Istilah-Istilah dalam Akuntansi (A)



Akuntansi adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah.

Berikut ini beberapa istilah yang berhubungan dengan akuntansi dalam abjad ADalam artikel ini, istilah-istilah akuntansi yang saya berikan menggunakan bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris. Gunakan CTRL+F  untuk memudahkan pencarian.

Istilah-istilah akuntansi dalam abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Accounting (Akuntansi) adalah seni dalam mencatat, menggolongkan, mengikhtisarkan serta menafsirkan transaksi-transaksi finansial yang dilakukan oleh perusahaan.

Accounting Equation (Persamaan Akuntansi) adalah kesamaan antara jumlah harta (asset ) dengan hak terhadap harta tersebut ( equity ); kesamaan antara jumlah harta (asset ) dengan jumlah kewajiban ( liability ) serta hak pemilik.

Accounts Payable (Hutang Usaha)  adalah jumlah utang perusahaan yang diakibatkan oleh pembelian barang atau jasa  on credit dari supplier atau vendor.

Accounts Receivable (Piutang Dagang) adalah jumlah hak perusahaan yang dapat diterima dikarenakan barang atau jasa perusahaan tersebut, terjual pada customer.

Accrual Accounting  (Akuntansi Akrual) adalah sebuah metode dimana pendapatan dicatat ketika diperoleh dan biaya diakui pada saat terjadinya, semua independen arus kas.

Accruals / Akrual adalah daftar biaya yang telah dikeluarkan dan dibebankan, tetapi tidak dibayar atau daftar penjualan yang telah selesai, tetapi belum ditagih.

Aktiva (Assets) adalah kekayaan yang dimiliki perusahaan (lihat harta). Aktiva merupakan sumber daya (resources) bagi perusahaan untuk melakukan usaha.

Aktiva Masih Harus Diterima (Accrued Assets) adalah pendapatan yang telah dihasilkan, tetapi belum dicatat diakun pendapatan. contoh piutang bunga atan pemberian pinjaman kepada pihak lain dan  piutang sewa atas banguna yang disewakan kepada pihak lain..

Aktiva Tetap (Fixed Assets) adalah aktiva bernilai besar yang sifatnya tetap atau permanen, digunakan dalam kegiatan perusahaan dan tidak dijual kembali dalam kegiatan normal.

Aktivitas Investasi adalah perolehan dan pelepasan aset jangka panjang serta investasi lain yang tidak termasuk setara kas.

Aktivitas Operasi adalah aktivitas penghasil utama pendapatan entitas (principal revenue-producing activities) dan aktivitas lain yang bukan merupakan aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan.

Aktivitas Pendanaan (Financing) adalah aktivitas yang mengakibatkan perubahan dalam jumlah serta komposisi kontribusi modal dan pinjaman entitas.

Akumulasi Penyusutan (Accumulated Depreciation) adalah perkiraan yang digunakan untuk mencatat secara akumulatif pembebanan biaya yang diakibatkan oleh pemakaian aktiva tetap. Perkiraan semacam ini secara umum disebut perkiraan kontra (contra account), yaitu perkiraan yang berfungsi mengurangi perkiraan lain.

Akuntansi Biaya adalah jenis akuntansi yang berfokus pada rekaman, mendefinisikan, dan pelaporan biaya yang berkaitan dengan fungsi operasi tertentu.

Akuntansi Departemen adalah memisahkan divisi operasi ke sub entitas mereka sendiri pada laporan laba rugi, menunjukkan pendapatan individu , biaya , dan laba bersih oleh entitas.

Akuntansi Keuangan adalah akuntansi berfokus pada pelaporan kegiatan suatu entitas kepada pihak eksternal , yaitu : pemegang saham.

Amortization (Amortisasi) adalah pengurangan bertahap jumlah dalam rekening dari waktu ke waktu, berupa aktiva atau kewajiban.

Anak Account adalah sub-akun yang mencapai atas laporan keuangan di bawah " account master; " yaitu " Cash - ABC Bank " mungkin salah satu dari beberapa akun anak perusahaan yang subtotal bawah " Cash ".

Anggota Keluarga Dekat Dari Individu adalah anggota keluarga yang mungkin mempengaruhi, atau dipengaruhi oleh, orang dalam hubungan mereka dengan entitas. Mereka dapat termasuk: (a) pasangan hidup dan anak dari individu (b) anak dari pasangan hidup individu dan (c) tanggungan dari individu atau pasangan hidup individu.

Anggota Manajemen Kunci  adalah orang-orang yang mempunyai kewenangan dan tanggung jawab untuk merencanakan, memimpin dan mengendalikan aktivitas entitas, secara langsung atau tidak langsung, termasuk direktur dan komisaris (baik eksekutif maupun tidak) dari entitas.

Arus Kas adalah ringkasan kas yang diterima dan disalurkan menunjukkan awal dan akhir jumlah.

Aset Keuangan adalah setiap aset yang berbentuk (a) kas (b) instrumen ekuitas yang diterbitkan entitas lain (c) hak kontraktual untuk menerima kas atau aset keuangan lain dari entitas lain atau untuk mempertukarkan aset keuangan atau liabilitas keuangan dengan entitas lain dengan kondisi yang berpotensi menguntungkan entitas tersebut, atau (d) kontrak yang akan atau mungkin diselesaikan dengan menggunakan instrumen ekuitas yang diterbitkan oleh entitas dan merupakan nonderivatif di mana entitas harus atau mungkin diwajibkan untuk menerima suatu jumlah yang bervariasi dari instrumen ekuitas yang diterbitkan entitas atau derivatif yang akan atau mungkin diselesaikan selain dengan mempertukarkan sejumlah tertentu kas atau aset keuangan lain dengan sejumlah tertentu instrumen ekuitas yang diterbitkan entitas. Untuk tujuan ini, instrumen ekuitas yang diterbitkan entitas tidak termasuk instrument keuangan yang mempunyai fitur opsi jual (puttable financial instruments) yang dikategorikan sebagai instrumen ekuitas, instrumen yang mensyaratkan suatu kewajiban terhadap entitas untuk menyerahkan kepada pihak lain bagian prorata aset neto entitas hanya pada saat likiudasi dan dikategorikan sebagai instrumen ekuitas, atau instrumen yang merupakan kontrak untuk menerima atau menyerahkan instrumen ekuitas yang diterbitkan entitas tersebut di masa yang akan datang.

Aset Kontinjensi adalah aset potensial yang timbul dari peristiwa masa lalu dan keberadaannya menjadi pasti dengan terjadi atau tidak terjadinya satu peristiwa atau lebih pada masa datang yang tidak sepenuhnya berada dalam kendali entitas.

Aset Korporat adalah aset selain goodwill yang berkontribusi terhadap arus kas masa depan baik dari unit penghasil kas yang sedang ditelaah maupun unit penghasil kas lain.

Aset Lancar adalah suatu aset yang memenuhi kriteria sebagai berikut: (a) diperkirakan dapat direalisasikan, atau dimaksudkan untuk dijual atau dipakai, dalam siklus operasi normal entitas (b) dimiliki utamanya dengan tujuan untuk diperdagangkan (c) diperkirakan dapat direalisasikan dalam dua belas bulan setelah tanggal neraca atau (d) kas atau setara kas, kecuali terdapat pembatasan untuk ditukarkan atau digunakan untuk menyelesaikan kewajiban setidaknya dalam dua belas bulan setelah tanggal neraca.

Aset Likuid adalah tunai atau properti lainnya yang dapat dengan mudah dikonversi menjadi uang tunai.

Aset Moneter adalah kas dimiliki dan aset yang akan diterima dalam bentuk kas yang jumlahnya pasti atau dapat ditentukan.

Aset Tetap adalah harta berwujud jangka panjang, bangunan, tanah, komputer, dll.

Aset Tidak Berwujud adalah aset nonmoneter yang dapat diidentifikasi tanpa wujud fisik.

Aset Tidak Lancar adalah aset yang tidak memenuhi definisi aset lancar.

Aset Yang Dimiliki Oleh Dana Imbalan Kerja Jangka Panjang adalah aset (selain instrumen keuangan terbitan entitas pelapor yang tidak dapat dialihkan) yang (a) dimiliki oleh entitas (dana) yang terpisah secara hukum dari entitas pelapor dan didirikan semata-mata untuk membayar atau mendanai imbalan kerja dan (b) tersedia hanya digunakan untuk membayar atau mendanai imbalan kerja, tidak dapat digunakan untuk membayar utang entitas pelapor (walaupun dalam keadaan bangkrut), dan tidak dapat dikembalikan kepada entitas, kecuali dalam keadaan aset dana berlebih untuk memenuhi seluruh kewajiban imbalan kerja atau aset dikembalikan kepada entitas pelapor untuk mengganti imbalan kerja yang telah dibayarkan oleh entitas.

Asset adalah properti dengan nilai tunai yang dimiliki oleh perusahaan atau individu.

Audit Trail adalah catatan setiap transaksi, ketika hal itu dilakukan, oleh siapa dan di mana , yang digunakan oleh auditor ketika memvalidasi laporan keuangan.

Auditor adalah akuntan pihak ketiga yang meninjau laporan keuangan suatu entitas untuk akurasi.

Ayat Jurnal (Journal Entry) adalah penyajian suatu transaksi ke dalam nama perkiraan dan jumlah yang harus didebit dan dikredit.

Ayat Jurnal Balik (Reversing Entries) adalah ayat jurnal yang dibuat (biasanya pada awal periode akuntansi) untuk membalik ayat jurnal penyesuaian yang dibuat sebelumnya. Ayat jurnal balik dapat juga dikatakan sebagai ayat jurnal yang didebit dan kreditnya merupakan kredit dan debit ayat jurnal penyesuaian masing-masing dalam jurnal yang sama.

Ayat Jurnal Gabungan (Compound Journal Entry) adalah ayat jurnal yang terdiri dari dua atau lebih perkiraan yang harus didebit atau dikredit.

Ayat Jurnal Koreksi (Correcting Entries) adalah ayat jurnal yang dibuat untuk mengoreksi ayat jurnal lain yang dibuat sebelumnya; ayat jurnal untuk mengoreksi kesalahan yang terdapat dalam perkiraan-perkiraan aktiva, kewajiban, pendapatan, biaya dan modal.

Ayat Jurnal Penutup (Closing Entry) adalah ayat jurnal untuk menolkan saldo perkiraan-perkiraan sementara (nominal) yang dilakukan apabila akan dimulai pencatatan data akuntansi periode berikutnya.

Ayat Jurnal Penyesuaian (Adjusting Journal Entry) adalah ayat jurnal yang biasanya dibuat pada akhir suatu periode akuntansi untuk mengoreksi perkiraan-perkiraan tertentu sehingga mencerminkan keadaan aktiva, kewajiban, pendapatan, biaya, dan modal yang sebenarnya.

Semoga artikel mengenai istilah-istilah akuntansi dalam Abjad A di atas dapat bermanfaat untuk anda. Bila anda mempunyai istilah akuntansi yang belum ada dalam artikel ini, silahkan menambahkan dalam kolom komentar.

Istilah-istilah akuntansi dalam abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z





Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Istilah-Istilah dalam Akuntansi (A)"