Istilah-Istilah Dalam Ekonomi (N)



Berikut ini adalah istilah dan arti kata atau definisi yang sering dipakai dalam dunia Ekonomi, baik itu Perbankan, Ekonomi Mikro dan Ekonomi Macro dalam Abjad N. Dalam artikel ini, istilah-istilah ekonomi yang saya berikan menggunakan bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Untuk memudahkan pencarian, saya bagi menjadi beberapa halaman sesuai abjad. Gunakan CTRL+F  untuk memudahkan pencarian perhalaman.

Istilah-istilah ekonomi dalam Abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

National Debt (Hutang Nasional) adalah volume hutang pemerintah pusat yang sedang berjalan.

National Income (Pendapatan Nasional) adalah produk nasional neto atas dasar biaya faktor produksi; Secara umum, nilai total output dan nilai pendapatan yang ditimbulkan oleh produksi output tersebut.

Negara Berkembang adalah negara-negara yang berpendapatan rendah dibawah Negara maju.

Negara Maju adalah negara-negara berpendapatan tinggi di dunia.

Negotiated Market (Pasar Bernegosiasi) adalah pasar tempat transaksi jual-beli Efek secara langsung antara pembeli dan penjual sehingga terbentuk harga.

Neraca adalah daftar yang menyajikan secara singkat posisi harta benda dan utang suatu perusahaan / unit ekonomi pada suatu saat tertentu.

Neraca adalah laporan keuangan yang menunjukan kekayaan perusahaan dan kewajiban terhadap kekayaan itu pada saat tertentu.

Neraca Keuangan adalah laporan keuangan yang biasa digunakan untuk mengambil sebuah keputusan bisnis.

Neraca Modal adalah bagian dari perkiraan neraca pembayaran yang mencatat pembayaran / penerimaan yang timbul dari impor dan ekspor modal keuangan jangka panjang dan jangka pendek.

Neraca Pembayaran adalah suatu ringkasan pembukuan yang menunjukkan aliran pembayaran yang dilakukan dari negara-negara lain ke dalam negeri, dan dari dalam negeri ke negara-negara lain dalam satu tahun tertentu.

Neraca Perdagangan adalah menggambarkan nilai ekspor dan impor barang serta perbedaannya dalam suatu tahun tertentu.

Net Asset Value / NAV (Nilai Aktiva Bersih Dari Reksa Dana) adalah nilai pasar yang wajar dan kekayaan lain dari Reksa Dana dikurangi seluruh kewajibannya.

Net Domestic Asset (NDA) adalah tagihan bersih otoritas moneter atau sektor moneter kepada sektor swasta domestik. NDA otoritas moneter terdiri dari tagihan bersih kepada pemerintah (NCG), kredit likuiditas Bank Indonesia (KLBI), bantuan likuiditas Bank Indonesia (BLBI), tagihan lainnya, operasi pasar terbuka (OPT), dan lainnya bersih (Net other items/NOI). Sementara itu, NDA sistem moneter terdiri dari tagihan bersih kepada pemerintah (Net claim on Government/NCC), tagihan kepada sektor usaha, dan lainnya bersih (NOI).

Net Inflow adalah uang yang diedarkan inflow lebih besar dari outflow.

Net Interest Margin (NIM) adalah selisih nominal antara pendapatan bunga dengan biaya bunga.

Net International Reserve (NIR) adalah tagihan bersih otoritas moneter kepada sektor luar negeri yang terdiri dari liquit reserve (seperti securities, foreign deposit, gold, bank notes), dan other reserve (seperti export drafts). NIR sering disebut sebagai cadangan devisa bersih Pemerintah.

Net National Product adalah Produk nasional neto merupakan produk nasional bruto dikurangi dengan seluruh penyusutan atas barang-barang modal tetap yang digunakan dalam proses produksi selama satu periode (setahun)

Net National Product at Factor Cost (Produk Nasional Neto Atas Dasar Biaya Faktor Produksi) adalah produk nasional neto atas dasar harga pasar dikurangi dengan pajak tidak langsung neto. Pajak tidak langsung neto merupakan pajak tidak langsung yang dipungut pemerintah dikurangi dengan subsidi pemerintah. Baik pajak tidak langsung maupun subsidi, kedua-duanya dikenakan terhadap barang dan jasa yang diproduksi atau dijual.

Net Worth adalah jumlah dari modal disetor, cadangan modal, laba tahun lalu dan laba tahun berjalan.

Netting adalah kegiatan kliring yang menimbulkan hak dan kewajiban bagi setiap anggota kliring untuk menyerahkan atau menerima saldo Efek tertentu untuk setiap jenis Efek yang ditransaksikan dan untuk menerima atau membayar sejumlah uang untuk seluruh Efek yang ditransaksikan.

Network Capital (Modal Kerja) adalah modal yang diinvestasikan dalam aktiva lancar.

New Clasiccal Economics adalah teori ekspansi rasional berpendapat bahwa semua jenis pasar beroperasi secara efisien dengan cepat membuat penyesuaian-penyesuaian ke atas perubahan yang berlaku.

New Share (Saham Baru) adalah saham yang berasal dari modal yang belum ditempatkan dan disetor penuh atau saham dalam portepel.

Nilai Buku adalah harga perolehan harta / aktiva tetap dikurangi akumulasi depresiasi; Harga perolehan saham / surat berharga dikurangi cadangn penurunan nilai surat berharga.

Nilai Guna adalah kepuasan yang diterima seseorang dari mengkonsumsi suatu barang. Konsep nilai guna dibedakan kepada nilai guna total dan nilai guna marijinal. Nilai guna total adalah jumlah kepuasan yang diperoleh dari mengkonsumsi sejumlah barang. Nilai guna total adalah jumlah kepuasan yang diperoleh dari mengkonsumsi sejumlah barang. Nilai guna marijinal adalah tambahan kepuasan yang diperoleh dari tambahan seunit barang yang dikonsumsi.

Nilai Kapitalisasi adalah nilai harta yang diukur berdasarkan nilai sekarang atas arus pendapatan yang diharapkan akan diperoleh.

Nilai Kapitalisasi Efek adalah hasil perkalian antara jumlah Efek dengan harga Efek tersebut.

Nilai Kerugian adalah nilai kerugian secara yang seharusnya diterima Nasabah termasuk bunga bila ada, dikurangi dengan biaya yang dikeluarkan Nasabah dalam rangka proses pengaduan dan penyelidikan tuntutan ganti rugi.

Nilai Kini adalah nilai kini dari sejumlah uang di masa yang akan datang.

Nilai Tambah adalah pertambahan nilai yang wujud ke atas suatu barang sebagai akibat dari pemrosesan terhadap barang tersebut atau kesan dari jasa untuk menjual barang tersebut.

Nilai Tukar adalah harga mata uang suatu Negara yang dinyatakan dalam mata uang lain dapat dibeli atau dijual.

Nilai Uang adalah kemampuan dari seunit uang untuk memperoleh barang dan jasa.

Nominal Capital (Modal Nominal) adalah jumlah modal saham dengan nama perusahaan terdapat dan dinyatakan dalam akta pendirian, (juga dikenal dengan Modal terdaftar atau Dasar)

Non Cumulative Preferred Stock adalah saham preferen yang tidak memberikan hak untuk mendapatkan dividen yang belum dibayar pada tahun-tahun yang lalu secara kumulatif.

Non Performing Loans (NPLs) adalah kredit-kredit yang tergolong non lancar dengan likuiditas Kurang Lancar, Diragukan atau Macet berdasarkan ketentuan Bank Indonesia tentang Kualitas Aktiva Produktif.

Normal Good (Barang Normal) adalah barang-barang yang mempunyai elastisitas pendapatan positif.

Notary (Notaris) adalah Pejabat Umum yang berwenang membuat akta otentik sebagaimana dimaksud dalam staatblad 1860 No.3 Tentang Peraturan Jabatan Notaris.

Semoga artikel mengenai istilah-istilah ekonomi dalam Abjad N diatas dapat bermanfaat untuk anda. Bila anda mempunyai istilah ekonomi yang belum ada dalam artikel ini, silahkan menambahkan dalam kolom komentar.

Istilah-istilah ekonomi dalam Abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Istilah-Istilah Dalam Ekonomi (N)"

Post a Comment