Istilah-Istilah Dalam Ekonomi (S)



Berikut ini adalah istilah dan arti kata atau definisi yang sering dipakai dalam dunia Ekonomi, baik itu Perbankan, Ekonomi Mikro dan Ekonomi Macro dalam abjad S. Dalam artikel ini, istilah-istilah ekonomi yang saya berikan menggunakan bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Untuk memudahkan pencarian, saya bagi menjadi beberapa halaman sesuai abjad. Gunakan CTRL+F  untuk memudahkan pencarian perhalaman.

Istilah-istilah ekonomi dalam Abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Saham adalah bagian dari kepemilikan modal sendiri di dalam perseroan dan bukti kepemilikannya disebut saham. Jumlah saham yang dimiliki seseorang dalam perusahaan secara resmi tercantum di dalam anggaran dasar perusahaan.

Saham Aktif adalah saham yang banyak diperdagangkan di bursa.

Saham Biasa adalah  bentuk penyertaan modal yang mengandung hak suara, kekayaan bersih dan laba perusahaan.

Saham Bonus adalah penerbitan saham untuk dibagikan secara cuma-cuma kepada pemegang saham.

Saham Donasi adalah saham yang diserahkan kembali kepada perusahaan sebagai hadiah untuk dijual lagi guna memperoleh dana tambahan.

Saham Gorengan adalah saham yang sengaja dipermainkan oleh seseorang atau sekelompok orang (sering disebut sebagai bandar) untuk mempengaruhi permintaan dan penawaran saham guna mendongkrak harga. Hal ini dilakukan tanpa didukung perubahan faktor fundamental perusahaan. Ciri-ciri saham yang biasanya dipakai sebagai sasaran untuk digoreng adalah saham yang beredar atau dijual di masyarakat relatif sedikit, harganya murah, dan kinerja perusahaan tidak terlalu baik. Tanda-tanda transaksi dimulainya menggoreng saham adalah mula-mula saham yang sebelumnya sepi tiba-tiba ramai ditransaksikan.

Saham Lunas adalah saham yang telah dibayar lunas oleh pemegang atau pemiliknya.

Saham Non Aktif adalah saham yang jarang diperjualbelikan.

Saham Pendiri adalah jasa yang diberikan oleh para pendiri perseroan, apakah berupa penyertaan modal, apakah berupa menarik relasi yang penting dan sebagainya, biasanya dihargai perseroan dengan memberikan kepada yang bersangkutan saham yang disebut saham pendiri.

Saham Spekulatif adalah saham yang pada umumnya cenderung ditransaksikan semu oleh pelaku pasar.

Saham Terdaftar adalah saham yang nama pemiliknya terdaftar pada saham yang bersangkutan dan pada emiten.

Saham Tidur adalah Saham yang jarang ditransaksikan oleh investor. Unsur spekulasi lebih besar (bisa beli sukar untuk menjualnya kemudian).

Salah Buku adalah kesalahan tanpa sengaja tentang pembukuan suatu transaksi, baik perkiraan debit maupun jumlahnya.

Salah Hitung adalah kesalahan penjumlahan, pengurangan, pengalian, atau penghitungan lainnya dalam pembukuan.

Saldo Imbangan adalah sejumlah saldo rekening simpanan yang harus dipelihara debitor pada bank pemberi kredit sebagai imbangan minimum terhadap pemakai kredit tersebut.

Saling Bergantung (Mutual-Interdependence) adalah hubungan diantara perusahaan yang saling bergantung satu sama lain di pasar sehingga kebijakan harga yang dibuat perlu selalu mempertimbangkan reaksi perusahaan lain terhadap tindakannya tersebut.

Saluran Pemasaran adalah orang atau badan yang terlibat dalam pengalihan, pemilikan, dan penyampaian barang dari produsen kepada konsumen.

Sample adalah jumlah yang kecil dari suatu hal yang dipilih dari kelompok atau populasi yang lebih besar, yang dapat mewakili kelompok besar tertentu.

Saving (tabungan) adalah seluruh pendapatan disposibel yang tidak digunakan untuk konsumsi barang dan jasa.\

Scarce Good (Barang Langka) adalah suatu komoditi yang kuantitas permintaannya melebihi kuantitas penawaran pada harga nol; dengan demikian komoditi ini mempunyai harga positif pada ekonomi pasar.

Schedule permintaan adalah tabel yang menunjukan hubungan antara kuantitas komoditi yang akan dibeli konsumen selama periode tertentu.

Seat (Kursi Bursa) adalah hak keanggotaan dalam bursa sekuritas, dengan memenuhi persyaratan pengurus atau membayar permintaan pemiliknya.

Secondary Market (Pasar Sekunder) adalah suatu transaksi yang berlangsung pada setiap hari bursa bertempat di bursa efek terhadap saham-saham yang terdaftar di bursa efek. Proses transaksi ini berlangsung antara para broker baik atas nama sendiri maupun atas nama orang lain. Di dalam melaksanakan transaksi broker memperoleh imbalan tertentu (di Indonesia 1%) baik amanat jual maupun amanat beli.

Sektor Pasar adalah bagian dari suatu perekonomian dimana komoditi dibeli dan dijual.

Securities Company (Perusahaan Efek) adalah perusahaan yang telah memperoleh Izin Usaha berdasarkan keputusan ini untuk menjalankan satu atau beberapa kegiatan sebagai berikut : Penjamin Emisi Efek, Perantara Pedagang Efek, Manajer Investasi, atau Penasehat Investasi.

Securities Exchange (Bursa Efek) adalah tempat pertemuan termasuk suatu sistem elektronik tanpa tempat pertemuan yang diorganisasikan dan digunakan untuk menyelenggarakan pertemuan penawaran jual beli atau perdagangan efek.

Securities Loan (Pinjaman Sekuritas)  adalah pinjaman efek dari seorang perantara kepada perantara lain biasanya untuk menutupi perdagangan short sale perantara yang memberikan pinjaman efek dijamin oleh uang tunai senilai efek yang dipinjamkan.

Securities Trading (Perdagangan Sekuritas) adalah suatu transaksi efek akan terlaksana bila pembeli dan penjual sepakat pada suatu harga dimana perdagangan tersebut dilaksanakan.

Security adalah bukti yang bersifat dokumenter mengenai utang atau hak milik yang adil dari suatu organisasi dagang atau keuangan lainnya.

Security Features adalah unsur pengaman yang ada pada uang.

Seed Money adalah pembiayaan awal yang dilakukan oleh pemodal ventura (ventura capitalist’s) bagi perseroan yang baru berdiri.

Selisih Harga adalah selisih yang berasal dari perubahan harga bahan atau tenaga kerja.

Selisih Kurs adalah selisih yang dihasilkan dari penjabaran sejumlah tertentu satu mata uang ke dalam mata uang lainnya pada nilai tukar yang berbeda.

Sell On Strength adalah harga diharapkan naik dalam jangka pendek tetapi masih negatif dalam jangka lebih panjang pertimbangkan jual ketika harga mendekati level resisten.

Seller’s Market adalah pasar yang ditandai oleh permintaan yang secara nisbi melebihi penawaran sehingga harga cenderung meningkat dan menguntungkan penjual.

Selling Agent adalah pihak yang menjual efek dalam suatu penawaran umum tanpa kontrak dengan emiten dan tanpa kewajiban untuk membeli efek.

Selling Off (Jual Habis) adalah penjualan efek atau komoditi dengan tujuan untuk menghindari penurunan harga.

Selling Short adalah penjualan saham atau komoditi yang barangnya tidak dimiliki oleh si penjual. Dalam hal ini si pemodal meminjam surat saham dari pihak lain untuk diserahkan pada saat transaksi dilakukan kemudian si penjual membeli surat saham yang sama pada harga yang lebih rendah agar diperoleh keuntungan. Tetapi apabila kemudian hari harga saham tersebut cenderung naik maka ia akan menderita kerugian.

Sensitif Market (Pasar Sensitif) adalah suatu pasar yang mudah dipengaruhi oleh isu yang berkembang di bursa baik isu yang baik dan buruk.

Sentiment Indicators (Sentimen Pasar) adalah mengukur bullish (naik) maupun bearish (turun) modal dari pada pemodal (investor). Banyak analis teknikal melihat bahwa indikator pemodal sering kali berlawanan dengan situasi pasar.

Sentra Dana Berjangka adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana secara kolektif dari masyarakat untuk diinvestasikan dalam Kontrak Berjangka.

Serikat ahli adalah serikat yang diorganisasikan untuk menggabungkan para pekerja yang punya keterampilan dan pekerjaan tertentu.

Serikat Pabean adalah sekelompok Negara yang bersepakat untuk mengadakan perdagangan bebas di antara mereka sendiri.

Sertifikat Deposito adalah deposito berjangka yang dapat dinegosiasikan dan mempunyai suku bunga yang lebih tinggi dari pada deposito berjangka biasa.

Sertifikat Pendaftaran adalah tanda bukti yang diberikan Bappebti kepada Pedagang Berjangka, yang memberikan hak bagi pemegangnya untuk untuk dapat melakukan transaksi di Bursa Berjangka.

Sertifikat Penyertaan adalah tanda bukti kepemilikan dana dalam Sentra Dana Berjangka yang dijual Pengelola Dana Berjangka kepada peserta Sentra Dana Berjangka.

Sertifikat Rights atau Bukti Rights adalah suatu produk efek yang diturunkan dari saham yang dikeluarkan oleh emiten yang memberikan hak kepada pemegang saham lama untuk membeli saham baru yang akan dikeluarkan oleh emiten dengan proporsi dan harga tertentu.

Services (Jasa-Jasa) adalah  komoditi tak berwujud, misalnya jasa potong rambut atau perawatan kesehatan.

Settlement Date (Tanggal Penyelesaian Transaksi) adalah tanggal penyelesaian amanat yang telah dilaksanakan. Penyelesaian ini termasuk pambayaran secara tunai efek yang dibeli, penyerahan surat efek yang dijual serta penerimaan hasil penjualan surat efek tersebut.

Sewa Ekonomi adalah bagian dari pendapatan yang diperoleh suatu faktor produksi di atas bagian pendapatan yang digunakan untuk mencegah faktor produksi itu digunakan dalam suatu kegiatan lain.
.
Sewa Guna Usaha (Leasing) adalah Penyewa Guna Usaha pada akhir masa kontrak mempunyai hak opsi untuk membeli objek sewa guna usaha berdasarkan nilai sisa yang disepakati bersama.

Share Without Par- Value (Saham Tanpa Nilai Nominal) secara teori adalah saham yang mencantumkan nilai nominal dan saham yang tidak mencantumkan nilai nominal tidak terdapat perbedaan.

Shares (Stock) adalah surat bukti pemilikan bagian modal perseroan terbatas yang memberikan berbagai hak menurut ketentuan anggaran dasar.

Short Run (Jangka Pendek) adalah suatu periode waktu pada saat kuantitas beberapa input tidak bisa bervariasi.

Short Term Rate (Bunga Pinjaman Jangka Pendek) adalah bunga yang dikenakan menurut jenis pinjaman jangka pendek.

Sideways adalah pergerakkan saham yang bergerak ke kanan (flat), tidak memiliki trend.

Siklus Akuntansi adalah langkah-langkah dalam pekerjaan akuntansi mulai dari mencatat transaksi (journalizing), mengklasifikasi transaksi kedalam akun-akun yang sesuai (posting), mengikhtisarkan masing-masing akun kedalam susunan debet dan kredit (summarizing into trial balance), membuat penyesuaian-penyesuaian (adjustment), hingga menyusun laporan keuangan (financial statement).

Siklus ekonomi adalah pola jangka panjang fluktuasi tingkat kegiatan ekonomi yang teratur.

Sindicate (Sindikat) adalah suatu kerjasama antara dua atau lebih Lembaga Penunjang selain Perantara Perdagangan efek. Pedagang Efek, dan Biro Administrasi Efek, dalam melakukan kegiatan usaha dibidang pasar modal.

Singking Fund (Dana Cadangan) adalah dana yang dikumpulkan dari penerimaan rutin perusahaan dan ditempatkan pada rekening khusus. Tujuannya adalah sebagai cadangan untuk melunasi surat berharga dalam bentuk utang (debt securities) atau saham preferen.

Sinking Fund adalah dana perusahaan untuk membayar utang jangka panjang yang dibentuk dengan menyisihkan sebagian laba secara berkala.

Sinking Pay Fund (Cadangan Pelunasan Utang) adalah penyisihan jumlah uang secara teratur untuk melunasi utang jangka panjang.

Sirkulasi Aliran Pendapatan adalah suatu grafik (diagram) yang menunjukkan aliran pendapatan dan pembelanjaan yang wujud di antara pelaku-pelaku kegiatan ekonomi, dan terutama di antara perusahaan dan rumah tangga.

Sirkulasi Aliran Pendapatan adalah suatu bagan atau grafik yang memberikan gambaran tentang aliran pendapatan, aliran pengeluaran, dan aliran keuangan lain yang berlaku dalam perekonomian.

Sisa anggaran adalah selisih antara total pendapatan dengan total pengeluaran pemerintah.

Sistem Bank adalah kumpulan institusi keuangan yang terdiri dari bank perdagangan dalam seluruh perekonomian dan bank sentral.

Sistem Barter adalah sistem pertukaran yang berlaku dalam masyarakat dimana uang tidak digunakan dalam pertukaran dan oleh karenanya barang yang dijual harus ditukar dengan barang lain yang sama nilainya.

Sistem Ekonomi Kapitalis adalah sistem ekonomi dimana kepemilikan modal terutama dikuasai oleh swasta dan bukan oleh pemerintah.

Skala Ekonomi adalah faktor-faktor yang menyebabkan operasi perusahaan semakin efisien dalam jangka panjang. Faktor-faktornya yang utama adalah spesialisasi, efisiensi penggunaan input, terwujudnya produksi sampingan dan perkembangan anak perusahaan.

Skala ekonomis adalah penurunan biaya per unit output yang dihasilkan dari ekspansi output.

Skala Tidak Ekonomi adalah faktor-faktor yang menyebabkan operasi perusahaan semakin tidak efisien dalam jangka panjang. Faktor utama yang menyebabkan hal ini adalah administrasi perusahaan yang semakin birokratis yang memperlambat proses pengembalian keputusan dalam perusahaan.

Small Investor (Pemodal Kecil) adalah pemodal perorangan yang membeli jumlah kecil dari efek yang tecatat dari bursa efek. Pemodal ini sering disebut retail investor (pemodal eceran).

Soft Market (Pasar Lesu) adalah pasar yang ditandai oleh kelebihan permintaan terhadap penawaran. Di dalam pasar ini terjadi kelesuan transaksi dan harga cenderung turun karena besarnya penjualan yang terjadi.

Soft Spot adalah kelemahan pada saham yang terpilih atau sekelompok saham didalam menghadapi pasar yang cukup kuat dan berkembang.

Solvency adalah kemampuan membayar semua utang kepada pihak ketiga pada saat jatuh tempo, dengan perhitungan bahwa nilai harta lebih tinggi daripada nilai semua utang.

Special Meeting (Rapat Khusus) adalah rapat pemegang saham untuk membicarakan dan memutuskan hal-hal yang memerlukan persetujuan RUPS misalnya apabila terjadi kasus yang membahayakan kelangsungan hidup perseroan seperti korupsi, salah urus, hal semacam ini biasanya diatur dalam anggaran dasar.

Special Surveillance adalah bank dalam pengawasan khusus.

Special Trade (Sistem perdagangan khusus) adalah sistem perdagangan internasional yang dilakukan penduduk suatu negara, kecuali penduduk yang tinggal di kawasan berikat (bonded zone) karena kawasan berikat dianggap sebagai luar negeri.

Specialist Block Purchase and Sale adalah transaksi yang dilaksanakan oleh specialis bursa efek dalam jumlah besar atas rekeningnya sendiri.

Speculative Buy adalah beli saat harga mendekati level support. Harga diharapkan naik ke level targetCut loss ketika harga jatuh di bawah poin stop loss.

Spesialisasi adalah ciri utama dari kegiatan perekonomian pasar yang modern dimana setiap pelaku kegiatan ekonomi menumpukan kegiatannya kepada menjalankan suatu kegiatan tertentu dan mendapatkan pendapatan dari kegiatan tersebut. Pendapatan tersebut akan digunakan untuk membeli berbagai barang kebutuhannya.

Split Share (Saham Penggal) adalah To Split berarti membelah. Jika sesuatu dibelah unitnya menjadi bertambah banyak. Jika semua unit disatukan jumlah (nilainya) kita temukan sama seperti sebelum diadakan split.

Squeeze adalah situasi pasar yang sedang membaik dimana harga saham pada umumnya bergerak naik yang mengakibatkan para pemodal yang melakukan short sale dipaksa untuk mempertahankan posisinya untuk menghindari kerugian yang lebih besar. Apabila hal ini dilakukan secara beramai-ramai oleh short sellers tindakan ini disebut squeeze.

Staggering Maturities adalah suatu teknik yang digunakan untuk mengurangi resiko oleh pemodal obligasi. Hal ini disebabkan karena obliogasi jangka panjang lebih mudah berubah dari pada obligasi jangka pendek.

Standar Akuntansi Keuangan (SAK) adalah Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK), Interpretasi Standar Akuntansi Keuangan (ISAK) dan produk standar lain yang dikeluarkan oleh Dewan Standar Akuntansi Keuangan – Ikatan Akuntan Indonesia (DSAK – IAI).

Statistika Komparatif adalah turunan dari prediksi dengan menganalisis pengaruh suatu perubahan pada beberapa variabel eksogen terhadap posisi keseimbangannya.

Stock (Kumpulan Saham) adalah Surat berharga yang merupakan tanda bukti penyertaan modal dalam sutu perusahaan. Di Indonesia dikenal sebagai saham.

Stock Broker (Pedagang Saham) adalah seorang anggota Bursa Efek yang pekerjaannya menjual-belikan saham-saham, stock dan surat-surat berharga untuk para klien.

Stock Dividend (Saham Dividen) adalah saham dividen adalah laba yang dibagikan kepada para pemegang saham bukan secara tunai tetapi dalam bentuk saham. Saham yang diberikan kepada pemegang saham sebagai pengganti dividen.

Stock Exchange (Bursa Efek) adalah pasar yang terorganisir dimana saham, obligasi dan sejenisnya diperdagangkan oleh para anggota bursa yang bertindak sebagai agen (perantara pedagang efek).

Stock Jobber (Pialang) adalah Pedagang Perantara (di London) yang membeli efek dari pemegang di Bursa dan menjualnya pada pemodal.

Stock Market (Bursa Saham) adalah suatu pasar yang terorganisasi tempat saham serta obligasi dibeli dan dijual, disebut juga sebagai pasar surat berharga.

Stock Options (Hak Atas Efek) adalah suatu hak untuk membeli atau menjual efek pada harga tertentu di dalam periode tertentu. Bentuk ini sering digunakan untuk memberikan insentif karyawan dengan memberikan hak untuk membeli saham perusahaan tempat dimana dia bekerja dengan harga dibawah pasar untuk jangka waktu tertentu.

Stock Subcription (Pesanan Pasar Perdana) adalah pendaftaran untuk membeli surat saham perusahaan pada masa emisi Pasar Perdana.

Stockholder (Pemegang Saham) adalah orang atau badan yang memiliki sebagian saham di dalam perusahaan; Para pemilik sebuah perusahaan yang memberikan dananya melalui pembelian saham-saham perusahaan tersebut.

Stop Loss Order (Amanat Pembatasan Kerugian) adalah amanat jual beli sekuritas, apabila harganya telah mencapai tingkat harga tertentu (yang ditentukan oleh pemberi amanat) dengan maksud mencegah / membatasi kemungkinan kerugian.

Stop Order to Sell (Amanat Stop Jual) adalah amanat pasaran, jika efek yang bersangkutan mencapai harga pada atau harga stop. Dengan harga stop dimaksudkan harga yang ditetapkan pemberi amanat untuk melaksanakan amanat yang bersangkutan.

Street Name adalah Efek yang menggunakan bukan nama pemiliknya tetapi nama broker yang dipercayakan untuk melakukan amanat. Tujuannya adalah untuk memudahkan pengalihan apabila efek tersebut diperdagangkan.

Sub Distributor adalah perorangan atau badan usaha yang ditunjuk oleh Disributor Utama atau Grosir yang bertindak atas namanya sendiri untuk melakukan kegiatan penjualan barang dalam partai besar sampai pada Pengecer.

Subcription Right (Hak Khusus Beli) adalah hak khusus yang diberikan kepada pemegang saham perusahaan untuk membeli lebih dahulu saham baru yang ditawarkan kepada masyarakat. Hal ini biasanya mempunyai jangka waktu dua sampai empat minggu dan bisa dipindah tangankan.

Subscribed Capital (Modal Saham Tambahan) adalah bagian dari modal dasar perusahaan yang sudah ditempatkan, mungkin sudah disetor penuh mungkin juga belum disetor penuh. Apabila modal ditempatkan sudah disetor penuh disebut juga modal disetor (paid capital).

Subsidi (Bantuan) adalah bantuan uang atau material (benda) yang diberikan kepada konsumen atau produsen sesuatu barang, misalnya subsidi bensin; Bantuan dalam bentuk barang atau uang kepada produsen ataupun konsumen untuk mengurangi biaya produksi atau mengendalikan harga

Subsidiary (Anak Perusahaan) adalah suatu perusahaan yang dimiliki atau dikendalikan oleh perusahaan lain. Pemilikan atau pengendalian tidak perlu secara mutlak tetapi harus melalui suatu mayoritas.

Substitute (Substitusi) adalah dua komoditi merupakan substitusi satu sama lain bila keduanya memenuhi kebutuhan atau keinginan yang sama; tingkat substitusi diukur oleh besarnya elastisitas silang positif antara kedua komoditi tersebut.

Suku Bunga adalah pendapatan dari tabungan yang dilakukan masyarakat, yang dinyatakan dalam persentasi dari jumlah tabungan yang dibuat.

Suku Bunga Bank adalah suku bunga atau diskonto yang ditentukan oleh bank.

Sumber Kekayaan Bersama adalah sumber daya alam yang tidak dimiliki oleh siapa pun dan dapat digunakan oleh siapa saja.

Suntikan adalah aliran keuangan yang memasuki aliran perbelanjaan ke sektor perusahaan.

Suntikan dalam Perekonomian Terbuka adalah suntikan aliran masuk ke dalam sirkulasi aliran pendapatan. Dalam perekonomian terbuka suntikan itu meliputi tiga jenis pengeluaran yaitu investasi, pengeluaran pemerintah dan ekspor.

Support Level adalah suatu titik atau level harga di mana harga saham yang sedang turun, tak lagi menurun dan arah pergerakannya berubah menjadi mendatar atau naik. Lawannya adalah Resistance Level.

Surat Utang Bank adalah kertas berharga yang diterbitkan bank-bank komersial.

Surplis Konsumen adalah kelebihan kenikmatan konsumen dalam mengkonsumsi sesuatu barang apabila dibandingkan dengan pembayaran yang perlu dilakukan untuk memperoleh barang tersebut.

Surplus atau Surplus Anggaran adalah pendapatan diatas pengeluaran.

Surplus Konsumsi adalah selisih antara nilai total yang ditempatkan konsumen pada semua unit komoditi tertentu yang dikonsumsi.

Surplus Neraca Anggaran adalah situasi dimana penerimaan pada transaksi berjalan dan neraca modal melebihi pembayaran.

Systemic Risk adalah risiko yang disebabkan dialaminya permasalahan likuiditas atau kredit oleh salah satu pihak dalam sistem pembayaran, menyebabkan kesulitan yang sama pada keseluruhan sistem.

Semoga artikel mengenai istilah-istilah ekonomi dalam Abjad S diatas dapat bermanfaat untuk anda. Bila anda mempunyai istilah ekonomi yang belum ada dalam artikel ini, silahkan menambahkan dalam kolom komentar.

Istilah-istilah ekonomi dalam Abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Istilah-Istilah Dalam Ekonomi (S)"

Post a Comment