Istilah-Istilah Dalam Ekonomi (J)



Berikut ini adalah istilah dan arti kata atau definisi yang sering dipakai dalam dunia Ekonomi, baik itu Perbankan, Ekonomi Mikro dan Ekonomi Macro dalam Abjad J. Dalam artikel ini, istilah-istilah ekonomi yang saya berikan menggunakan bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Untuk memudahkan pencarian, saya bagi menjadi beberapa halaman sesuai abjad. Gunakan CTRL+F  untuk memudahkan pencarian perhalaman.

Istilah-istilah ekonomi dalam Abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Jangka Panjang adalah suatu periode dalam analisis kegiatan memproduksi firma-firma, yang memisalkan periode tersebut adalah cukup panjang dan memungkinkan firma-firma menambah semua faktor produksi yang diperlukan dalam operasinya.; Menggambarkan periode ketika perusahaan bebas masuk atau keluar dari suatu industri dan mengubah jumlah / saham modal

Jangka Pendek adalah suatu periode dalam analisis kegiatan memproduksi firma-firma, yang memisalkan bahwa dalam periode tersebut hanya satu faktor produksi saja (tenaga kerja) yang jumlahnya dapat diubah-ubah; Kurun waktu dimana semua faktor tidak dapat menyesuaikan diri secara penuh terhadap perubahan.

Jasa Setelah Penjualan adalah jasa yang diberikan oleh produsen kepada pembeli-pembeli produksinya pada ketika barang tersebut telah dijual dan digunakan oleh pembelinya.

Jasa-Jasa adalah bebagai bentuk pelayanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang dihasilkan oleh alam (misalnya pantai yang indah) atau dihasilkan dalam kegiatan produksi oleh faktor-faktor produksi.

JATS (Jakarta Automated Trading System) adalah sistem perdagangan Efek yang berlaku di Bursa untuk perdagangan yang dilakukan secara otomasi dengan menggunakan sarana computer.

JATS Trader adalah Direktur atau pegawai Anggota Bursa Efek yang telah memiliki izin orang perseorangan dari Bapepam sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek dan telah memperoleh Surat Persetujuan JATS Trader (SP-JATS) dari Bursa untuk mewakili Anggota Bursa Efek dalam melaksanakan perdagangan Efek di Bursa melalui JATS sesuai dengan Peraturan Bursa.

Jobber (Pembentuk Pasar) adalah pedagang besar yang membeli barang-barang dalam jumlah kecil dari produsen, importir atau pedagang besar lainnya, dan selanjutnya dijual kepada pengecer. Di London Stock Exchange, jobber disebut pembentuk pasar (market maker).

Joint Account adalah suatu penggabungan kepentingan dua pihak untuk membuka rekening bersama dengan ketentuan bahwa setiap transsaksi harus sepengetahuan dan ditanda tangani oleh dua pihak tersebut.

Joint Bond (Obligasi Jaminan Induk) adalah obligasi yang mempunyai lebih dari satu perusahaan untuk menjamin pelunasannya. Obligasi semacam ini sudah lumrah di luar negeri dimana perusahaan induk menjamin pelunasan obligasi yang diterbitkan anak perusahaannya.

Joint Ventura (Usaha Patungan) adalah persetujuan diantara dua pihak atau lebih untuk melakukan kerjasama di dalam suatu proyek, seringkali suatu joint venture dilakukan apabila perusahaan-perusahaan dengan teknologi yang saling melengkapi ingin menciptakan barang atau jasa yang akan saling memperkuat posisi masing-masing perusahaan. Suatu joint venture biasanya dibatasi pada suatu proyek.

Jumlah Ganti Rugi adalah jumlah uang yang harus dibayarkan oleh pialang berjangka berdasarkan keputusan badan peradilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang mengikat.

Jumlah Produksi Fisik adalah jumlah produksi yang diciptakan oleh suatu faktor produksi yang dapat ditambah menurut kebutuhan. Semakin banyak kuantitas faktor produksi tersebut digunakan, semakin tinggi tingkat produksi yang dicapai.

Junk Bond (Obligasi Berisiko) adalah obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan tanpa catatan yang jelas tentang penjualan dan keuntungan atau reputasinya masih dipertanyakan.

Semoga artikel mengenai istilah-istilah ekonomi dalam Abjad J diatas dapat bermanfaat untuk anda. Bila anda mempunya istilah ekonomi yang belum ada dalam artikel ini, silahkan menambahkan dalam kolom komentar.

Istilah-istilah ekonomi dalam Abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Istilah-Istilah Dalam Ekonomi (J)"

Post a Comment