Istilah-Istilah Dalam Ekonomi (H)



Berikut ini adalah istilah dan arti kata atau definisi yang sering dipakai dalam dunia Ekonomi, baik itu Perbankan, Ekonomi Mikro dan Ekonomi Macro (Abjad H). Dalam artikel ini, istilah-istilah ekonomi yang saya berikan menggunakan bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Untuk memudahkan pencarian, saya bagi menjadi beberapa halaman sesuai abjad. Gunakan CTRL+F  untuk memudahkan pencarian perhalaman.

Istilah-istilah ekonomi dalam Abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Hak Cipta (Copy Rights) adalah hak yang diberikan kepada pengarang atau penggubah lagu untuk secara eksklusif memproduksi dan menjual barang yang dihasilkannya, dan melarang pihak lain menjalankan hak yang sama.

Hak Kekayaan Intelektual (HKI) adalah hak memperoleh perlindungan secara hukum atas kekayaan intelektual sesuai dengan peraturan perundang-undangan (UU No. 18 tahun 2002).

Hak Paten adalah suatu hak yang diberikan kepada perusahaan untuk secara eksklusif memproduksikan sesuatu barang yang diciptakannya dan tidak boleh diproduksikan oleh perusahaan-perusahaan lain; Hak eksklusif yang diberikan kepada seorang penemu untuk mengawasi dan menikmati penggunaan temuannya selama 17 tahun

Hambatan Perdagangan adalah sarana proteksi yang digunakan pemerintah untuk mencegah impor.

Hammering The Market (Prediksi Pasar Saham Turun) adalah keinginan untuk menjual saham karena diperkirakan akan terjadi inflasi. Spekulator yang memperkirakan pasar akan melorot dan kemudian menjual saham yang mereka miliki biar disebut hammering the market.

Harapan atau Ekspektasi adalah pandangan mengenai variabel yang belum pasti seperti suku bunga dan harga atau pajak.

Harapan Rasional adalah bagian atas pandangan tentang perekonomian yang dianut oleh para pelopor ilmu makroekonomi harapan rasional.

Hard Currency adalah sebutan yang diberikan kepada beberapa mata uang valuta asing yang dalam transaksi moneter internasional mempunyai keunggulan posisi, misalnya US Dollars, Pound Sterling, Deutch Mark.

Hard Money (Uang Unggul) adalah mata uang yang diterima secara luas diberbagai negara di dunia. Mata uang ini biasanya dari negara yang ekonomi dan politiknya stabil seperti US.$. Negara-negara yang mengambil pinjaman di dalam hard money pada umumnya harus membayar kembali di dalam hard money
Harga Jual Harga Beli adalah penawaran terendah yang ditawarkan oleh penjual dan permintaan tertinggi yang diajukan oleh pembeli, yang dicatat petugas Bursa Berjangka pada setiap hari perdagangan.

Harga Nominal adalah harga yang diberikan dan tertulis pada suatu saham atau obligasi.

Harga Pembukaan dan Penutupan adalah harga jual dan harga beli Kontrak Berjangka yang dicatat selama periode pembukaan dan penutupan pasar pada setiap hari perdagangan di Bursa Berjangka.

Harga Penyelesaian / Settlement Price adalah harga yang ditetapkan bersama oleh Bursa Berjangka dan Lembaga Kliring Berjangka berdasarkan suatu sistem atau formula tertentu, yang menjadi dasar perhitungan Lembaga Kliring Berjangka dalam menentukan besarnya selisih harga yang harus diterima atau dibayar oleh Anggota Kliring Berjangka atas setiap posisi Kontrak Berjangka yang didaftarkan ke Lembaga Kliring Berjangka.

Harga Perdana adalah harga pada waktu pertama kali suatu Efek dikeluarkan / ditawarkan kepada masyarakat

Harga Permintaan / Harga Penawaran adalah harga suatu surat berharga yang ditawarkan untuk dijual di bursa efek pada saat pasar perdana berlangsung atau di pasar luar bursa.

Harga Teoritis Saham adalah harga yang ditetapkan oleh Bursa sebagai pedoman tawar menawar atas saham pada saat dimulainya perdagangan pertama di Pasar Reguler apabila Harga Pembukaan tidak terbentuk.

Harga Tertinggi dan Terendah adalah harga transaksi Kontrak Berjangka tertinggi dan terendah selama hari perdagangan di Bursa Berjangka.

Harga “Strike” atau Strike Price atau Exercise Price, adalah harga dimana pemegang call (put) dapat memilih untuk melaksanakan (meng”exercise”) haknya untuk membeli (menjual) Kontrak Berjangka yang menjadi subjek kontrak Opsinya.

Harmonized System (HS) adalah sistem klasifikasi dan pengkodean suatu komoditas berdasarkan bahan mentah, jenis produk, dan kualitas barang.

Hasil Penjualan Marjinal adalah nilai tambahan pendapatan yang diperoleh perusahaan dari menjual satu unit tambahan produksinya.

Hasil Penjualan Produksi Marjinal adalah nilai penjualan dari produksi tambahan yang diwujudkan oleh pertambahan satu unit faktor produksi yang dapat ditambah jumlahnya.

Hasil Penjualan Produksi Total adalah nilai penjualan dari seluruh kuantitas produksi perusahaan yang diwujudkan oleh sejenis faktor produksi yang dapat diubah-ubah jumlahnya (variable factor of production).

Hasil Penjualan Rata-Rata adalah pendapatan per unit barang yang diperoleh dari menjual sejumlah barang tertentu. Nilainya diperoleh dari membagi seluruh pendapatan dari penjualan dibagi dengan jumlah produksi yang dijual.

Hasil Penjualan Total adalah seluruh pendapatan yang diperoleh dari penjualan sejumlah produksi tertentu.

Hasil Terhadap Skala adalah tingkat kenaikan output karena kenaikan semua input secara bersama – sama.

Hasil Terhadap Skala Yang Konstan adalah semua input dilipatkan duakali dan output juga berlipat dua.

Hasil Terhadap Skala Yang Menurun adalah jika output meningkat lebih atas dua kali,prosesnya adalah teknologi dengan hasil terhadap skala yang meningkat

Hearing (Dengar Pendapat) adalah dengar pendapat akhir antara Bapepam di satu pihak dengan Emiten dan lembaga-lembaga penunjang yang terlibat di pihak lain, tentang hal-hal yang menyangkut Emiten dan Lembaga Penunjang emisinya sebelum suatu perusahaan mendapat izin untuk menawarkan efeknya kepada masyarakat

Heavy Market (Pasar Merosot Tajam) adalah keadaan pasar efek dimana cenderung efek-efeknya sebagian besar turun.

Hedging (Siap Siaga) adalah tindakan untuk membatasi atau mengurangi kemungkinan kerugian akibat berubahnya harga efek dengan menutup kontrak terlebih dahulu. Di dalam hedging dikenal put option dan call option. Put option merupakan hak untuk menjual sejumlah saham yang dimilikinya pada harga tertentu. Pembeli (pemegang) hak opsi akan membayar sejumlah fee (premium) kepada penjual opsi. Call option merupakan hak untuk membeli sejumlah saham pada harga tertentu beberapa bulan mendatang

High Flyer (Saham Resiko Tinggi) adalah saham yang nilainya tinggi dan sangat spekulatif tetapi harganya sangat mudah berubah secara tajam dalam waktu singkat

High Premium Convertible Dibenture adalah obligasi jangka panjang dengan premi yang tinggi, bisa ditukar dengan saham biasa dan juga memberikan suku bunga yang cukup tinggi. Premi dalam hal ini dikaitkan dengan perbedaan antara nilai pasar dari efek yang konvertible dengan nilai dimana efek tersebut dapat ditukarkan (konvertible) dengan saham biasa. Obligasi jenis ini sengaja di disain untuk porfolio yang berorientasi pada obligasi
Highs (Saham Berdaya Tahan) adalah saham yang mampu mempertahankan harga yang tinggi di dalam perdagangan saham selama satu tahun terakhir.

High-Tech Stock (Saham Teknologi Tinggi) adalah saham dari perusahaan yang bergerak pada bidang yang menggunakan teknologi canggih misalnya komputer, semi konduktor dan elektronik. Saham dari perusahaan teknologi tinggi biasanya memiliki pertumbuhan di atas rata-rata perusahaan lainnya tetapi harga sahamnya sangat mudah berubah.

Hiperinflasi adalah tingkat inflasi yang sangat parah (1jt, 1000, bahkan 1 milyar persen pertahun).

Hipotek adalah penyerahan secara tertulis mengenai hak atas harta benda tak bergerak untuk menjamin pembayaran suatu hutang dengan ketentuan bahwa penyerahan itu akan dibatalkan pada waktu pembayaran.

Hipotek Seksama adalah hak tanggungan atas barang tidak bergerak dengan barang jaminan tetap dimiliki dan dikuasai debitur atas saling percaya dari kedua pihak (memorandum pembebanan tanpa akta).

Hipotesis adalah suatu rumusan yang menyatakan sifat hubungan di antara suatu variabel ekonomi dengan satu atau beberapa variabel ekonomi lainnya.

Hit The Bid adalah menerima harga tertinggi yang diminta untuk suatu saham, misalnya bila penawaran harga untuk suatu saham adalahRp.10.500,- dan permintaan tertinggi adalah Rp.10.000,-. Penjual yang menerima harga Rp.10.000,- disebut sebagai hit the bid.

Hold adalah tak ada rekomendasi. Jangan lakukan apapun.

Holding Company adalah perusahaan yang memiliki saham dengan hak suara yang cukup di dalam perusahaan lain untuk mempengaruhi Dewan Direksi sehingga ia dapat mengendalikan kebijaksanaan dan manajemen perusahaan tersebut. Suatu holding company tidak perlu memiliki mayoritas saham dari anak perusahaannya. Namun untuk mendapatkan keuntungan dari pihak konsolidasi dan kemampuan untuk membagi kerugian operasi, holding company harus memiliki 80% atau lebih saham dengan hak suara dari anak perusahaannya. Di antara keuntungan holding company di dalam melakukan merger adalah kemampuannya untuk mengendalikan operasi suatu perusahaan dengan investasi kecil.

Holding The Market adalah memasuki pasar dengan amanat beli yang cukup dengan tujuan untuk mencegah kecenderungan harga yang semakin menurun dari suatu saham.

Horizontal Price Movement (Pergerakan Harga Horizontal) adalah suatu gerakan harga yang berada di dalam batas-batas yang sempit di dalam masa yang cukup lama misalnya 6 bulan atau lebih. Suatu saham bisa diangap berada dalam gerakan yang horizontal apabila harganya berkisar antara Rp 10.000,- s/d 11.000,- selama lebih dari 6 bulan.

Hospital Revenue Bond adalah suatu obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah daerah atau badan pemerintah tertentu dengan tujuan untuk membiayai pembangunan suatu rumah sakit. Apabila pembangunan rumah sakit tersebut telah selesai pengelolaannya diserahkan kepada organisasi non profit, misalnya: yayasan.

Hot Issue adalah penerbitan saham baru yang banyak diminati masyarakat. Saham ini biasanya harganya melonjak pada saat pertama kali ditawarkan kepada masyarakat karena pemintaannya lebih tinggi dari penawaran.

Housing Bond adalah obligasi jangka pendek atau jangka panjang yang diterbitkan oleh badan perumahan setempat. Obligasi jangka pendek digunakan untuk membiayai pembangunan jangka pendek proyek perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan menengah. Sedang obligasi jangka panjang digunakan untuk membiayai proyek-proyek jangka panjang di bidang perumahan, gedung, proyek lainnya yang berkaitan dengan perumahan. Di Amerika Serikat obligasi ini bebas pajak baik pajak yang dikenakan pemerintah pusat maupun pemerintah setempat

Hukum Besi Dari Upah adalah teori ekonomi marxisme menyatakan bahwa ada suatu kecenderungan yang tak terlelakan dalam sistem kapitalisme untuk menekan upah kebawah sampai tingkat yang hanya cukup untuk sekedar hidup saja.

Hukum Kelangkaan adalah prinsip bahwa sebagian besar barang yang diinginkan orang hanya tersedia dalam jumlah yang terbatas.

Hukum Nilai Guna Marijinal adalah suatu rumusan yang menyatakan bahwa semakin banyak sesuatu barang dikonsumsi seseorang, semakin sedikit tambahan nilai guna yang dinikmati orang tersebut.

Hukum Penawaran adalah suatu dalil / rumusan yang menerangkan ciri hubungan antara tingkat harga dan kuantitas barang yang ditawarkan. Ciri hubungan tersebut adalah: semakin tinggi harga, semakin banyak kuantitas barang yang ditawarkan. Secara grafik hubungan ini digambarkan oleh kurva penawaran.

Hukum Permintaan adalah suatu dalil / rumusan yang menerangkan ciri hubungan antara tingkat harga dan kuantitas barang yang diminta. Ciri hubungan tersebut adalah: semakin tinggi harga, semakin sedikit kuantitas yang diminta. Secara grafik hubungan ini digambarkan oleh kurva permintaan.

Hukum Utilitas Marjinal Yang Makin Berkurang adalah hukum yang mengatakan bahwa semakin banyak sebuah komoditi dikonsumsi.
Hung Up adalah suatu istilah yang digunakan untuk menjelaskan posisi dari seorang pemodal yang memiliki saham atau obligasi yang nilainya jatuh dibawah harga belinya sehingga apabila efek tersebut dijual dia akan mengalami kerugian.

Hypothecation Of Securities (Sekuritas Tergadai) adalah menggadaikan efek kepada broker sebagai pinjaman yang digunakan untuk membeli efek atau menutup short sales. Bila jaminan yang sama dijaminkan kepada bank untuk memperoleh pinjaman kepada broker yang bersangkutan disebut rehypothecation.

Semoga artikel mengenai istilah-istilah ekonomi dalam abjad H diatas dapat bermanfaat untuk anda. Bila anda mempunya istilah ekonomi yang belum ada dalam artikel ini, silahkan menambahkan dalam kolom komentar.

Istilah-istilah ekonomi dalam Abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Istilah-Istilah Dalam Ekonomi (H)"

Post a Comment