Istilah-Istilah Dalam Ekonomi (D)



Berikut ini adalah istilah dan arti kata atau definisi yang sering dipakai dalam dunia Ekonomi, baik itu Perbankan, Ekonomi Mikro dan Ekonomi Macro dalam abjad D. Dalam artikel ini, istilah-istilah ekonomi yang saya berikan menggunakan bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Untuk memudahkan pencarian, saya bagi menjadi beberapa halaman sesuai abjad. Gunakan CTRL+F  untuk memudahkan pencarian perhalaman.

Istilah-istilah ekonomi dalam Abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Daerah Otonom adalah kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai batas-batas wilayah yang berwenang mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Daftar Bursa Berjangka dan Kontrak Berjangka Luar Negeri adalah Daftar Bursa Berjangka Luar Negeri dan Kontrak Berjangkanya yang ditetapkan Bappebti, yang dapat digunakan untuk penyaluran amanat dari nasabah dalam negeri

Dana Alokasi Khusus (DAK) adalah dana yang bersumber dari pendapatan APBN yang dialokasikan kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan daerah dan sesuai dengan prioritas nasional.

Dana Alokasi Umum (DAU) adalah dana yang bersumber dari pendapatan APBN yang dialokasikan dengan tujuan pemerataan kemampuan keuangan antar daerah untuk mendanai kebutuhan daerah dalam rangka pelaksanaan desentralisasi.

Dana Jaminan adalah dana yang harus disetorkan Pialang Berjangka kepada Bappebti sebagai salah satu syarat untuk menjadi Pialang Berjangka yang berhak menyalurkan amanat Nasabah ke Bursa Berjangka luar negeri, yang digunakan untuk membayar ganti rugi Nasabah akibat cidera janji yang dilakukan Pialang Berjangka yang bersangkutan

Dana Kompensasi adalah dana yang dihimpun Bursa Berjangka dari Pialang Berjangka yang digunakan untuk membayar ganti rugi kepada Nasabah bukan Anggota Bursa Berjangka karena cidera janji dan atau kesalahan yang dilakukan oleh Anggota Bursa Berjangka dalah kedudukannya sebagai Pialang Berjangka.

Dana Likuid adalah harta keuangan yang bebas resiko dan langsung dapat dikonversi menjadi uang.

Dana Pensiun (Pension Funds) adalah usaha yang bertujuan untuk memelihara kesejahteraan sosial karyawan perusahaan, melalui pemberian santunan hari tua / uang pensiun. Usaha ini biasanya didirikan oleh perusahaan dalam bentuk lembaga kesejahteraan social / yayasan dan berada dalam satu manajemen perusahaan yang bersangkutan, kegiatan utamanya adalah menghimpun dana dalam bentuk iuran / sumbangan yang berasal dari potongan gaji karyawan selama bekerja. Dana yang terkumpul tersebut digunakan untuk membayar tunjangan hari tua / pensiun karyawan.

Dana Perimbangan adalah dana yang bersumber dari pendapatan APBN yang dialokasikan kepada daerah untuk mendanai kebutuhan daerah dalam rangka pelaksanaan desentralisasi.

Dana Tugas Pembantuan adalah dana yang berasal dari APBN yang dilaksanakan oleh daerah yang mencakup semua penerimaan dan pengeluaran dalam rangka pelaksanaan Tugas Pembantuan.

Dana Uang adalah instrumen keuangan jangka pendek yang amat likuid yang dimliki oleh investor dimana suku bunganya tidak diatur.

Dasar Moneter adalah utang moneter netto pemerintah yang ada di masyarakat.

Date of Assigmment (Tanggal Alih Hak) adalah tanggal pengalihan hak milik sertifikat, saham dan stock (efek).

Date of Expiration adalah tanggal masa berlakunya kredit, perjanjian, atau komitmen (misalnya B/L, izin ekspor/impor) telah selesai.

Date of Issuance (Hari Emisi) adalah tanggal emisi sekuritas baru, baik yang dikeluarkan untuk penawaran umum maupun untuk penawaran waran terbatas (Lihat penawaran terbatas dan penawaran umum).

Date of Maturity adalah tanggal jatuh tempo.

Date of Record adalah tanggal terakhir dimana seorang investor harus mencatatkan kepemilikan sahamnya dalam Daftar Pemegang Saham (DPS).

Day Order (Amanat Sehari) adalah amanat jual beli sekuritas yang hanya berlaku pada hari amanat diberikan. Kalau tidak terlaksana pada hari itu berarti batal.

Dead Cat Bounce adalah istilah dalam analisa perdagangan saham yang secara langsung dapat diterjemahkan sebagai ”mentalnya kucing yang mati”. Ini menggambarkan pemulihan harga sementara dari pasar atau suatu saham ditengah penurunan yang berkepanjangan atau bear market. Artinya, rebound yang dialami oleh pasar atau suatu saham setelah mengalami kejatuhan harga, sebenarnya hanya sementara karena pasar atau saham tersebut masih akan terus jatuh.

Deadweight Loss adalah kerugian secara keseluruhan (net loss) dalam kesejahteraan ekonomi masyarakat yang disebabkan oleh distorsi tertentu (misalnya intervensi tertentu oleh pemerintah), yang dihitung atas seluruh kerugian yang dialami oleh pihak yang merugi dalam masyarakat dikurangi dengan seluruh manfaat / perbaikan (gains) yang didapat oleh pihak yang diuntungkan dalam masyarakat. Ini biasanya dihitung dalam bentuk perubahan dalam consumer & producer surplus bersama dengan pendapatan / pengeluaran pemerintah dalam analisis supply-demand

Dealer adalah perorangan atau badan usaha yang berizin untuk melakukan usaha di bidang pembelian dan penjualan efek atau transaksi dalam mata uang valuta asing atas tanggungan sendiri, lazim disebut Pedagang Efek atau Pedagang Valuta Asing (Valas).

Dealer Besar adalah perorangan atau badan usaha yang ditunjuk untuk melakukan kegiatan perdagangan partai besar barang-barang dari satu merek dagang tertentu yang dimiliki / dikuasai oleh pemegang Merek atau Agen Tunggal Pemegang Merek

Dealing In Securities (Melakukan Kegiatan Atas Efek) adalah Pembelian, Penjualan atau Penawaran untuk membeli atau menjual efek untuk kepentingan sendiri atau pihak lain.

Debenture Bonds (Obligasi Tanpa Jaminan) Debenture Bonds menurut pengertian di Amerika Serikat adalah pinjaman obligasi tanpa adanya suatu jaminan (asked debenture) tetapi di Inggris harus ada jaminannya

Debit adalah istilah akuntansi untuk menjelaskan pertambahan dalam aktiva atau pengurangan dalam pasiva.

Debitor (Debitur) adalah orang atau badan yang berhutang kepada orang atau badan lain.

Declaration Date (Hari Dividen) adalah tanggal pembayaran dividen yang diumumkan melalui surat kabar atau surat kepada pemegang saham.

Declaration of Dividend (Pernyataan Tentang Dividen) adalah pengumuman resmi direksi perusahaan kepada para pemegang saham tentang besarnya dividen yang dapat dibayarkan.

Default (Kelalaian) adalah kegagalan untuk memenuhi kewajiban berdasarkan perjanjian, seperti lalai membayar pada saat yang diperjanjikan.

Deferred Bond (Obligasi Tunda) adalah obligasi yang ditunda pembayaran bunganya atas persetujuan debitur dan kreditur, dapat pula dalam arti seperti dividen yang sudah diumumkan dan dicatat sebagai utang tetapi pembayarannya baru dapat dilakukan setelah jangka waktu yang ditentukan.

Deferred Income (Pendapatan Tertunda) adalah pendapatan usaha yang pada penutupan buku masih berupa tagihan seperti hasil penjualan yang masih akan diterima kemudian.

Deficiency Letter (Memo Pelengkap) adalah pemberitahuan tidak resmi dari pihak yang berwenang kepada pendaftar agar melengkapi beberapa syarat pendaftaran

Deficit (Defisit) adalah kekurangan anggaran belanja suatu badan usaha, atau pengeluaran biaya besar dibanding penerimaan pendapatan.

Defisit Anggaran berlaku dipemerintahan, defisit anggaran adalah kelebihan total belanja dari total penerimaan.

Defisit Anggaran Belanja adalah belanja pemerintah untuk barang, jasa, dan pembayaran transfer yang melebihi penerimannya dari pajak dan dan sumber pendapatan.

Deflasi adalah penurunan tingkat harga secara umum

Dekonsentrasi adalah pelimpahan wewenang pemerintahan oleh Pemerintah (Pusat) kepada Gubernur sebagai wakil pemerintah dan atau kepada instansi vertikal di wilayah tertentu.

Delayed Opening (Perdagangan Tertunda) adalah waktu perdagangan di bursa yang tertunda.

Delisting (Penghapusan Pencatatan) adalah penghapusan Efek dari daftar Efek yang tercatat di Bursa sehingga Efek tersebut tidak dapat diperdagangkan di Bursa.

Delivery Bill (Bukti Serah) adalah pemberitahuan kepada bagian kas untuk menyerahkan sekuritas kepada makelar lain.

Demand Pull Inflation adalah inflasi harga yang diakibatkan oleh kelebihan permintaan dari persediaan barang yang ada.

Demand Deposit (Giro) adalah simpanan pada bank yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, surat perintah pembayaran lain, atau dengan cara pemindah bukuan.

Demografi adalah studi mengenai perilaku populasi.

Denomination (Kopur / Denominasi) adalah lembaran sekuritas yang bernilai nominal tertentu seperti nilai Rp 10.000,- , Rp15.000,- dan seterusnya.

Deposite Premium (Premi Pertama atau Premi Pendahuluan) lazim disebut premi sementara, yakni jumlah premi yang harus dibayar pemegang polis.

Deposito Berjangka (Time Deposit ) adalah simpanan pada bank yang penarikannya hanya dapat dilakukan setelah jangka waktu yang diperjanjikan atau setelah pemberitahuan sebelumnya. Penarikan sebelum jatuh tempo dikenai denda.

Depreciation (Penyusutan Atau Penghapusan) adalah pengurangan atas nilai aktiva tetap karena pemakaian, kemerosotan dan lain-lain; seperti jumlah yang dibebankan untuk sebagian dari biaya atau nilai buku dari suatu harta tetap yang tidak dapat diterima kembali pada waktu harta tetap tersebut tidak dipergunakan lagi.

Depreciation Fund (Dana Penyusutan) adalah uang atau sekuritas lancar yang disisihkan untuk tujuan penyusutan harta tetap.

Depresi adalah periode berkepanjangan dimana tingkat pengangguran sangat tinggi, tingkat output dan investasi yang rendah, penurunan harga dan kegagalan usaha secara luas.

Depresiasi mata uang adalah mata uang sebuah Negara dikatakan didepresiasi apabila nilainya menurun dibandingkan dengan mata uang lainnya.

Depresiasi Penyusutan Aktiva adalah penurunan nilai suatu aktiva

Derived Demand (Permintaan Turunan) adalah permintaan akan suatu faktor produksi yang disebabkan oleh permintaan akan barang jadi yang dihasilkan faktor tersebut.

Desentralisasi adalah penyerahan wewenang pemerintahan oleh Pemerintah (Pusat) kepada daerah otonom untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Devaluasi adalah penurunan nilai resmi mata uang suatu Negara dibanding mata uang lainnya atau dibanding emas.

Development Bank (Bank Pembangunan) adalah bank yang dalam pengumpulan dananya terutama menerima simpanan dalam bentuk deposito dan atau mengeluarkan kertas berharga jangka menengah dan panjang dan yang dalam usahanya terutama memberikan kredit jangka menengah dan panjang di bidang pembangunan. (Undang-Undang Pokok-Pokok Perbankan).

Development Finance Corporation (Lembaga Pembiayaan Pembangunan) adalah lembaga keuangan yang (usaha utamanya) memberikan kredit jangka menengah dan panjang serta penyertaan modal di dalam perusahaan.

Diferensiasi Produksi adalah kebijakan suatu perusahaan yang pada dasarnya mengeluarkan suatu jenis barang, tetapi kemudian dibedakan dari segi mutu, reka bentuk, kandungan bahan mentah, dan pengemasan yang berlainan.

Diferensiasi produk adalah adanya karakteristik khusus yang mengakibatkan barang – barang yang sebenarnya sama jadi tidak bisa sepenuhnya merupakan subsitusi satu dengan yang lainnya.

Difusi Teknologi (Difusi Inovasi) adalah kegiatan adopsi dan penerapan hasil inovasi secara lebih ekstensif oleh penemunya dan atau pihak-pihak lain dengan tujuan untuk meningkatkan daya guna potensinya (UU No. 18 tahun 2002). Proses adopsi inovasi dalam pemanfaatan pada seluruh ekonomi, menyebar dari sumber atau tempat awalnya ke tempat-tempat lainnya.

Dilution (Dilusi) adalah pengurangan hasil / hak sekuritas karena jumlah yang dikeluarkan melebihi semestinya, atau karena adanya pembelian hak opsi untuk memperoleh sekuritas tersebut.

Direct Taxes (Pajak Langsung) adalah pajak yang langsung dibebankan pada perusahaan atau individu, termasuk pajak terhadap pendapatan dan laba.

Directors (Para Direktur) adalah orang-orang yang dipilih oleh para pemegang saham dan bertanggung jawab atas pelaksanaan tujuan dari perusahaan.

Direktur Kepatuhan (Compliance Director) adalah anggota direksi Bank atau anggota pimpinan kantor cabang bank asing yang ditugaskan untuk menetapkan langkah-langkah yang diperlukan guna memastikan kepatuhan Bank terhadap peraturan Bank Indonesia, peraturan perundang-undangan lain yang berlaku dan perjanjian serta komitmen dengan Bank Indonesia.

Dis Agio adalah selisih harga dibawah nilai nominal sekuritas.

Disclaimer Opinion (Pernyataan Penolakan Akuntan) adalah akuntan publik menolak memberikan pendapat atas laporan keuangan yang diperiksanya karena banyak menemukan pembatasan dalam pemeriksaan.

Discount (Diskonto) adalah jumlah yang dikurangkan dari pada nilai nominal sekuritas, karena diperjual belikan sebelum hari tunainya.

Discount Fleet adalah potongan harga yang diberikan kepada calon pemegang polis yang sekaligus menyepakati 10 kontrak.

Discount rate adalah suku bunga bank sentral sebagai ongkos bank untuk meminjam cadangan.

Disekuilibrium adalah keadaan perekonomian yang sedang tidak berada pada keadaan seimbang.

Disembodied Technology adalah teknologi dalam “bentuk” muatan pengetahuan / teknologi yang terpisah dari peralatan / mesin atau wujud “perangkat” lainnya. Kelompok teknologi misalnya adalah paten, invensi non-paten (non- patents inventions), lisensi, pengetahuan yang disampaikan kepada umum (disclosures of know-how), merek dagang, desain, pola, dan jasa dengan suatu muatan teknologi.

Disinflasi adalah proses penurunan tingkat inflasi yang tinggi

Diskonto Pendapatan Masa Depan adalah proses konversi pendapatan masa depan kenilai sekarang yang ekuivalen

Diskriminasi adalah perbedaan pendapatan yang diakibatkan oleh sifat pribadi yang tidak berhubungan dengan pekerjaan

Disposable Income (Pendapatan Bebas) adalah pendapatan yang sudah siap untuk dibelanjakan.

Distribusi adalah semua kegiatan yang ditunjukan untuk menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen

Distributor Utama (Main Distributor) adalah perorangan atau badan usaha yang bertindak atas namanya sendiri yang ditunjuk oleh pabrik atau pemasok untuk melakukan pembelian, penyimpanan, penjualan serta pemasaran barang dalam partai besar secara tidak langsung kepada konsumen akhir terhadap barang yang dimiliki / dikuasai oleh pihak lain yang menunjuknya

Diversification (Diversifikasi) adalah cara menanam modal dengan membeli sekuritas yang terbagi-bagi perusahan untuk menyebar risiko yang mungkin terjadi

Divestment (Divestasi) adalah divestasi tindakan penarikan kembali penyertaan modal yang dilakukan oleh Perusahaan Pasangan Usahanya atau lawan dari investasi, misalnya penjualan atau pelepasan saham oleh pemegang saham lama. Apabila pemilik lama saham menjual sahamnya kepada masyarakat atau publik. Hasil penjualannya tidak dimasukkan sebagai pendapatan perusahaan, akan tetapi ke dalam kekayaan kontan pemilik yang menjual sahamnya. Dikatakan juga bahwa divestasi adalah membuat tunai, untuk merealisasikan nilai tunai bursa hasil penjualan sahamnya. Yang dijual bukan saham cetakan baru akan tetapi saham lama sebelum perusahaannya go public. Hasilnya berupa capital gain dikenakan pajak 15% sesuai UU Pajak yang berlaku.

Dividen adalah bagian laba atau pendapatan perusahan yang ditetapkan oleh direksi (dan disahkan oleh rapat pemegang saham) untuk dibagikan kepada pemegang saham. Pembayarannya diatur berdasarkan ketentuan yang berlaku pada jenis saham yang ada.

Dividen Akhir (Final Divident) adalah dividen yang pembayarannya harus dilakukan pada akhir tahun.

Dividen Semu adalah dividen yang diputuskan oleh RUPS tetapi tidak dibayarkan.

Dividend Disbursing Agent (Badan Pembayaran Dividen) adalah bank atau badan yang bertugas membayar dividen kepada pemegang saham.

Dividend Payment (Pembayaran Dividen) adalah amanat kepada emiten untuk membayarkan dividen kepada pihak lain yang ditanda tangani oleh pemegang saham

Dividend Payout Ratio (Rasio Pembayaran Dividen) adalah persentase tertentu dari laba perusahaan yang dibayarkan sebagai dividen kas kepada pemegang saham

Dividend Record (Catatan Dividen) adalah catatan jumlah dividen yang dibayarkan selama lima tahun berturut-turut. Dalam catatan tersebut termasuk tunggakan, kalau ada, serta cara pembayaran.

Dividend Yield (Hasil Dividen) adalah hasil dividen yang dalam bahasa asingnya disebut “Dividen Yield” tergantung pada tingkat dividen serta harga yang anda bayar untuk saham. Misalkan anda membeli 100 saham PT. Makmur @Rp.150,- jika perusahaan membayar dividen Rp 9,- per saham, maka hasil dividen yang ada terima adalah 6%. (Rp 9 : Rp 150)

Divisia M2 adalah suatu alternatif indikator uang beredar yang mencerminkan likuiditas perekonomian. Indeks Divisia dibentuk dari penjumlahan tertimbang komponen aset uang beredar, dimana timbangan ditentukan oleh likuiditas dari suatu aset. Semakin tinggi suku bunga yang ditawarkan suatu aset, semakin besar kemungkinan aset tersebut digunakan untuk tujuan menabung daripada digunakan untuk tujuan transaksi sehingga semakin rendah bobotnya dalam difinisi uang beredar.

Dokumen Keterangan Perusahaan adalah dokumen yang disampaikan oleh Pialang Berjangka kepada Nasabah, oleh Penasehat Berjangka kepada klien, dan oleh Pengelola Sentra Dana Berjangka kepada calon peserta Sentra Dana Berjangka, yang antara lain memuat keterangan mengenai organisasi dan kepengurusan perusahaan tersebut.

Dokumen Pemberitahuan Adanya Resiko adalah dokumen yang disampaikan oleh Pialang Berjangka kepada Nasabah, oleh Penasehat Berjangka kepada klien, dan oleh Pengelola Sentra Dana Berjangka kepada calon perserta Sentra Dana Berjangka, yang menjelaskan segala resiko yang mungkin dihadapi nasabah, klien, atau calon peserta Sentra Dana Berjangka

Semoga artikel mengenai istilah-istilah ekonomi dalam Abjad D diatas dapat bermanfaat untuk anda. Bila anda mempunyai istilah ekonomi yang belum ada dalam artikel ini, silahkan menambahkan dalam kolom komentar.

Istilah-istilah ekonomi dalam Abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Istilah-Istilah Dalam Ekonomi (D)"

Post a Comment