Istilah-Istilah Dalam Ekonomi (U)



Berikut ini adalah istilah dan arti kata atau definisi yang sering dipakai dalam dunia Ekonomi, baik itu Perbankan, Ekonomi Mikro dan Ekonomi Macro dalam abjad U. Dalam artikel ini, istilah-istilah ekonomi yang saya berikan menggunakan bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Untuk memudahkan pencarian, saya bagi menjadi beberapa halaman sesuai abjad. Gunakan CTRL+F  untuk memudahkan pencarian perhalaman.

Istilah-istilah ekonomi dalam Abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Uang Giral adalah terdiri atas rekening giro, kiriman uang, simpanan berjangka dan tabungan yang sudah jatuh waktu, yang seluruhnya merupakan simpanan penduduk dalam rupiah pada sistem moneter.

Uang Hangus adalah uang anggaran yang tersisa atau tidak habis terpakai karena melampaui batas waktu yang telah ditentukan (biasanya harus dikembalikan kepada pemerintah).

Uang Jaminan adalah uang yang diterima oleh penjual dari pembeli sebagai jaminan pelaksanaan pembayaran harga barang yang dibeli dimasa yang akan datang.

Uang Kartal adalah uang yang terdiri atas uang kertas dan uang logam yang berlaku, tidak termasuk uang kas pada KPKN dan bank umum.

Uang Kertas Bank adalah janji yang dibuat oleh bank untuk membayar kepada seseorang, diterbitkan berdasarkan undang-undang dan berlaku sebagai alat bayar.

Uang Kuasi adalah uang yang terdiri atas simpanan berjangka dan tabungan penduduk pada bank umum, baik dalam Rupiah maupun valuta asing.

Uang Primer adalah kewajiban otoritas moneter yang terdiri atas uang kartal. Reserve bank umum (sering disebut alat likuid bank umum yang terdiri atas kas bank umum dan giro bank umum pada Bank Indonesia), serta giro swasta bukan bank (penduduk) pada Bank Indonesia.

Uang Yang Diedarkan (UYD) adalah uang kartal yang berada di masyarakat ditambah dengan uang kartal yang berada di kas bank-bank. Pengertian UYD dimaksud sama dengan uang kartal di dalam konsep moneter.

Undercapitalization adalah situasi dimana suatu perusahaan tidak memiliki modal yang cukup untuk melaksanakan usaha pokoknya secara normal.

Undervalued (Penilaian Rendah) adalah Efek yang dijual dibawah nilai likuidasinya atau nilai pasar yang seharusnya diterima oleh pemegang saham. Hal ini terjadi karena industrinya kurang populer, perusahaan yang kurang dikenal atau perusahaan tersebut mempunyai pendapat yang tidak menentu di masa lalu.

Underwriter (Penjamin Emisi) adalah Suatu Badan (Perusahaan Sekuritas) atau Lembaga Penunjang dalam proses Emisi Efek, yang selanjutnya bertindak untuk melaksanakan penjaminan atas keberhasilan penjualan Emisi Efek tersebut.

Unit Of Trading (Unit Perdagangan) adalah standard jumlah saham atau obligasi yang diperkenankan untuk diperdagangkan di bursa efek.

Unloading adalah penjualan efek yang dilakukan pada saat harga sedang turun dengan tujuan untuk menghindari kerugian lebih banyak.

Unpaid Dividend (Dividen Tunggak) adalah dividen yang telah diumumkan oleh dewan direksi suatu perusahaan tetapi belum dibayar pada saat pembayaran diumumkan.

Unqualified Opinion (Wajar Tanpa Syarat) adalah pernyataan pendapat akuntan publik setelah memeriksa dan meneliti laporan keuangan perseroan yang memperlihatkan tidak ada hal-hal disembunyikan dalam penyajian laporan keuangan tersebut.

Unsecured Debt adalah obligasi yang tidak dijaminkan oleh agunan apapun dari perusahaan yang menerbitkan. Biasa disebut Debenture.

Upah Riil adalah kemampuan upah yang diterima pekerja untuk membeli barang dan jasa. Upah riil ditentukan berdasarkan kepada tingkat harga yang berlaku pada tahun dasar.
Upah Uang / Nominal adalah nilai dalam bentuk uang yang diterima pekerja sebagai imbalan dari melakukan suatu pekerjaan.

Upset Price adalah istilah yang digunakan di pasar lelang yang menunjukkan harga terendah yang bersedia ditawarkan oleh pemilik barang.

Upslooping Channel adalah bentuk saham yang sejajar ke atas, indikasi pasar akan bergerak pada range tersebut, demikian sebaliknya pada downsloping channel.

Upstairs Market adalah suatu amanat jual beli yang diselesaikan di dalam perusahaan perantara tanpa melalui bursa efek.

Semoga artikel mengenai istilah-istilah ekonomi dalam Abjad U diatas dapat bermanfaat untuk anda. Bila anda mempunya istilah ekonomi yang belum ada dalam artikel ini, silahkan menambahkan dalam kolom komentar.

Istilah-istilah ekonomi dalam Abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Istilah-Istilah Dalam Ekonomi (U)"

Post a Comment