Istilah-Istilah Dalam Ekonomi (E)



Berikut ini adalah istilah dan arti kata atau definisi yang sering dipakai dalam dunia Ekonomi, baik itu Perbankan, Ekonomi Mikro dan Ekonomi Macro (Abjad E). Dalam artikel ini, istilah-istilah ekonomi yang saya berikan menggunakan bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Untuk memudahkan pencarian, saya bagi menjadi beberapa halaman sesuai abjad. Gunakan CTRL+F  untuk memudahkan pencarian perhalaman.

Istilah-istilah ekonomi dalam Abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Earning Power (Kemampuan Laba) adalah kemampuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan dan dapat dipakai juga untuk penilaiaan sekuritas.

Efek adalah surat-surat berharga yaitu setiap surat pengakuan utang, surat berharga komersial, saham, obligasi, sekuritas kredit, tanda bukti utang, setiap rights, warrants, opsi atau setiap derivatif dari Efek, atau setiap instrumen yang ditetapkan oleh Bapepam sebagai Efek. Di samping itu terdapat Efek terkecuali adalah surat berharga pasar uang, termasuk sertifikat BI, Surat Berharga Pasar Uang (SBPU), surat berharga komersial, surat pengakuan utang dan sertifikat deposito yang diterbitkan atau diterima oleh bank atau Lembaga Bukan Bank, polis asuransi, Efek yang dijamin Pemerintah Indonesia, atau Efek lain yang secara khusus dikecualikan oleh Menteri Keuangan.

Efek Bersifat Ekuitas adalah Saham atau Efek yang dapat ditukar dengan saham atau Efek yang mengandung hak untuk memperoleh saham.

Efek pendapatan adalah pengaruh atau akibat perubahan harga sesuatu barang terhadap pendapatan riil konsumen yang menggunakan barang yang mengalami perubahan harga.

Efek penggantian adalah perubahan cita rasa konsumen dalam mengkonsumsi sesuatu barang apabila dibandingkan dengan barang-barang lain sebagai akibat perubahan harga barang tersebut.

Efek Subsitusi Perubahan Harga adalah konsumen mengkonsumsi lebih banyak barang jika harganya turun, dan mengurangi konsumsinya bila harganya naik.

Effective (Efektif) adalah terpenuhinya seluruh tata cara dan persyaratan pernyataan pendaftaran yang ditetapkan dalam keputusan.

Efisiensi adalah penggunaan sumber daya ekonomi yang menghasilkan tingkat kepuasan maksimum yang mungkin pada input tertentu.

Efisiensi Alokatif adalah operasi perusahaan yang mampu menciptakan keadaan di mana harga = biaya marginal, yang merupakan syarat untuk memaksimumkan kesejahteraan masyarakat. Apabila keadaan ini dicapai, perusahaan dikatakan mencapat efisiensi alokatif; Suatu situasi perekonomian dimana tidak ada lagi usaha reorganisasi atau perdagangan yang dpt memakmurkan 1 individu tertentu tanpa mengurangi utilitas atau kepuasan individu lain.

Efisiensi Produktif adalah kegiatan firma menghasilkan suatu barang yang operasinya mencapai suatu tingkat produksi dimana tingkat biaya rata-ratanya adalah yang paling minimum atau tingkat harga sama dengan biaya marjinal.

Ekonometrika adalah cabang ekonomi yang menggunakan metode statistik untuk mengukur dan mengestimisasi hubungan ekonomi kuantitatif.

Ekonomi Kesejahteraan adalah analisis normatif sistem ekonomi, yaitu studi mengenai apa yang salah atau benar mengenai berfungsinya perekonomian.

Ekonomi Pengetahuan (Knowledge Economy) adalah ekonomi dimana penciptaan (produksi), penyebarluasan (distribusi) dan pemanfaatan / pendayagunaan ilmu pengetahuan menjadi penggerak utama pertumbuhan, pengembangan kesejahteraan, dan penciptaan / perluasan lapangan kerja di semua industry / sektor ekonomi (McKeon dan Weir, 2000). Istilah berbeda dengan makna / maksud serupa: knowledge-driven economy, ekonomi baru (new economy), ekonomi berbasis pengetahuan (knowledge-based economy)

Ekspor (Eksport) adalah barang dan jasa diproduksi di suatu negara dan dijual ke negara lain. Ekspor mencakup baik barang fisik maupun jasa. Ekspor dinilai sesuai harga pasar pada saat transaksi dan dicatat pada saat dikapalkan (Free on board, FOB).

Ekspor Neto adalah nilai ekspor barang dan jasa dikurangi nilai impor barang dan jasa

Eksportir adalah perorangan atau badan usaha yang melakukan perdagangan dengan cara mengeluarkan barang atau jasa dari dalam ke luar wilayah pabean Indonesia dengan memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku

Ekstensifikasi Modal adalah tingkat pertumbuhan jumlah modal riil yang tepat sama dengan pertambahan angkatan kerja.

Eksternalitas adalah aktivitas yang menimbulkan pengaruh buruk atau baik kepada pihak lain, tanpa pihak lain itu dibayar atau membayar untuk aktifitas tersebut.

Eksternalitas Disekonomis adalah tindakan perusahaan yang menimbulkan beban pada pihak lain yang tidak dikompensasi.

Eksternalitas Ekonomi adalah dampak tertentu (positif jika dalam bentuk “manfaat,” dan negatif jika dalam bentuk “biaya/risiko”) akibat tindakan tertentu (produksi atau konsumsi) yang mempengaruhi seseorang / pihak tertentu yang tidak sepenuhnya (selalu) menyetujui (mengijinkan atau menyadari) tindakan tersebut; Situasi dimana produksi dan konsumsi yang dilakukan seseorang memberikan kegunaan positif.

Eksternaliti adalah efek buruk atau baik yang diwujudkan oleh kegiatan perusahaan-perusahaan atau kegiatan mengkonsumsi masyarakat terhadap lingkungan alam dan masyarakat sekelilingnya dan perekonomian secara keseluruhannya.

Ekuilibrium adalah keadaan dimana kesatuan ekonomi berada pada keadaan seimbang , atau kekuatan – kekuatan yang mempengaruhi kesatuan itu sedang seimbang.

Ekuilibrium Koperatif adalah hasil yang dicapai oleh kedua partisipan ketika mereka bertindak serempak.

Ekuilibrium Nash terdapat pada teori permainan yang mengacu pada satu set strategi bermain. Dimana tidak ada pemain yang dapat memperbaiki nilai hasilnya

Ekuilibrium Umum adalah keadaan ekuilibrium bagi perekonomian secara keseluruhan adalah dimana keadaan harga barang dan jasa sedemikian rupa sehingga keseluruhan pasar.

Elastisitas adalah menggambarkan reaksi suatu variabel terhadap perubahan variable.

Elastisitas Harga Atas Penawaran adalah konsepsinya mirip elastisitas harga atas permintaan kecuali yang diukur adalah reaksi penawaran dari perubahan harga.

Elastisitas Harga Atas Permintaan adalah ukuran kadar sejauh mana kuantitas yang diminta pembeli bereaksi terhadap perubahan harga.

Elastisitas Harga Dari Permintaan Yang Elastic atau Pemintaan Elastic adalah situasi apabila elastisitas permintaan lebih dari nilai satu.

Elastisitas Harga Dari Permintaan Yang Inelastic atau Permintaan Yang Inelastic adalah situasi apabila nilai elastisitas permintaan lebih kecil dari satu.

Elastisitas Penawaran adalah suatu ukuran yang menggambarkan sampai di mana kuantitas yang ditawarkan akan mengalami perubahan sebagai akibat perubahan harga.

Elastisitas Pendapatan Pada Permintaan adalah permintaan akan suatu barang tidak saja dipengaruhi oleh harga barang tetapi juga oleh pendapatan konsumen.

Elastisitas Permintaan Harga adalah suatu ukuran yang menggambarkan sampai di mana kuantitas yang diminta akan mengalami perubahan sebagai akibat perubahan harga.

Elastisitas Permintaan Pendapatan adalah suatu ukuran yang menggambarkan sampai dimana kuantitas yang diminta akan mengalami perubahan sebagai akibat perubahan pendapatan.

Elastisitas Permintaan Silang adalah suatu ukuran yang menggambarkan sampai dimana kuantitas yang diminta akan mengalami perubahan sebagai akibat perubahan harga barang lain.

Elastisitas Permintaan Uniter adalah situasi diantara permintaan yang elastic dan permintaan yang tidak elastic dimana elastisitas harga bernilai 1.

Elastisitas Silang adalah ukuran sejauh mana permintaan akan suatu barang konsumsi atau input dipengaruhi bukan oleh harganya sendiri tetapi oleh harga barang lain.

Electric Data Interchange (EDI) adalah sistem pertukaran data bisnis secara elektronik antar organisasi dalam bentuk yang terstruktur dan diproses melalui komputer dari suatu aplikasi bisnis ke aplikasi bisnis lainnya.

Element Utility adalah benda itu berguna karena ada unsur di dalamnya.

Embodied Technology adalah teknologi dalam bentuk mesin, peralatan dan atau perangkat dengan muatan teknologi yang “lekat/terkait” dengan inovasi produk atau proses tertentu.

Emisi adalah suatu tindakan oleh badan usaha dengan menerbitkan Efek untuk ditawarkan kepada masyarakat.

Emiten adalah perusahaan yang memperoleh dana dari masyarakat umum dengan cara menjual saham melalui pasar modal.

Employee Stockplan (Saham Pegawai) dengan melalui rencana saham pegawai, beberapa perusahaan besar di luar negeri memberikan kesempatan kepada beberapa pegawainya untuk memiliki saham perusahaan.

Endorsement (Pengalihan Hak) adalah pengesahan pemindahan hak milik asset dengan membubuhi tanda tangan dan cap dibalik efek. Seseorang dapat mengendorse cek untuk menerima pembayaran atau mengendorse saham / obligasi untuk mengalihkan pemilikannya.

Endosemen Pinjam Nama adalah endosemen yang dilakukan endosan dengan sekedar mengizinkan penggunaan namanya untuk membantu pihak lain memperoleh dana melalui penjualan surat wesel, walaupun tidak berkepentingan atas surat wesel tersebut, endosan tetap bertanggung jawab menurut hukum
EPS (Earning Per Share atau Laba Bersih Per Saham) adalah keuntungan bersih perusahaan dibagi dengan seluruh jumlah saham perusahaan. Rasio ini sering kali disebut pula sebagai jumlah kali dari pembelian hasil lancar dengan harga pasar.

Equipment Bonds (Obligasi Peralatan) adalah obligasi yang dikeluarkan oleh perseroan untuk membiayai pembelian alat-alat utama perusahaan. Biasanya diterbitkan oleh perusahaan angkutan untuk membiayai pembelian armadanya. Pemegang obligasi mempunyai hak klaim senior atas peralatan tersebut.

Equipment Trust Certificate (Sertifikat Trust) adalah surat jaminan yang biasanya dikeluarkan oleh perusahaan kereta api untuk membiayai pembelian peralatan baru. Pemilikan peralatan baru tersebut dipegang oleh trustee sampai dilunasinya surat jaminan tersebut.

Equity adalah modal yang ditanamkan oleh  investor, bisa berupa saham ataupun aktiva lainnya.

Ex (Tanpa) kata ex berati tanpa, misalnya : Ex Dividen menunjukkan bahwa saham-saham diperdagangkan tanpa dividen. Jadi penjual menahan dividen yang dikeluarkan. Perdagangan saham-saham tanpa bonus issues yang berupa hak atau milik juga dinyatakan dengan “Ex”.

Ex Date (Waktu Peralihan) adalah tanggal pada waktu dimana saham-saham berubah disebut dari “Cum” ke “Ex”. Umumnya tanggal tersebut jatuh pada hari kerja kelima sebelum dan termasuk tanggal penutupan buku.

Ex Dividend (Tanpa Dividen) adalah dividen yang sudah dapat dicapai, tetapi tidak diperhitungkan dalam penjualan saham (lihat ex)

Ex rights adalah tanggal dimulainya perdagangan saham yang tidak lagi mengandung hak rights.

Expenditure (Pengeluaran Tunai) adalah jumlah uang tunai yang dikeluarkan selama masa tertentu.

Export (Ekspor) adalah pengiriman barang dan jasa yang dijual oleh penduduk suatu negara kepada penduduk negara lain untuk mendapatkan mata uang asing dari negara pembeli.

Extended Bond (Obligasi Tunda) adalah obligasi yang ditunda hari tunainya atas persetujuan pemegangnya.

Extra Dividend (Dividen Ekstra) adalah tambahan dividen yang diterima pemegang saham disamping dividen tahunan.

Semoga artikel mengenai istilah-istilah dalam ekonomi (Abjad E) diatas dapat bermanfaat untuk anda. Bila anda mempunya istilah ekonomi yang belum ada dalam artikel ini, silahkan menambahkan dalam kolom komentar.

Istilah-istilah ekonomi dalam Abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Istilah-Istilah Dalam Ekonomi (E)"

Post a Comment