Istilah-Istilah Dalam Ekonomi (A)



Ekonomi adalah salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Istilah "ekonomi" berasal dari bahasa Yunani, yaitu oikos yang artinya "keluarga, rumah tangga" dan nomos yang artinya "peraturan, aturan, hukum". Secara garis besar, ekonomi diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga."

Berikut ini adalah istilah dan arti kata atau definisi yang sering dipakai dalam dunia Ekonomi, baik itu Perbankan, Ekonomi Mikro dan Ekonomi Macro dalam Abjad A. Dalam artikel ini, istilah-istilah ekonomi yang saya berikan menggunakan bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Untuk memudahkan pencarian, saya bagi menjadi beberapa halaman sesuai abjad. Gunakan CTRL+F  untuk memudahkan pencarian perhalaman

Istilah-istilah ekonomi dalam Abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

A Month Order (Amanat Sebulan) adalah amanat beli atau amanat jual yang hanya berlaku sampai hari bursa yang terakhir didalam bulan amanat diberikan

A Week Order (Amanat Mingguan) adalah amanat beli atau amanat jual yang hanya berlaku dalam satu minggu (sampai hari jumat di dalam pekan amanat diberikan)

Absolute Priority Rule (Peraturan Prioritas Mutlak) adalah peraturan tentang prioritas mutlak, bahwa si pemberi pinjaman harus didahulukan daripada yang lain atas segala tagihan hak milik. Peraturan tersebut memungkinkan perundingan jadwal pembayaran, menyusun kembali utang, dan tetap mengakui pinjaman kepada peminjam.

Acceleration principle (prinsip akselerasi atau percepatan) adalah teori pembelanjaan investasi yang beranggapan bahwa tingkat investasi ditentukan oleh tingkat kenaikan GNP.

Account adalah bentuk simpanan dana kepada bank yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan check / giral atau surat perintah bayar lainnya.

Accountancy (Akuntansi) adalah profesi yang menggunakan teori tertentu, asumsi mengenai cara bertindak, peraturan cara mengukur dan prosedur untuk mengumpulkan dan melaporkan informasi yang berguna tentang kegiatan dan tujuan yang menyangkut keuangan suatu organisasi. Akuntansi dibedakan antara Akuntansi untuk Perusahaan, Akuntansi untuk Pemerintah dan Akuntansi Makro atau Akuntansi Sosial.

Accountant (Akuntan) adalah seseorang yang mempunyai keahlian di bidang akuntansi. Perannya dibedakan antara Akuntan Intern yang bekerja pada suatu perusahaan, Akuntan Pemerintah yang bekerja pada negara dan Akuntan Publik yang memberikan jasa profesinya kepada masyarakat. Akuntan Negara dan Akuntan Publik baru bisa menjalankan profesinya setelah mendapat izin dari Menteri Keuangan.

Accounting adalah suatu kegiatan jasa yang berfungsi untuk menyajikan informasi kuantitatif yang bersifat keuangan.

Accrued Interest (Bunga yang Tumbuh) adalah bunga yang dihimpun sejak pembayaran yang terakhir sampai penjualan suatu obligasi atau suatu penghasilan tetap suatu surat berharga. Pada saat pembelian, si pembeli membayar si penjual harga obligasi ditambah bunga yang tumbuh, yang dihitung berdasarkan perkalian tarif kupon bunga dikalikan dengan jumlah hari yang telah berlaku sejak pembayaran terakhir. Bunga yang tumbuh juga digunakan di dalam kerjasama terbatas usaha pertanahan dan bangunan bila si penjual bangunan mengambil sejumlah uang sekaligus tatkala menjual dan memberikan obligasi hipotik kedua kepada pemegang berikutnya. Jika pendapatan sewa dari bangunan tersebut tidak dapat menutup pembayaran bunga obligasi hipotik, si penjual setuju memberikan bunganya tumbuh sampai bangunan tersebut terjual kepada seseorang.

Accumulation (Akumulasi Penghimpun Sejumlah Dana) adalah keuangan perusahaan laba yang tidak dibagikan kepada para pemegang saham, juga biasa disebut sebagai laba ditahan. Penanaman Modal juga disebut pembelian sejumlah besar saham secara terkendali untuk menghindari penaikkan harga. Dana bersama adalah penanaman modal dalam jumlah yang tetap secara teratur untuk ditanamkan kembali agar memperoleh dividen dan atau keuntungan dari selisih harga jual surat berharga.

Acquisition atau akuisisi adalah istilah turunan dari pengambilalihan suatu perusahaan oleh perusahaan lainnya.

Actual Total Loss adalah obyek pertanggungan yang benar-benar hilang atau punah, sehingga tidak terlihat lagi.

Adjustable Peg (patok yang dapat diatur) adalah suatu sistem kurs yang tukar menukar dimana negara menetapkan suatu kurs yang tetap atau antar mata uang mereka.

Adjusted Net Working Capital (Modal Kerja Bersih Disesuaikan) adalah jumlah kas dan bank, aktiva lain-lain setara dengan kas, piutang, kecuali piutang kepada komisaris, direktur, pegawai atau pihak terafiliasi, dan efek-efek yang dinilai atas dasar nilai pasar yang wajar dikurangi dengan jumlah hutang.

Administered Inflation adalah inflasi yang diukur menurut perubahan harga kategori kelompok barang-barang yang dikendalikan oleh Pemerintah (seperti BBM, beras, gula dll)

Afiliasi adalah hubungan keluarga karena perkawinan dan keturunan sampai derajat kedua, baik secara horizontal maupun vertikal; hubungan antara Pihak dengan pegawai, direktur, atau komisaris dari pihak tersebut

Agen adalah perorangan atau badan usaha yang bertindak sebagai perantara untuk dan atas nama pihak yang menunjuknya untuk melakukan pembelian, penjualan / pemasaran tanpa melakukan pemindahan atas fisik barang; Sebutan bagi seseorang atau badan usaha yang bertindak untuk dan atas nama perusahaan asuransi

Agen Pabrik (Manufacturers Agent) adalah agen yang melakukan kegiatan penjualan atas nama dan untuk kepentingan pihak lain yang menunjuknya tanpa melakukan pemindahan fisik barang

Agen Pembayaran Pembantu adalah agen pembayaran yang ditunjuk oleh agen utama pembayaran untuk membantu melaksanakan pembayaran obligasi pokok beserta bunganya.

Agen Pembelian (Purchasing Agent) adalah agen yang melakukan pembelian atas nama dan untuk kepentingan pihak lain yang menunjuknya tanpa melakukan pemindahan fisik barang

Agen Penjualan adalah pihak yang menjual efek dalam suatu penawaran umum tanpa kontrak dengan emiten dan tanpa kewajiban untuk membeli efek.

Agen Penjualan (Sales Agent) adalah agen yang melakukan kegiatan penjualan atas nama dan untuk kepentingan pihak lain yang menunjuknya tanpa melakukan pemindahan fisik barang

Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) adalah termasuk agen Pemegang Lisensi perorangan atau badan usaha yang ditunjuk untuk dan atas nama pabrik pemilik merek barang tertentu untuk melakukan penjualan dalam partai besar barang dari pabrik tersebut

Agen Utama Pembayaran adalah wali amanat yang karena tugas dan fungsinya dalam mewakili pemegang obligasi bertugas untuk melaksanakan pembayaran obligasi beserta bunganya.

Aggregate supply (penawaran agregat) adalah total nilai barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan dalam suatu periode tertentu.

Agio adalah nilai yang dimasukkan ke dalam modal sendiri yang berasal dari selisih harga jual dikurangi nilai dari suatu emisi saham yang berasal dari dalam portepel dan dicatat di dalam mata perkiraan tersendiri yang juga bernama AGIO.

Agio Dividen (berasal dari bahasa Belanda) adalah dividen yang dibayarkan atas beban cadangan agio (Premium reserve).

Agreement In Principle (Persetujuan Prinsip) adalah persetujuan yang diberikan oleh Menteri untuk melakukan persiapan pendirian Bursa Efek, Lembaga Kliring Penyelesaian dan Penyimpanan, atau Reksa Dana.

Agregate Demand (permintaan agregat ) adalah jumlah belanja yang direncanakan atau diinginkan dalam suatu perekonomian secara keseluruhan dalam suatu perekonomian secara keseluruhan dalam suatu periode tertentu.

Air Pocket Stock adalah saham yang harganya turun secara tajam biasanya disebabkan oleh berita-berita yang negatif mengenai perusahaan tersebut seperti keuntungan yang sangat rendah yang tidak diperkirakan sebelumnya. Pada saat pemegang saham ramai-ramai ingin menjual hanya sedikit pemodal yang ingin membeli akibatnya harga saham semakin merosot.

Aktivitas Inovasi adalah serangkaian aktivitas ilmiah (saintifik), teknologi, organisasional,finansial, dan komersial sebagai bagian dari proses inovasi dan atau yang menghasilkan inovasi.

Aktuaria adalah prinsip-prinsip penghitungan secara matematis yang lazim digunakan untuk menentukan besarnya kemampuan subyek dan nilai obyek diasuransikan.

Akuntansi pendapatan dan produk nasional adalah serangkaian perkiraan yang menyatakan pembelanjaan, pendapatan dan hasil produksi suatu negara untuk satu jangka waktu.

Akuntansi Pertumbuhan adalah teknik mengestimisasi konstribusi berbagai faktor pada pertumbuhan ekonomi

Alat Tukar Yang Sah adalah uang yang menurut hukum ditetapkan harus dapat diterima sebagai pembayaran utang – utang.

Alih Pengetahuan / Teknologi adalah pengalihan kemampuan memanfaatkan dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi antar lembaga, badan, atau orang, baik yang berada di lingkungan dalam negeri maupun yang berasal dari luar negeri ke dalam negeri dan sebaliknya (UU No. 18 tahun 2002).

All Or None Order (Amanat Semua Atau Sama Sekali Tidak) adalah amanat jual atau beli surat berharga yang harus dilakukan oleh pialang sesuai amanat, yakni harus dilaksanakan seluruhnya, jika hanya sebagian yang dapat dipenuhi, maka amanat dibatalkan.

All Risk adalah model polis asuransi yang menanggung seluruh kerugian yang terjadi. Kalau di Indonesia nilai pertanggungan yang dibayar adalah sesuai dengan harga yang disepakati dalam kontrak.

Allocative Efficiency adalah suatu situasi perekonomian dimana tidak ada lagi usaha reorganisasi atau perdagangan yang tepat.

Allotment (Penjatahan) adalah suatu jumlah yang disetujui untuk dipenuhi bagi setiap permohonan pembelian surat berharga yang diajukan para pemodal sebagai akibat tidak terpenuhinya seluruh permohonan karena jumlah permohonan melebihi jumlah penawaran pada masa pasar perdana. Penentuan jumlah yang disetujui berdasarkan suatu cara pembagian yang dianggap yang paling mendekati keadilan dan diharapkan dapat memuaskan semua peserta.

Alokasi Sumber Daya adalah cara suatu perekonomian mengalokasikan sumber dayanya diantara berbagai pemanfaatan potensial untuk menghasilkan barang jadi.

Amanat Buka Bursa (At The Opening Order) adalah amanat jual beli efek yang harus dilaksanakan pada saat pembukaan penawaran

Amanat Tutup Bursa (At The Close Order) adalah amanat jual beli efek yang harus dilaksanakan sesaat menjelang penutupan bursa berbunyi

Amortisasi adalah prosedur akuntansi yang secara berangsur-angsur mengurangi nilai biaya yang usianya terbatas atau harta tak berwujud melalui pembebanan berkala terhadap pendapatan. Bagi harta tetap istilah yang digunakan adalah penyusutan, bagi pertambangan (sumber alam) adalah deflasi. Pada dasarnya arti kedua istilah tersebut sama dengan amortasi. Pada umumnya perusahaan melakukan penghapusan melalui amortasi untuk harta tak berwujud seperti Goodwill. Juga lazim dilakukan amortasi terhadap setiap nilai yang dibayar di atas nilai pari atas pembelian saham istimewa (Preferen) atau obligasi. Tujuan amortasi adalah untuk mencerminkan nilai penjualan kembali atau penebusan

Amortization Fund (Dana Utang) adalah pengumpulan uang yang dilakukan secara berkala untuk membayar utang.

Analisis Deret Waktu adalah hasil observasi yang diatur dan didapat menurut ukuran kronologis waktu.

Analisis Ekuilibrium Parsial adalah analisis yang mengkonsentrasikan pada pengaruh perubahan dalam masing – masing pasar.

Analisis Keseimbangan Sebagian (Partial Equilibrium Analysis) adalah suatu gambaran tentang hal-hal yang berlaku dalam pasar barang dan pasar faktor untuk sesuatu barang tertentu tanpa memperhatikan keadaan di pasar-pasar berbagai barang lain dalam perekonomian.

Analisis Keseimbangan Umum (General Equilibrium Analysis) adalah gambaran umum tentang hubungan saling mempengaruhi di antara berbagai pasar barang dan pasar faktor dari barang-barang yang terdapat dalam perekonomian. Dalam analisis ini ditunjukkan bagaimana perubahan pasaran sesuatu barang (misalnya minyak) akan mempengaruhi pasar barang lainnya (misalnya mobil, angkutan umum, dan pendapatan serta konsumsi masyarakat).

Anchor Currency (Mata Uang Acuan) adalah suatu mata uang yang dipilih karena stabilitasnya yang diharapkan dan diterima secara internasional. Bagi banyak dewan mata uang, poundsterling Inggris dan dolar Amerika Serikat telah menjadi suatu anchor currency . Meskipun, untuk beberapa sistem yang mirip dewan mata uang yang ada sekarang atau sedang diusulkan menganggap mark Jerman sebagai anchor currency . Mata uang acuan ini tidak harus dikeluarkan oleh suatu bank sentral. Sedikit dewan mata uang yang telah menggunakan emas sebagai anchor currency

Anggaran Aktual adalah jumlah anggaran yang dicatat pada tahun tertentu.

Anggaran Berimbang adalah suatu anggaran yang disusun sedemikian rupa sehingga total belanja sama dengan total penerimaan.

Anggaran Defisit adalah perbedaan antara pengeluaran pemerintah dengan penerimaan pajak.

Anggaran Pemerintah adalah laporan anggaran pemerintah yang mengemukakan rencana belanja dan penerimannya selama suatu periode tertentu.

Anggaran Siklikal adalah yang mengukur efek dari siklus bisnis terhadap anggaran

Anggaran Struktural adalah anggaran yang terjadi pada saat perekonomian beroperasi pada output potensial

Anggota Bursa adalah perantara perdagangan efek dan pedagang efek yang melakukan transaksi pembelian dan penjualan efek pada bursa.

Anggota Bursa Efek adalah perantara pedagang efek yang telah memperoleh izin usaha dari Bapepam dan mempunyai hak untuk mempergunakan sistem dan atau sarana Bursa Efek sesuai dengan peraturan Bursa Efek

Anggota Kliring Berjangka adalah anggota bursa berjangka yang mendapat hak dari lembaga kliring berjangka untuk melakukan kliring dan mendapatkan penjaminan dalam rangka penyelesaian transaksi kontrak berjangka.

Angka Indeks adalah suatu rangkaian angka yang ditentukan secara statistik melalui metode yang menggambarkan suatu variabel ekonomi (seperti misalnya tingkat harga) pada suatu waktu tertentu dan perubahannya dari waktu ke waktu.


Angkatan Kerja adalah penduduk yang berumur 16 tahun keatas yang telah bekerja atau sedang mencari pekerjaan

Anjak Piutang adalah badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk pembelian dan atau pengalihan serta pengurusan piutang atau tagihan jangka pendek suatu perusahaan dari transaksi perdagangan dalam atau luar negeri. (Lihat: Factoring Company)

Annual Meeting (Rapat tahunan) adalah rapat satu-tahunan para manajer perusahaan yang melaporkan kepada pemegang saham tentang hasil kegiatan perseroan selama tahun berjalan, di dalam rapat ini biasanya dibahas juga tentang pemilihan Dewan Direksi untuk tahun yang akan datang. Pejabat pimpinan pelaksana biasanya memberikan ulasan pandangan untuk tahun yang akan datang bersama pejabat senior menjawab pertanyaan para pemegang saham.

Annual Report (Laporan Tahunan) adalah suatu laporan mengenai keadaan keuangan perusahaan dalam jangka waktu 1 tahun. Termasuk di dalam laporan ini antara lain Neraca Perusahaan, Laporan Laba / Rugi dan Neraca Arus Kas. Laporan ini harus disampaikan kepada para pemegang saham untuk disetujui di dalam RUPS untuk selanjutnya disahkan sebagai laporan tahunan resmi perusahaan.

Annum (Pertahun) adalah jangka waktu yang dipakai sebagai dasar untuk menentukan bunga, dividen dan diskonto.

Annuity Bonds (Obligasi Anuiti) adalah obligasi yang dilunasi dalam jumlah yang sama setiap tahun sampai batas waktur tertentu. Pelunasan setiap tahun ini terdiri dari jumlah pokok dan bunga (pokok mengecil tiap tahun, bunga membesar).

Anti Dumping adalah pengenaan bea masuk terhadap suatu jenis produk impor yang produsennya dituduh melakukan praktek dumping, hal ini berlaku setelah adanya klaim dari produsen produk sejenis di negara pengimpor yang merasa keberatan.

Apa, Bagaimana dan Untuk Siapa dalam istilah ekonomi
apa adalah masalah mengenai berapa banyaknya tiap barang dan jasa yang akan dihasilkan dengan persediaan sumber daya, Bagaimana: menyangkut masalah pemilihan teknik yaitu kombinasi dari input melalui mana barang akan dihasilkan, Untuk siapa : ttg distribusi barang konsumsi diantara warga masyarakat bersangkutan.

APC (Rata – Rata Kecenderungan Untuk Konsumsi) adalah rasio pengeluaran konsumsi terhadap pendapatan

Application Form adalah formulir permohonan atau surat permintaan pertanggungan yang harus diisi lengkap dan ditandangani calon pemengang polis.

Appraisal adalah penaksiran nilai atau harga atas suatu harta kekayaan yang berbentuk tanah, bangunan, mesin dan harta kekayaan lain.

Appraisal Company (Perusahaan Penilai) adalah suatu badan usaha yang tugasnya menilai atau menaksir aktiva, pada umumnya aktiva tetap seperti tanah, bangunan, peralatan, mesin-mesin atas permintaan perorangan atau perusahaan. Tujuan penilaiaan antara lain adalah untuk mengetahui nilai dari suatu jaminan dalam rangka pengajuan permohonan kredit, mengetahui nilai aktiva yang akan dibeli oleh pihak lain atau ingin mengetahui nilai aktiva dari satu perusahaan penilaian dalam rangka go public.

Appraisal Report (Laporan Penilai) adalah pendapat atas nilai aktiva, yang disusun berdasarkan pemeriksaan menurut keahlian dari Penilai.

Appreciation (Apresiasi) adalah kenaikan nilai dari suatu aktiva seperti saham, obligasi, komoditi atau real estate.

Apresiasi adalah naiknya mata uang dalam negeri terhadap valuta asing dipasar valuta asing

APS (Rata – Rata Kecenderungan Untuk Menabung) adalah rasio tabungan perorangan terhadap pendapatan.

Arbitrase dalam konteks investasi, arbitrase merupakan transaksi yang mencoba mengambil kesempatan (keuntungan) dari perbedaan harga untuk suatu aset yang diperdagangkan di dua pasar yang berbeda; spekulasi tanpa resiko.

Arsitektur Inovasi adalah suatu tatanan organisasi dan pengorganisasian bagi 
pengembangan inovasi dalam suatu organisasi.

Articles Of Association (Anggaran Dasar) adalah dokumen – dokumen yang diwajibkan oleh peraturan perusahaan dan memperinci aturan bagi pengelolaan intern perusahaan

Articles Of Incorporation (Akte Pendirian Perusahaan) adalah keterangan tertulis mengenai pendirian perseroan yang dibuat di hadapan notaris dan disahkan oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia serta memuat di dalam (Lembaran) Berita Negara. Keterangan tersebut antara lain mencantumkan nama perseroan, tujuan pendirian perseroan, jangka usia perusahaan, nama para pendiri, modal dasar, modal ditempatkan dan disetor, nama para pengurus dan pengawas perseroan.

Asset (Aktiva/Harta) adalah segala sesuatu yang dimiliki dan menjadi hak seorang atau perusahaan yang mempunyai nilai ekonomi. Kas, investasi, piutang, persediaan serta bahan baku merupakan harta lancar: Gedung serta mesin-mesin merupakan harta tetap; Paten-paten dan goodwill merupakan harta immaterial. Sisa kelebihan antara harta dan utang merupakan harta bersih.

Assignment (Pengalihan) adalah pengalihan kontrak oleh salah satu pihak pembuat kontrak, termasuk pengalihan pengendalian atau pihak tersebut.

Associated Person adalah pihak terasosiasi

Asuransi adalah suatu sistem antara individu dan perusahaan yang berkaitan dengan 
potensi resiko yang timbul dengan membayar premium kepada perusahaan asuransi dan perusahaan asuransi tersebut akan membayarnya kembali dalam bentuk klaim apabila terjadi sesuatu. Keuntungan yang diperoleh perusahaan asuransi adalah dengan menanamkan dana-dana premium yang diterima. Jaminan yang diberikan perusahaan asuransi antara lain asuransi kebakaran, kendaraan dan jiwa

Asuransi Jiwa (Life Insurance) adalah mencakup usaha perasuransian yang bergerak di bidang pertanggungan jiwa atas pemberian jaminan kepada seseorang atau keluarga yang disebabkan oleh kematian, kecelakaan atau sakit, termasuk juga jaminan hari tua / masa depan. Kegiatan utamanya mengumpulkan dana baik yang berasal dari masyarakat umum maupun perusahaan-perusahaan melalui penjualan polis asuransi dan menanamkan kembali dana tersebut dalam bentuk deposito wajib, surat-surat berharga jangka pendek, penyertaan saham pada perusahaan yang “go-public” melalui pasar modal, serta pembelian surat-surat berharga lainnya, baik yang diselenggarakan oleh perusahaan pemerintah maupun swasta.

Asuransi Kapal Laut adalah asuransi yang memberi jaminan kerugian kepada pemilik kapal laut, baik perorangan maupun perusahaan terhadap kerugian / kerusakan yang diderita akibat kapal laut tersebut hilang atau mengalami kecelakaan, baik yang bersifat kerusakan keseluruhan (Total Loss) ataupun kerusakan sebagian (Partial Loss).

Asuransi Kebakaran adalah asuransi yang menjamin kerugian dan kerusakan atas bangunan / harta benda, barang-barang lainnya akibat kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, kerusuhan, gempa bumi, kerusakan, pemogokan dan sebagainya

Asuransi Kecelakaan Diri adalah asuransi yang menjamin kerugian yang disebabkan oleh kecelakaan yang diderita oleh Tertanggung, karena meninggal, cacat tetap, termasuk jaminan biaya pengobatan karena kecelakaan.

Asuransi Kendaraan Bermotor adalah asuransi yang menjamin kerugian / kerusakan atas kendaraan bermotor akibat kendaraan bermotor tersebut hilang atau mengalami kecelakaan, baik yang bersifat kerusakan keseluruhan (Total Loss), atau kerusakan sebagian (Partial Loss), hilang ataupun tanggung jawab hukum pihak ketiga

Asuransi Kerugian (Indemnity Insurance) adalah usaha perasuransian yang bergerak di bidang pertanggungan atas kerugian, kehilangan atau kerusakan harta milik / benda termasuk juga tanggung jawab hukum pada pihak ketiga. Asuransi kerugian meliputi asuransi kebakaran, pencurian, kerusakan kendaraan, perlindungan pada muatan barang, rangka kapal-kapal, perekayasaan dan sebagainya baik yang diselenggarakan oleh perusahaan pemerintah maupun swasta.

Asuransi Konstruksi / Rekayasa adalah asuransi yang menjamin kerugian akibat kerusakan fisik selama pelaksanaan dan pemeliharaan suatu proyek pekerjaan konstruksi termasuk didalamnya pertanggungan atas tanggung jawab hukum pada pihak ketiga.

Asuransi Pengangkutan adalah asuransi yang menjamin kerugian atas pengangkutan barang-barang terutama yang menggunakan kapal laut yang dapat diperluas dengan alat pengangkut lain seperti truk, pesawat terbang, kereta api sesuai dengan kelaziman perdagangan.

Asuransi Sosial (Social Insurance) adalah usaha asuransi jiwa dan nonjiwa (kerugian) yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan peraturan-peraturan yang mengatur hubungan antara pihak asuransi dengan seluruh / segolongan masyarakat untuk tujuan sosial. Berdasarkan peraturan-peraturan tersebut perusahaan menghimpun dana melalui pungutan iuran / sumbangan wajib dari masyarakat. Dari dana yang terkumpul tersebut, pihak asuransi akan memberikan santunan kepada anggota masyarakat yang berhak menerimanya (pihak tertanggung).

Asuransi Uang adalah asuransi yang menjamin kerugian atas hilang atau rusaknya uang tunai / yang dapat disamakan dengan uang selama dalam perjalanan pengangkutan.

Auction (Lelang) adalah tata cara perdagangan efek dengan penempatan atas dasar diskonto untuk menentukan harga jadinya dari tawaran tertinggi sampai dengan terendah, sehingga jumlah penjualan yang dilayani oleh penjual tercapai.

Audit adalah pemeriksaan yang dilakukan oleh akuntan publik untuk menyatakan apakah posisi keuangan dan hasil usaha perusahaan / badan usaha telah disajikan dengan wajar

Auditor adalah orang yang bertugas memeriksa pembukuan perusahaan. Termasuk di dalamnya penelitian dokumen transaksi, utang piutang, nilai aktiva dan tes lain untuk mencocokkan benar tidaknya pencatatan.

Average Cost adalah biaya rata-rata dari jumlah total semua biaya yang dikeluarkan perusahaan saat proses produksi.

Average of Capital; Cost of Capital adalah jumlah biaya yang diukur sebagai tingkat bunga dari berbagai sumber modal yang digunakan perusahaan, yang masing-masing ditimbang menurut peranannya dalam struktur modal dan permodalan

Average Product (produk rata-rata) adalah produk total atau output total dibagi oleh kuantitas dari satu jenis input.

Average Revenue (Penerimaan Rata-Rata) adalah penerimaan total dibagi oleh jumlah unit total yang dijual yaitu penerimaan perunit.

Semoga artikel mengenai istilah-istilah ekonomi dalam Abjad A diatas dapat bermanfaat untuk anda. Bila anda mempunyai istilah ekonomi yang belum ada dalam artikel ini, silahkan menambahkan dalam kolom komentar.

Istilah-istilah ekonomi dalam Abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Istilah-Istilah Dalam Ekonomi (A)"

Post a Comment