Istilah-Istilah Dalam Ekonomi (T)



Berikut ini adalah istilah dan arti kata atau definisi yang sering dipakai dalam dunia Ekonomi, baik itu Perbankan, Ekonomi Mikro dan Ekonomi Macro dalam abjad T. Dalam artikel ini, istilah-istilah ekonomi yang saya berikan menggunakan bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Untuk memudahkan pencarian, saya bagi menjadi beberapa halaman sesuai abjad. Gunakan CTRL+F  untuk memudahkan pencarian per halaman.

Istilah-istilah ekonomi dalam Abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Take Over (Pengambilan Alih) adalah jika perusahaan–perusahaan atau perorangan ingin menguasai atau membeli secara mutlak sebuah perusahaan, maka pihak penawar akan mengadakan penawaran saham, dengan suatu harga tertentu harga per saham. Mungkin bisa harga diatas pasar saat itu, tetapi dibawah nilai harta saham-saham perusahaan tersebut. Biasanya ada suatu syarat bahwa order tersebut bersyarat pada waktu diterima, dalam hubungannya dengan jumlah minimum saham-saham, serta di dalam suatu jangka waktu yang ditentukan.

Talon adalah bukti yang harus diserahkan untuk memperoleh lembaran kupon baru, setelah lembaran kupon yang lama habis. Kupon dan Talon hanya pada efek atas unjuk.

Tanah adalah salah satu bentuk faktor produksi, yaitu benda / unsur yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan masyarakat. Tanah meliputi juga kekayaan alam atau benda lain yang dikandungnya. Misalnya laut dapat juga dipandang sebagai faktor produksi.

Tangan Gaib (Invisible Hand) adalah istilah yang diciptakan oleh Adam Smith yang pada hakikatnya mengatakan bahwa dalam sistem pasar bebas tidak terdapat manusia atau institusi yang akan mengatur kegiatan dalam perekonomian. Kegiatan ini sepenuhnya didasarkan kepada interaksi di antara pelaku-pelaku kegiatan ekonomi di pasaran.

Tantiem adalah bagian keuntungan perusahaan yang dihadiahkan kepada karyawan.

Target Company (Sasaran Perusahaan) adalah suatu perusahaan yang dipilih oleh pemodal untuk melakukan take over.

Target Price (Sasaran Harga / Kurs) adalah suatu harga yang diharapkan pemodal meningkat dalam periode tertentu pada saat ia membeli saham suatu perusahaan.

Technical Analysis (Analisa Teknis) adalah suatu teknik analisa terhadap permintaan dan penawaran efek yang didasarkan pada volume transaksi serta perkembangan harga.

Technical Sign adalah kecenderungan jangka pendek yang oleh analis teknikal dilihat sebagai bagian yang penting dari pergerakan harga suatu efek.

Tempat Penyerahan adalah lokasi dan fasilitas yang ditetapkan oleh Bursa Berjangka sebagai tempat penyimpanan dan penyerahan komoditi fisik untuk memenuhi Kontrak Berjangka yang jatuh tempo.

Tenaga Buruh / Kerja adalah bagian dari penduduk suatu negara yang dapat digunakan dengan faktor produksi lain untuk melakukan kegiatan produktif dan menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat. Di berbagai negara, yang tergolong sebagai tenaga buruh adalah penduduk yang berumur di antara 15 hingga 64 tahun.

Teori Penawaran adalah analisis dalam ilmu ekonomi yang menerangkan faktor-faktor yang menentukan penawaran, dan bagaimana faktor-faktor ini akan menentukan keseimbangan dan perubahan keseimbangan di pasar.

Teori Permintaan adalah analisis dalam ilmu ekonomi yang menerangkan faktor-faktor yang menentukan permintaan, dan bagaimana faktor-faktor ini mempengaruhi keseimbangan di pasar.

Term of Trade adalah suatu indeks yang menggambarkan daya saing perdagangan international suatu negara. Indeks tersebut diukur dari perbandingan harga ekspor dengan harga impor.

Thin Market (Pasar Sepi) adalah situasi pasar dimana hanya sedikit amanat jual amanat beli yang terjadi.

Tick adalah gerakan penurunan dan kenaikan harga di dalam perdagangan efek. Para analis tehnikal melihat gerakan harga ini sebagai salah satu cara untuk memperkirakan kecenderungan harga dimasa yang akan datang.

Tight Money (Uang Ketat) adalah situasi kondisi ekonomi dimana sangat sulit memperoleh pinjaman atau uang tunai. Hal ini biasanya berkaitan dengan kebijaksanaan pemerintah untuk membatasi jumlah uang yang beredar,

Time Priority (Prioritas Waktu) adalah apabila terdapat permintaan atau penawaran efek yang diajukan pada harga yang sama, maka prioritas diberikan pada permintaan atau penawaran yang diajukan terlebih dahulu.

Tingkat Elastisitas adalah penggolongan elastisitas kepada konsep elastisitas berikut: elastisitas (nilai elastisitas lebih besar dari satu), tidak elastis (nilai elastisitas di antara 0 dan 1), elastisitas uniter (nilai elastisitas adalah satu), tidak elastis sempurna (elastisitas adalah 0), dan elastis sempurna (elastisitas nilainya tak terhingga).

Tingkat Penggantian Marjinal adalah jumlah sesuatu barang yang perlu diturunkan konsumsinya untuk memperoleh satu unit barang lain yang akan ditambah konsumsinya.

Titik Impas (Break-Even Point) adalah tingkat operasi perusahaan yang mencapai suatu tingkat produksi dimana biaya total sama dengan hasil penjualan total.

Titik Menutup Perusahaan (Shutdown-Point) adalah titik terendah dari kurva AVC. Apabila harga mencapai titik terendah ini, hasil penjualan total sama dengan biaya berubah total. Yang berarti firma tidak memperoleh kelebihan hasil penjualan dari operasinya. Dalam keadaan seperti ini lebih baiklah apabila firma menghentikan kegiatannya memproduksi barang.

Tomnext adalah transaksi dengan jangka waktu satu hari mulai dari satu hari setelah tanggal transaksi sampai keesokan harinya.

Total Laba Rugi Komprehensif adalah perubahan ekuitas selama satu periode yang dihasilkan dari transaksi dan peristiwa lainnya, selain perubahan yang dihasilkan dari transaksi dengan pemilik dalam kapasitasnya sebagai pemilik.

Total Loss adalah nilai kerugian secara menyeluruh. Sebab, pihak tertanggung berhak memperoleh pembayaran klaim secara penuh.

Trade Finance (Pembiayaan Perdagangan) adalah semua bentuk pembiayaan yang berkaitan dengan perdagangan, termasuk L/C yang dikonfirmasi atas dasar transaksi perdagangan, pembiayaan pra pengapalan pembiayaan atas akseptasi Bank, pembiayaan L/C dan pembiyaan tanpa L/C, stanby L/C dan garansi atas dasar transaksi perdagangan.

Traded Inflation adalah inflasi yang diukur berdasarkan perubahan harga kategori kelompok barang yang diperdagangkan di pasar international.

Trading Floor (Lantai Bursa) adalah tempat berdagang : Tempat dimana transaksi efek dilangsungkan.

Transaksi + 4 Hari (T + 4) adalah suatu ketentuan yang mengaharuskan penyelesaian transaksi dilakukan 4 hari setelah transaksi itu terjadi. Empat hari disini adalah empat hari bursa jadi tidak termasuk hari-hari dimana kegiatan bursa ditutup.

Transaksi Forward adalah suatu kontrak untuk melakukan transaksi pembelian atau penjualan valuta asing terhadap rupiah yang penyerahannya dilakukan dalam waktu lebih dari 2 hari kerja setelah transaksi.

Transaksi Option adalah suatu kontrak yang memberikan hak dan bukan kewajiban untuk membeli atau menjual valuta asing terhadap rupiah dimasa yang akan datang dengan harga yang ditentukan pada saat transaksi dilakukan.

Transaksi Swap adalah suatu kontrak untuk melakukan transaksi penukaran valuta asing terhadap rupiah melalui pembelian tunai dengan penjualan kembali secara berjangka, atau penjualan tunai dengan pembelian kembali secara berjangka.

Transaksi Yang Diatur Sebelumnya adalah transaksi yang diatur terlebih dahulu secara tidak wajar (persekongkolan) yang dilakukan oleh Pialang atau Pedagang Berjangka
Treasuries (Pinjaman Obligasi Pemerintah) adalah pinjaman obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah yang dijamin semata-mata atas dasar kepercayaan. Surat berharga ini bervariasi dengan jatuh tempo yang berbeda-beda.

Treasury Bill (Surat Perbendaharaan Negara) adalah surat utang jangka pendek yang diterbitkan oleh negara dan dijual atas dasar diskonto. Biasanya berjangka waktu 90 hari, 180 hari, 270 hari dam maksimal 1 tahun.

Trustee (Wali Amanat) adalah lembaga yang ditunjuk oleh emiten yang diberi kepercayaan untuk mewakili kepentingan para pemegang obligasi.

Turkey adalah Istilah yang digunakan untuk menggambarkan kekecewaan didalam pembelian efek-efek yang harganya merosot.

Turn-Over (Perputaran) adalah perputaran jumlah sekuritas yang diperdagangkan pada hari Bursa tertentu.

Semoga artikel mengenai istilah-istilah ekonomi dalam abjad T diatas dapat bermanfaat untuk anda. Bila anda mempunyai istilah ekonomi yang belum ada dalam artikel ini, silahkan menambahkan dalam kolom komentar.

Istilah-istilah ekonomi dalam Abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Istilah-Istilah Dalam Ekonomi (T)"

Post a Comment