Istilah-Istilah dalam Akuntansi (B)



Berikut ini beberapa istilah yang berhubungan dengan akuntansi dalam abjad BDalam artikel ini, istilah-istilah akuntansi yang saya berikan menggunakan bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris. Gunakan CTRL+F  untuk memudahkan pencarian.


Istilah-istilah akuntansi dalam abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Bagan Perkiraan (Chart of Accounts) adalah daftar perkiraan yang ada dalam perusahaan lengkap dengan nama dan nomor kode perkiraannya.

Balance Sheet (Neraca) adalah ringkasan status keuangan perusahaan, termasuk aset, kewajiban, dan ekuitas.

Bank adalah lembaga keuangan yang salah satu usahanya adalah memberikan pinjaman kepada perusahaan.

Bentuk Bertahap (Multiple Step) adalah perhitungan rugi laba di mana beberapa kelompok biaya dikurangkan dari pendapatan sehingga diperoleh beberapa pos perantara seperti misalnya laba bruto, laba usaha, laba bersih, dan lain-lain.

Bentuk Langsung (Single Step) adalah perhitungan rugi laba di mana semua pendapatan, baik yang berasal dari kegiatan normal maupun pendapatan lain-lain yang bukan berasal dari kegiatan normal perusahaan disajikan bersama-sama kemudian total dari semua pendapatan ini dikurangi dengan total semua biaya baik yang untuk kegiatan normal perusahaan maupun yang bukan.

Bentuk Skontro (Bentuk Perkiraan = Account Form) adalah penyajian neraca dimana aktiva diletakkan di sebelah kiri sedang kewajiban dan modal diletakkan di sebelah kanan sehingga menyerupai bentuk perkiraan.

Bentuk Stafel (Bentuk Laporan = Report Form) adalah penyajian neraca di mana kewajiban dan modal diletakkan di bawah aktiva.

Biaya (Expenses) adalah kadang-kadang disebut beban karena penurunan dalam modal pemilik, biasanya melalui pengeluaran uang atau penggunaan aktiva, yang terjadi sehubungan dengan usaha untuk memperoleh pendapatan.

Biaya Administrasi dan Umum (General and Administrative Expenses) adalah biaya-biaya yang terjadi dalam hubungannya dengan kegiatan perusahaan secara keseluruhan (administratif) dan biaya-biaya yang bersifat umum yang tidak dapat diidentifikasikan ke dalam kegiatan spesifik seperti misalnya produksi atau penjualan.

Biaya Bunga (Interest Expense) adalah biaya yang timbul karena pinjaman uang.

Biaya Dibayar Di Muka (Prepaid Expensesadalah pengeluaran-pengeluaran untuk barang dan jasa yang akan digunakan atau memberi manfaat di masa mendatang.

Biaya Gaji (Salaries) adalah biaya yang berasal dari pemakaian jasa karyawan atau buruh yang dipekerjakan dalam perusahaan.

Biaya Hutang Tak Tertagih (Bad Debt Expense) adalah biaya yang berhubungan dengan tidak tertagihnya piutang.

Biaya Jasa Kini (Current Service Cost) adalah kenaikan nilai kini kewajiban imbalan pasti atas jasa pekerja dalam periode berjalan.

Biaya Jasa Lalu (Past Service Cost) adalah kenaikan nilai kini kewajiban imbalan pasti atas jasa pekerja pada periode-periode lalu, yang berdampak terhadap periode berjalan akibat penerapan awal atau perubahan terhadap imbalan pasca kerja atau imbalan kerja jangka panjang lainnya. Biaya jasa lalu dapat bernilai positif (ketika imbalan diadakan atau diubah sehingga nilai kini kewajiban imbalan pasti meningkat) atau negatif (ketika imbalan yang ada diubah sehingga nilai kini kewajiban imbalan pasti menurun).

Biaya Lain-Lain (Other Expenses) adalah biaya-biaya yang tidak berhubungan dengan kegiatan utama perusahaan.

Biaya Masih Harus Dibayar (Accrued Expenses) adalah biaya-biaya yang sudah merupakan beban walaupun hutang yang bersangkutan belum saatnya merupakan kewajiban.

Biaya Pelepasan adalah tambahan biaya yang secara langsung terkait dengan pelepasan aset atau unit penghasil kas, tidak termasuk biaya pendanaan dan beban pajak penghasilan.

Biaya Penjualan (Sales Expenses) adalah biaya-biaya yang terjadi dalam hubungannya dengan kegiatan menjual dan memasarkan barang.

Biaya Penyusutan (Depreciation Expense) adalah biaya yang timbul karena pemakaian aktiva tetap berwujud.

Biaya Perlengkapan (Supplies Expense)  adalah biaya yang timbul karena pemakaian perlengkapan (bahan pembantu).

Biaya Perolehan adalah  jumlah kas atau setara kas yang dibayarkan atau nilai wajar sumber daya yang dikeluarkan untuk memperoleh aset pada saat aset tersebut diakuisisi atau dibangun, atau saat tersedia, nilai tersebut diatribusikan pada aset ketika pengakuan awal sesuai dengan persyaratan tertentu PSAK.

Biaya Serba-Serbi (Miscellaneous Expenses) adalah biaya yang terdiri dari bermacam-macam transaksi yang jumlahnya kecil, tidak sering terjadi dan tidak tertampung dalam satu perkiraan biaya yang ada.

Biaya Sewa (Rent Expense) adalah biaya yang timbul karena pemakaian sewa.

Biaya Untuk Menjual adalah biaya tambahan yang secara langsung dapat diatribusikan kepada pelepasan aset (atau kelompok lepasan), selain biaya keuangan dan beban pajak penghasilan.

Bisnis adalah suatu rangkaian terpadu dari kegiatan dan aset yang mampu diadakan dan dikelola dengan tujuan memberikan hasil dalam bentuk dividen, biaya yang lebih rendah, atau manfaat ekonomi lainnya secara langsung kepada investor atau pemilik, anggota, atau peserta lainnya.

Bookkeeping (Pembukuan) adalah informasi rekaman keuangan .

Budgeting (Penganggaran) adalah proses untuk menempatkan pendapatan dan pengeluaran diperkirakan account, yang jumlahnya akan dibandingkan dengan pendapatan aktual dan biaya untuk analisis varians.

Bukti Kas Kecil / BKK (Petty Cash Voucher) adalah bukti yang diperlukan pada saat kasir mengeluarkan dana kas (untuk pembentukan dana kas kecil dan pada saat pengisian kembali dana kas kecil).

Bukti Pengeluaran Kas Kecil (BPKK) adalah bukti yang digunakan untuk mempertanggungjawabkan pemakaian dana kas kecil.

Buku Besar (Ledger) adalah kumpulan dari perkiraan-perkiraan yang saling berhubungan dan merupakan suatu kesatuan tersendiri.

Buku Besar Khusus (Special Ledger) adalah buku besar tambahan yang dirancang untuk mengumpulkan informasi lebih rinci guna mendukung informasi yang terdapat pada salah satu perkiraan di buku besar.

Buku Besar Tambahan (Subsidiary Ledger) adalah kadang-kadang disebut juga buku besar pembantu.

Buku Harian Khusus (Special Journal) adalah buku harian (jurnal) yang dirancang untuk mencatat suatu transaksi (atau beberapa transaksi) tertentu.

Buku Hutang (Accounts Payable Ledger) adalah kadang-kadang disebut juga dengan buku tambahan hutang buku besar tambahan untuk perkiraan hutang. Buku hutang merupakan kumpulan dari kartu hutang.

Buku Memorial (General Journal) buku yang digunakan untuk mencatat transaksi-transaksi yang tidak dapat memasukkan ke dalam ke empat buku harian yang lain. Buku Memorial disebut juga Buku Prima Nota atau Buku Catatan Serba-serbi. kadang-kadang disebut juga buku harian umum, 

Jurnal Umum (Buku Jurnal) adalah buku harian yang digunakan untuk mencatat transaksi-transaksi yang tidak dapat dimasukkan dalam salah satu buku harian khusus.

Buku Pembelian (Purchases Journal) adalah buku harian yang khusus digunakan untuk mencatat pembelian barang dagang secara kredit.

Buku Penerimaan Kas (Cash Receipt Journal) adalah buku harian yang digunakan khusus untuk mencatat semua penerimaan uang termasuk penjualan tunai.

Buku Pengeluaran Kas (Cash Disbursement Journal) adalah buku harian yang khusus digunakan untuk mencatat semua pengeluaran uang termasuk pembelian barang dagang secara tunai.

Buku Penjualan (Sales Journal) adalah buku harian yang digunakan khusus untuk mencatat penjualan barang dagang secara kredit.

Buku Persediaan (Inventory Subsidiary Ledger) adalah kumpulan dari kartu persediaan. Kadang-kadang disebut buku stok.

Buku Piutang (Accounts Receivable Subsidiary Ledger) adalah buku besar tambahan untuk perkiraan piutang. Buku piutang merupakan kumpulan dari kartu piutang. kadang-kadang disebut buku tambahan piutang 

Buku Voucher (Voucher Register) adalah jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat semua voucher yang dikeluarkan.

Bursa Efek (Stock Exchange) adalah tempat dimana surat-surat berharga seperti saham dan obligasi diperdagangkan.

Semoga artikel mengenai istilah-istilah akuntansi dalam abjad B di atas dapat bermanfaat untuk anda. Bila anda mempunyai istilah akuntansi yang belum ada dalam artikel ini, silahkan menambahkan dalam kolom komentar.

Istilah-istilah akuntansi dalam abjad: 

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z



Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Istilah-Istilah dalam Akuntansi (B)"

  1. buku besar tambahan ini dalam bentuk apa min? dan isinya ada apa saja?

    ReplyDelete