘Flattening the curve’ atau ‘pelandaian kurva’ merupakan istilah di bidang epidemiologi untuk upaya memperlambat penyebaran penyakit menular yang dalam hal ini adalah COVID-19, sehingga fasilitas kesehatan memiliki sumber daya yang memadai bagi para penderita. Pelandaian kurva ini dapat dilakukan dengan social distancing, karantina, dan isolasi.

Hand Sanitizer (Penyanitasi Tangan)
Hand Sanitizer adalah cairan atau gel yang umumnya digunakan untuk mengurangi patogen pada tangan. Pemakaian penyanitasi tangan berbasis alkohol lebih disukai daripada mencuci tangan menggunakan sabun dan air pada berbagai situasi di tempat pelayanan kesehatan. (Wikipedia)

Herd immunity (Kekebalan Kelompok)
Secara harfiah, istilah ‘herd immunity’ berarti kekebalan kelompok. Herd immunity terhadap suatu penyakit bisa dicapai dengan pemberian vaksin secara meluas atau bila sudah terbentuk kekebalan alami pada sebagian besar orang dalam suatu kelompok setelah mereka terpapar dan sembuh dari penyakit tersebut.

Isolasi 
Isolasi adalah memisahkan orang yang sudah sakit dengan orang yang tidak sakit untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Karantina
Karantina adalah memisahkan dan membatasi kegiatan orang yang sudah terpapar virus Corona namun belum menunjukkan gejala.

Klaster
Klaster adalah sistem yang digunakan untuk mengkategorikan darimana asal penyebaran virus terjadi

KLB
Merupakan singkatan dari Kejadian Luar Biasa. KLB adalah timbulnya atau meningkatnya kejadian kesakitan dan atau kematian yang bermakna secara epidemiologi pada suatu daerah dalam kurun waktu tertentu dan merupakan keadaan yang dapat menjurus kepada terjadinya wabah

Local Transmission
Local Transmission adalah pasien tertular di wilayah dimana kasus ditemukan

Lockdown
Istilah ‘lockdown’ berarti karantina wilayah, yaitu pembatasan pergerakan penduduk dalam suatu wilayah, termasuk menutup akses masuk dan keluar wilayah. Penutupan jalur keluar masuk serta pembatasan pergerakan penduduk ini dilakukan untuk mengurangi kontaminasi dan penyebaran penyakit COVID-19.

Masker
Kain penutup mulut dan hidung (seperti yang dipakai oleh dokter atau perawat di rumah sakit)

Orang dalam Pemantauan (ODP)
ODP artinya seseorang yang memiliki riwayat sempat bepergian ke negara yang telah terinfeksi virus corona atau melakukan kontak dengan orang terinfeksi vius corona. Namun, ia belum menunjukkan adanya gejala-gejala telah terinfeksi virus. Meskipun tanpa menunjukkan gejala, orang dalam kategori ODP harus mendapatkan pemantauan dari instansi kesehatan setempat.

Pandemi
Pandemi adalah penyebaran terjadi secara global

Pasien dalam Pengawasan (PDP) 
PDP adalah pasien yang menunjukkan gejala terinfeksi virus corona. Gejala tersebut meliputi demam, batuk, pilek, dan sesak napas. Pasien dengan kategori PDP perlu mendapatkan pengawasan dari tenaga medis. Sebab, mereka sudah masuk sebagai pasien yang perlu mendapatkan pengobatan.

Physical Distancing (Pembatasan Fisik)
Physical Distancing adalah menjaga jarak fisik setidaknya 1,5 meter dari orang lain dan menghindari kerumunan demi mencegah penularan penyakit

SARS-CoV-2 (Severe Acute Respiratory Syndrome CoronaVirus 2)
SARS-CoV-2 adalah nama virus yang menyebabkan penyakit COVID-19

Social Distancing
Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), arti istilah ‘social distancing’ atau ‘pembatasan sosial’ adalah menghindari tempat umum, menjauhi keramaian, dan menjaga jarak optimal 2 meter dari orang lain. Dengan adanya jarak, penyebaran penyakit ini diharapkan dapat berkurang.

Spesimen
Spesimen adalah contoh atau keseluruhan bagian dari kelompok organisme (hewan, tumbuhan, bakteri, jamur, alga dan virus) yang diambil dari lingkungan dan disimpan dalam wadah berupa botol atau kotak.

Suspect
Diduga terkena virus karena sudah menunjukkan gejala dan pernah berkontak atau bertemu dengan orang yang positif corona

Virus
Virus adalah agen infeksius berukuran kecil yang bereproduksi di dalam sel inang yang hidup. Ketika terinfeksi, sel inang dipaksa untuk menghasilkan ribuan salinan identik virus asli dengan cepat.

Virus Corona (Corona Virus)
Virus Corona (Corona Virus) dalah keluarga besar virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia

Work from Home (WFH)
adalah istilah untuk kerja di rumah

World Health Organization (WHO)
Organisasi Kesehatan Dunia adalah salah satu badan PBB yang bertindak sebagai koordinator kesehatan umum internasional dan bermarkas di Jenewa, Swiss. WHO didirikan oleh PBB pada 7 April 1948. Direktur Jendral sekarang adalah Tedros Adhanom.

sumber:
alodokter 
kompas
wikipedia



Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Istilah-Istilah yang Berkaitan dengan Virus Corona (COVID-19)"

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    www.arenakartu.cc
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete