Istilah-Istilah Dalam Ekonomi (R)



Berikut ini adalah istilah dan arti kata atau definisi yang sering dipakai dalam dunia Ekonomi, baik itu Perbankan, Ekonomi Mikro dan Ekonomi Macro dalam abjad R. Dalam artikel ini, istilah-istilah ekonomi yang saya berikan menggunakan bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Untuk memudahkan pencarian, saya bagi menjadi beberapa halaman sesuai abjad. Gunakan CTRL+F  untuk memudahkan pencarian perhalaman.

Istilah-istilah ekonomi dalam Abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Rasio Konsentrasi adalah sebagian dari total penjualan pasar yang dikendalikan oleh sebagian perusahaan industri besar.

Rasio Modal Output adalah  rasio antara modal terhadap nilai output tahunan yang diproduksi oleh modal itu.

Rasio Modal Produksi adalah  suatu angka yang menunjukkan besarnya modal yang diperlukan unruk menghasilkan barang bernilai satu rupiah.

Rasio Modal Tenaga Kerja adalah  suatu ukuran besarnya modal per pekerja dalam suatu perekonomian.

Rasionalisasi adalah perbaikan dalam perusahaan dengan menghemat tenaga kerja dan biaya serta mempertinggi produksi; perbaikan nisbah antara berbagai komponen dalam perusahaan sehingga perusahaan menjadi sehat.

Rate of Inflation (Laju Inflasi) adalah  tingkat persentase kenaikan dalam beberapa indeks harga, dari satu periode ke periode lainnya.

Rate of Return (Tingkat Hasil Pengembalian) adalah  rasio antara pengembalian modal yang diperoleh perusahaan terhadap total modal yang diinvestasikan.

Ratio Leverange adalah  rasio laporan keuangan yang digunakan untuk mengukur sejauh mana aktiva perusahaan dibiayai hutang.

Real Effective Exchange Rate (REER) adalah indeks nilai tukar riil yang diukur dengan cara membandingkan nilai tukar tertentu dengan sekumpulan nilai tukar (basket currency) beberapa negara lain yang telah disesuaikan dengan inflasi pada tahun tertentu dan menggunakan bobot timbangan nilai perdagangan negara-negara tersebut. Saat ini pengukuran menggunakan tahun dasar 1995 dengan membandingkan pada 8 negara mitra dagang.

Real Estate adalah properti, tanah dan bangunan. broker real estate adalah sebutan profesi untuk orang yang menjadi penghubung antara penjual dan pembeli property.

Real Time Gross Settlement (RTGS) adalah suatu penyelesaian kewajiban bayar membayar (settlement) yang dilakukan secara online atau seketika untuk setiap instruksi transfer dana.

Record Date (Tanggal Catat) adalah tanggal pendaftaran nama pemegang saham dalam buku saham emiten agar yang bersangkutan dapat menerima dividen hak suara dan lain-lain.

Recovery adalah penjualan atas obyek pertanggungan. Tujuannya untuk memperkecil nilai kerugian pihak penanggung.

Redemption (Pelunasan) adalah pembayaran untuk mendapatkan kembali surat utang, obligasi, atau saham, barang jaminan hipotik atau gadai, dan sebagainya dengan maksud melunasi utang.

Redemption Premium (Premi Tebusan) adalah premi yang dibayarkan oleh emiten atas penarikan sekuritas yang besarnya sesuai dengan syarat perjanjian antara emiten dengan pembeli pertama saham / sekuritas.

Redemption Value (Nilai Tebusan) adalah harga obligasi pada saat dilakukan penebusan / pelunasan.

Refunding / Refinancing (Dana Tarik) adalah penjualan saham / sekuritas baru oleh emiten yang hasilnya dipergunakan untuk menarik saham / sekuritas yang telah diterbitkan.

Registered Stock (Saham Atas Nama) adalah saham perusahaan dapat dikeluarkan atas nama si pembeli. Saham atas nama dapat memberikan perlindungan bagi si pemegang terhadap pencurian kebakaran dan sebagainya, sedangkan di lain pihak perusahaan yang bersangkutan memiliki register dari nama para pemegang saham.

Registration Statement (Pernyataan Pendaftaran) adalah dokumen yang wajib diajukan kepada Ketua Bapepam oleh Emiten sebelum melakukan penawaran umum atau suatu efek kepada masyarakat, atau Perusahaan Publik.

Regresive Tax (Pajak Regresi) adalah  pajak yang dikenakan dengan persentase yang semakin kecil bila tingkat pendapatan semakin tinggi.
.
Regression Equation (Persamaan Regresi) adalah  persamaan yang secara statistik menggambarkan penentuan tingkat kecocokan terbaik antara berbagai variabel atau perkiraan terbaik dari hubungan rata-rata antara variabel-variabel yang sedang diuji.

Regular Away (Cara Biasa) adalah penyerahan sekuritas setelah terjadi jual beli, Penentuan tanggalya bergantung pada peraturan yang berlaku. Di Indonesia berlaku aturan empat hari setelah terjadi transaksi atau disebut pula dengan T + 4.

Rekening Aktif adalah rekening bank yang sering kali bermutasi berupa penyetoran atau penarikan.

Rekening Giro adalah  simpanan di bank yang dapat ditarik sesuai permintaan dan dapat dipindah bukukan dengan cek.

Rekening Mati adalah rekening koran yang tidak digunakan lagi untuk penarikan dan penyetoran.

Rekening Terpisah adalah rekening pada bank yang disetujui Bappebti, yang dibuka khusus untuk menyimpan dana nasabah, dana kompensasi, dana jaminan, dan atau dana Sentra Dana Berjangka, terpisah dari rekening lembaga yang menyimpan dana tersebut.

Relative Price (Harga Relatif) adalah  rasio harga nominal suatu komoditi terhadap harga nominal komoditi lainnya yaitu rasio dari dua harga mutlak.

Relisting (Pencatatan Kembali) adalah pencantuman kembali suatu Efek dalam daftar Efek yang tercatat di Bursa, setelah Efek tersebut dihapuskan pencatatannya di Bursa (delisting).

Rendabel adalah cukup memberi keuntungan.

Rentabilitas Ekonomi adalah  kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba dengan memanfaatkan seluruh modal yang dimiliki.

Reputasi Bisnis adalah kemampuan mengelola usaha dengan baik dan memiliki kredibilitas serta perilaku yang baik, yang antara lain ditunjukkan dengan: 1. tidak pernah dihukum karena melakukan tindakan pidana 2. tidak pernah masuk daftar hitam perbankan 3. tidak pernah dinyatakan pailit dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

Required Reserve (Cadangan Wajib) adalah  jumlah minimum cadangan bank yang harus menurut ketentuan dipegang oleh bank, baik dalam bentuk uang kartal maupun dalam bentuk deposito di bank sentral.

Reserves (Cadangan) adalah cadangan suatu dewan mata uang harus cukup untuk menjamin bahwa semua pemegang mata uang kertas dan koin dapat mengkonversikannya ke dalam mata uang atau komoditas cadangan. Dewan mata uang seringkali mempunyai cadangan 105% atau 110% dari kewajiban (liabilities), tidak hanya 100%, agar mempunyai suatu tingkat proteksi (protection margin) kalau obligasi-obligasi yang dipegangnya kehilangan nilai.

Resistance Level adalah suatu titik atau level harga di mana harga saham yang tengah naik, berubah arah menjadi menurun. Lawannya adalah Support Level.

Restrukturisasi  adalah program yang direncanakan dan dikendalikan oleh manajemen dan secara material mengubah: (a) lingkup kegiatan usaha suatu entitas; atau (b) cara mengelola usaha tersebut.

Restrukturisasi Kredit adalah upaya yang dilakukan bank dalam kegiatan usaha perkreditan agar debitur dapat memenuhi kewajibannya, yang dilakukan antara lain melalui: penurunan suku bunga kredit, pengurangan tunggakan bunga kredit, pengurangan tunggakan pokok kredit, perpanjangan jangka waktu kredit, penambahan fasilitas kredit, pengambilalihan aset debitur sesuai dengan ketentuan yang berlaku, konversi melalui penyertaan modal sementara pada perusahaan debitur.

Return (Pendapatan / Hasil) adalah hasil yang diperoleh dari penanaman modal tertentu dalam suatu perusahaan di dalam periode tertentu.

Return to Capital (Pengembalian Modal) adalah  total pembayaran terhadap pemilik modal; penjumlahan dari hasil murni atas modal, premi risiko dan laba ekonomi.

Revaluation adalah perubahan tingkat nilai tukar mata uang suatu negara terhadap emas atau mata uang negara lain. Istilah ini berarti pula penyesuaian nilai buku suatu harga (asset) perusahaan terhadap nilai pasarnya.

Revenue Sharing adalah  pengembalian dari penerimaan yang diperoleh pemerintah pusat ke pemerintah daerah, misalnya untuk sumbangan umum atau bantuan yang tidak ada kategorinya.

Reversal adalah adanya pergerakkan saham yang mulai berbalik arah, dari trend naik akan menjadi trend turun, demikian sebaliknya.

Reverse Split adalah sebuah penurunan dalam jumlah saham suatu perusahaan yang beredar tanpa suatu perubahan dalam ekuitas pemegang saham atau nilai rata-rata pasar pada saat pemecahan.

Revolving Credit adalah kredit yang setelah satu transaksi selesai, dapat digunakan untuk transaksi berikutnya dalam batas maksimum dan untuk jangka waktu tertentu.

Right Issue adalah hak untuk menerbitkan saham.

Right Issue adalah penawaran umum terbatas efek pada harga tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya kepada pemegang saham lama dalam rangka penerbitan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights.

Rights Ratio adalah komposisi berapa saham lama memperoleh hak HMETD untuk memesan saham baru (satu HMETD dapat digunakan untuk membeli satu saham baru pada harga yang telah ditentukan).

Risiko Kredit adalah risiko dimana suatu pihak atas instrument keuangan akan menyebabkan kerugian keuangan terhadap pihak lain diakibatkan kegagalannya dalam melaksanakan suatu kewajiban.

Risiko Likuiditas adalah risiko dimana suatu entitas menghadapi kesulitan dalam memenuhi kewajiban terkait dengan kewajiban keuangannya.

Risiko Pasar adalah risiko dimana nilai wajar atau arus kas masa depan suatu instrumen keuangan akan berfluktuasi karena perubahan harga pasar. Risiko pasar meliputi tiga jenis, yaitu: risiko mata uang asing, risiko suku bunga dan risiko harga lainnya.

Risiko Suku Bunga adalah risiko dimana nilai wajar atau arus kas masa depan dari suatu instrumen keuangan akan berfluktuasi akibat perubahan tingkat bunga pasar.

Risk Management (Manajemen Risiko) adalah rangkaian proses atau prosedur yang dimulai dari mengidentifikasi, mengukur dan memantau risiko-risiko yang akan timbul serta upaya-upaya yang harus dilakukan untuk membatasi dan mengelola risiko-risiko tersebut.
.
Risk Premium (Premi Risiko) adalah  pengembalian terhadap modal yang diperlukan untuk mengkompensasi risiko kehilangan modal.

Round Lot (Unit Saham Bulat) adalah unit saham yang diperdagangkan dalam suatu Bursa Efek sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sebagai contoh di Jakarta Stock Exchange 1 (satu) lot = 500 saham, dan transaksi hanya bisa dilakukan dengan kelipatan 500 saham.

Rumah Kliring adalah lembaga dimana utang-utang antar bank yang timbul dari transfer cek-cek antara bank-bank dihitung.

Rumah tangga adalah pelaku kegiatan ekonomi yang fungsi utamanya meliputi (i) menyediakan faktor-faktor produksi untuk digunakan oleh perusahaan-perusahaan, dan (ii) menggunakan pendapatan yang diperoleh (dari menyediakan faktor-faktor produksi) untuk membeli barang dan jasa yang dibutuhkannya.

Semoga artikel mengenai istilah-istilah ekonomi dalam abjad R diatas dapat bermanfaat untuk anda. Bila anda mempunyai istilah ekonomi yang belum ada dalam artikel ini, silahkan menambahkan dalam kolom komentar.

Istilah-istilah ekonomi dalam Abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z






Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Istilah-Istilah Dalam Ekonomi (R)"

  1. Halo, saya Ainah Ann, saat ini saya tinggal di indonesia. Saya hampir muak dengan kehidupan beberapa bulan yang lalu karena saya membutuhkan uang untuk membayar tagihan saya, dan karena situasi saya, saya sangat ingin mendapatkan pinjaman untuk membayar tagihan saya yang sudah dikeluarkan dan membiayai bisnis saya. Semua usaha saya untuk mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman swasta dan korporasi internet ini benar-benar sia-sia.
     
    Poin terakhir saya untuk mengatakan selamat tinggal pada pencarian pinjaman adalah ketika Tuhan menyerahkan kepada saya sarana rezeki saya untuk bisnis dan mata pencaharian saya sampai saat ini, yang memberi saya pinjaman sebesar 750 juta Rupee Indonesia. Saya hanya harus bersaksi secara online ini karena saya tahu ada banyak orang di luar sana yang mencari jenis perbuatan baik ini, dan pada saat yang sama saya harus menceritakan dunia tentang kesempatan besar yang menanti mereka.
     
    Mengamankan pinjaman tanpa jaminan, Tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada penandatanganan, dan tidak ada biaya pinjaman, hanya dengan tingkat bunga 2% saja dan rencana pembayaran dan jadwal yang lebih baik. Jangan buang waktu lagi, dan bayar tagihan Anda dengan bantuan Maureen Kurt Financial Service. Anda dapat menghubungi dia melalui (maureenkurtfinancialservice@gmail.com). Dia wanita yang baik hati dan kebajikan, jadi jangan takut untuk bertemu dengannya untuk meminta bantuan. Jika ada keraguan atau ketakutan, Anda selalu bisa menghubungi saya melalui ainahann10@gmail.com

    ReplyDelete