Istilah-Istilah Dalam Ekonomi (G)



Berikut ini adalah istilah dan arti kata atau definisi yang sering dipakai dalam dunia Ekonomi, baik itu Perbankan, Ekonomi Mikro dan Ekonomi Macro dalam abjad G. Dalam artikel ini, istilah-istilah ekonomi yang saya berikan menggunakan bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Untuk memudahkan pencarian, saya bagi menjadi beberapa halaman sesuai abjad. Gunakan CTRL+F  untuk memudahkan pencarian perhalaman.

Istilah-istilah ekonomi dalam Abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Garis Anggaran adalah garis disuatu grafik yang sumbu – sumbunya menggambarkan kombinasi barang yang bisa dibeli oleh konsumen menurut pendapatan.

Garis Anggaran Pengeluaran adalah suatu kurva yang berbentuk garis lurus yang menggambarkan kombinasi dua barang yang dapat dibeli oleh sejumlah tertentu pendapatan.

Garis Batas Kemungkinan Utilitas adalah grafik yang melukiskan utilitas atau kepuasan dari dua konsumen yang masing – masing diukur pada setiap sumbu.

Garis Harga Konsumsi adalah suatu kurva yang menggambarkan perubahan kombinasi dua barang yang akan dibeli apabila tingkat harga mengalami pertambahan.

Garis Harga Pendapatan adalah suatu kurva yang menggambarkan perubahan kombinasi dua barang yang akan dibeli apabila pendapatan konsumen mengalami perubahan.

General Trade (Sistem Perdagangan Umum) adalah sistem perdagangan internasional yang dilakukan penduduk suatu negara, termasuk penduduk yang tinggal di kawasan berikat (bonded zone) karena kawasan berikat dianggap sebagai bagian dalam negeri.

Gerakan Pajak Tunggal adalah gerakan di abad XIX yang dipelopori oleh Henry George yang beranggapan bahwa berkelanjutan kemiskinan ditengah kemajuan ekonomi yang mantap.

Gerakan Sepanjang Kurva Penawaran adalah hubungan antara tingkat harga dengan kuantitas yang ditawarkan mengalami perubahan sepanjang kurva penawaran. Perubahan seperti ini berlaku sebagai akibat perubahan harga.

Gerakan Sepanjang Kurva Permintaan adalah hubungan antara tingkat harga dengan kuantitas yang diminta mengalami perubahan sepanjang kurva permintaan. Perubahan seperti ini berlaku sebagai akibat perubahan harga.

Giro adalah simpanan dana pihak ketiga pada bank yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, bilyet giro, surat perintah bayar lainnya serta media lainnya, seperti ATM, lazim disebut Rekening Koran.

Giro Wajib Minimum (GWM) adalah simpanan minimum yang harus dipelihara oleh Bank dalam bentuk saldo giro pada Bank Indonesia yang besarnya ditetapkan oleh Bank Indonesia sebesar persentase tertentu dari dana pihak ketiga Bank.

GNP Nominal adalah nilai dari seluruh jasa dan barang jadi yang diproduksi dalam kurun waktu tertentu oleh suatu Negara pada pasar.

GNP potensial adalah tingkat GNP maksimum yang dapat dipertahankan pada suatu tingkat teknologi dan populasi tertentu, yang dapat dicapai dengan toleransi angka penggangguran sekitar 3% hingga 9%.

GNP Riil adalah GNP nominal yang telah dikoreksi dengan faktor inflasi, yaitu GNP nominal / deflator GNP.

Go Public (Penawaran Umum Saham) adalah setiap usaha untuk menjual, menawarkan untuk melepaskan hak atas saham dengan pembayaran. Perusahaan dapat go public dengan menjual saham baru yang berasal dari modal dasar, maupun saham lama yang berasal dari modal yang disetor. Di Indonesia perusahaan yang menjual obligasi termasuk go public

Gold Bonds (Obligasi Dengan Klausal Emas) adalah pinjaman obligasi yang diikat dengan klausal emas, menetapkan bahwa dalam hal nilai uang pada saat pembayaran bunga pinjaman ternyata lebih rendah dari nilai pada saat pinjaman dilakukan, maka pemegang obligasi mempunyai hak untuk meminta pembayaran dalam bentuk emas atau sejumlah uang yang nilainya sama dengan emas

Government Debt (Utang Pemerintah) adalah total kewajiban pemerintah dalam bentuk obligasi dan pinjaman jangka pendek.

Grace Period adalah tenggang waktu penggantian klaim asuransi, lazimnya berlangsung selama 30 hari.

Grace Period (Masa Tanggung) adalah waktu penangguhan pengembalian pokok pinjaman dan atau bunga selama jangka waktu yang kira-kira diperlukan guna mencapai akselerasi penanaman modal.

Grand Strategy adalah pokok-pokok strategi yang menjadi pijakan, acuan, dan pendekatan (misalnya suatu organisasi / pengorganisasian) dalam rangka pencapaian tujuan-tujuan strategis dan atau memperbaiki posisi strategis (organisasi / pengorganisasian yang bersangkutan).

Green papers adalah makalah-makalah diskusi yang dipublikasikan oleh Komisi Eropa menyangkut bidang kebijakan tertentu; biasanya disampaikan kepada pihak tertentu (organisasi ataupun individu) yang diundang untuk berpartisipasi dalam proses konsultasi atau debat, dan terkadang menjadi suatu yang harus disiapkan untuk legislasi tertentu.

Gross Domestic Product (Produk Domestik Bruto / PDB) adalah total pendapatan yang diterima oleh faktor-faktor produksi dalam kegiatan proses produksi disuatu negara selama satu periode (setahun)

Gross Domestic Product Growth Rate adalah laju pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) atas dasar harga konstan diperoleh dengan mengurangi nilai pada tahun ke-n dengan nilai pada tahun ke (n-1) dibagi dengan nilai pada tahun ke (n-1) dikalikan dengan 100 persen. Laju pertumbuhan PDB menunjukkan tingkat perkembangan riil dari agregat pendapatan untuk masing-masing tahun dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Gross National Product (Produk Nasional Bruto) adalah merupakan produk domestik bruto ditambah dengan pendapatan faktor neto dari luar negeri. Pendapatan faktor neto itu sendiri merupakan pendapatan atas faktor produksi (tenaga kerja dan modal) milik penduduk suatu negara yang diterima dari luar negeri dikurangi dengan pendapatan yang sama milik penduduk asing yang diperoleh dari negara tersebut yang harus dibayarkan ke luar negeri.

Growth Fund (Dana Tumbuh) adalah saham reksa dana yang ditanamkan pada Growth Stock. Tujuannya adalah untuk memberikan apresiasi modal bagi pemegangnya untuk jangka panjang. Dana tumbuh ini biasanya lebih mudah berubah (volatiles) dibandingkan dengan fund (dana) yang lain seperti Reksa Dana pasar uang (money market fund), Reksa Dana dengan pendapatan konservatif (conservative income fund). Dan ini naik lebih cepat pada saat pasar sedang naik dan turun lebih cepat pada saat pasar sedang merosot. Saham-saham bertumbuh menunjukkan kemungkinan memperoleh hasil yang lebih baik, ditambah keuntungan tambahan modal yang bebas pajak melalui saham bonus atau pengeluaran tunai yang baru dengan harga jauh dibawah harga pasar.

Growth Stock (Saham Tumbuh) adalah saham yang memberikan dividen yang tidak terlalu besar tetapi apresiasi kapital lebih cepat dari pada perusahaan lain pada umumnya. Disamping itu nilainya meningkat lebih pesat dari pada saham-saham sejenis, atau berkembang lebih pesat dari pada rata-rata industri.

Guarantee (Penanggung) adalah pihak yang menanggung pembayaran kembali jumlah pokok dan atau bunga emisi obligasi, atau sekuritas kredit dalam hal emiten cidera janji

Semoga artikel mengenai istilah-istilah dalam ekonomi (Abjad G) diatas dapat bermanfaat untuk anda. Bila anda mempunyai istilah ekonomi yang belum ada dalam artikel ini, silahkan menambahkan dalam kolom komentar.

Istilah-istilah ekonomi dalam Abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Istilah-Istilah Dalam Ekonomi (G)"

Post a Comment