Istilah-Istilah Dalam Ekonomi (O)



Berikut ini adalah istilah dan arti kata atau definisi yang sering dipakai dalam dunia Ekonomi, baik itu Perbankan, Ekonomi Mikro dan Ekonomi Macro dalam abjad O. Dalam artikel ini, istilah-istilah ekonomi yang saya berikan menggunakan bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Untuk memudahkan pencarian, saya bagi menjadi beberapa halaman sesuai abjad. Gunakan CTRL+F  untuk memudahkan pencarian perhalaman.

Istilah-istilah ekonomi dalam Abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Obligasi Bunga Variable adalah obligasi yang bunganya mengikuti tingkat bunga di pasar modal. Dalam hal tingkat bunga dipasar modal menaik, maka bunga kupon yang dibayarkan turut meningkat. Dalam hal tingkat bunga menurun, maka debitur mengizinkan pelunasan dipercepat atau melakukan konversi dengan pinjaman obligasi baru dengan bunga yang telah disesuaikan.

Obligasi Dengan Bunga Tetap adalah obligasi yang memberikan bunga tetap kepada pemiliknya yang dibayarkan setiap periode tertentu. Pada waktu jatuh tempo, pokok pinjaman dibayarkan kepada pemegang obligasi sekaligus.

Obligasi Dengan Bunga Tidak Tetap Atau Mengambang adalah obligasi yang memberikan bunga yang besarnya dapat ditetapkan dengan berbagai cara misalnya dikaitkan dengan indeks atau dengan tingkat bunga deposito atau tingkat bunga yang berlaku di pasaran luar negeri seperti Sibor atau Libor.

Obligasi Dengan Garansi adalah tidak saja pinjaman obligasi dapat dijamin dengan jaminan khusus akan tetapi disamping itu dapat juga diberikan garansi oleh pihak ketiga, yang pada umumnya diberikan oleh Negara.

Obligasi Dengan Jaminan Aktiva adalah obligasi yang dijamin dengan  aktiva perusahaan yang menerbitkan obligasi tersebut yang tujuannya apabila pada saat jatuh tempo obligasi tersebut tidak dapat dilunasi, maka jaminan yang bersangkutan dapat dipergunakan untuk membayarkan kembali bunga yang terhutang termasuk jumlah pinjamannya.

Obligasi Dengan Klausal Pilihan / Opsi Valuta Asing adalah obligasi yang menetapkan lebih dulu pelunasannya dalam beberapa macam valuta (Dolar, Pound Sterling dll). Pada saat pelunasan, bunga dan cicilannya dibayar dalam valuta yang diinginkan oleh pemegang didasarkan pada kurs paritas yang telah ditetapkan terlebih dalulu.

Obligasi Dengan Premi adalah obligasi yang memberikan bunga yang lebih rendah dari obligasi biasa.

Obligasi Index (Obligasi Indeksasi) adalah obligasi yang bunga dan cicilannya dikaitkan pada indeks biaya hidup yang bertujuan untuk melindungi obligasi dari penurunan daya beli.

Obligasi Niragun adalah obligasi yang tidak dijamin dengan harta tertentu, tetapi dikeluarkan atas dasar kepercayaan umum terhadap perusahaan atau perorangan.

Obligasi Pendapatan adalah obligasi yang bunganya dibayar jika perusahaan bersangkutan memperoleh laba dan bunga tersebut lazim dibayar mendahului pembayaran dividen kepada pemegang saham.

Obligasi Preferen / Obligasi Prioritas adalah obligasi yang haknya melebihi obligasi biasa.

Odd Lot adalah perdagangan saham di pasar modal atau bursa efek yang jumlahnya kurang dari satuan perdagangan normal (normal trading unit). Sedangkan perdagangan saham dengan satuan perdagangan normal disebut round lot. Otoritas pasar modal di tiap negara mempunyai kebijakan sendiri mengenai jumlah saham dalam round lot. Di Indonesia, satu lot berarti 500 saham untuk non bank dan untuk bank 1 lotnya 5.000 saham, baik itu di Bursa Efek Jakarta (BEJ) maupun Bursa Efek Surabaya (BES).

Offer Price adalah harga terendah yang ditawarkan untuk menjual.

Oligopoly (oligopoli) adalah  struktur pasar yang industrinya di dominasi oleh sejumlah kecil perusahaan yang saling bersaing.

Open Market Operations (Operasi Pasar Terbuka) adalah pembelian dan penjualan surat-surat berharga oleh bank sentral di pasar terbuka (seringkali dalam bentuk surat-surat berharga pemerintah jangka pendek).

Opportunity Cost (Biaya Oportunitas) adalah biaya penggunaan sumber daya untuk tujuan tertentu, yang diukur oleh manfaat yang diberikan dari tidak digunakannya sumber-sumber tersebut dalam alternatif penggunaan yang paling baik.

Opsi “Call” adalah suatu opsi yang memberikan hak kepada pembeli opsi untuk membeli Kontrak Berjangka yang menjadi subjeknya pada harga strike, pada atau sebelum tanggal jatuh waktu dari opsi yang bersangkutan.

Opsi “Put” adalah suatu opsi yang memberikan hak kepada pembelinya untuk menjual Kontrak Berjangka yang menjadi subjeknya pada harga strike, pada atau sebelum tanggal jatuh waktu dari opsi yang bersangkutan.

Opsi Atas Kontrak Berjangka adalah suatu kontrak yang memberikan hak, bukan kewajiban, kepada pembeli untuk membeli atau menjual Kontrak Berjangka atas komodidi tertentu pada tingkat harga, jumlah, dan jangka waktu tertentu yang telah ditetapkan terlebih dahulu dengan membayar sejumlah premi.

Outflow adalah uang yang diedarkan aliran keluar uang kartal dari Bank Indonesia.

Outputs (Keluaran) adalah barang-barang dan jasa yang dihasilkan dari proses produksi.

Overbought adalah minat beli sudah mulai mengecil, minat jual mulai muncul (indikasi harga akan turun).

Overnite adalah transaksi dengan jangka waktu satu hari mulai tanggal transaksi sampai satu hari setelahnya.

Semoga artikel mengenai istilah-istilah ekonomi dalam Abjad O diatas dapat bermanfaat untuk anda. Bila anda mempunyai istilah ekonomi yang belum ada dalam artikel ini, silahkan menambahkan dalam kolom komentar.

Istilah-istilah ekonomi dalam Abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Istilah-Istilah Dalam Ekonomi (O)"

Post a Comment