Istilah-Istilah Dalam Ekonomi (B)



Berikut ini adalah istilah dan arti kata atau definisi yang sering dipakai dalam dunia Ekonomi, baik itu Perbankan, Ekonomi Mikro dan Ekonomi Macro dalam Abjad B. Dalam artikel ini, istilah-istilah ekonomi yang saya berikan menggunakan bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Untuk memudahkan pencarian, saya bagi menjadi beberapa halaman sesuai abjad. Gunakan CTRL+F  untuk memudahkan pencarian perhalaman

Istilah-istilah ekonomi dalam Abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Badan usaha adalah kesatuan yuridis ekonomis yang tujuannya mencari keuntungan.

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) adalah mencakup semua badan usaha milik pemerintah daerah, yang pengelolaan dan pembinaannya berada di bawah pemerintah daerah, jenis kegiatannya antara lain meliputi penyediaan air minum, pengelolaan pasar, penyediaan obyek wisata / taman hiburan dan sebagainya. Pada umumnya perusahaan ini berbentuk perusahaan daerah (PD) yang diatur berdasarkan peraturan daerah.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah perusahaan atau unit usaha yang erat kaitannya dengan pemerintah dan mempunyai fungsi utama sebagai pemasok barang dan jasa bagi pemerintah dan masyarakat. Operasional, transaksi modal, dan pembiayaannya merupakan bagian integral dari pemerintah. Setiap penjualan kepada masyakarat ditunjukkan sebagai biaya bersih.

Balance adalah selisih jumlah debet dan kredit pada neraca atau salah satu jumlah kredit atau debet pada tanggal tertentu dengan jumlah imbang.

Balance of Payments adalah neraca pembayaran merupakan suatu daftar transaksi-transaksi intemasional, yang menimbulkan pembayaran berupa uang, antara negara-negara yang meliputi perkiraan transaksi berjalan, termasuk di dalamnya perdagangan barang serta jasa-jasa, perkiraan modal yang memuat pos-pos jangka panjang, lalu-lintas mas dan perak, transfer unilateral, berupa hadiah-hadiah pemerintah beberapa negara dan individu-individu

Balance of Payments Accounts adalah perkiraan neraca pembayaran merupakan suatu daftar ringkasan tentang transaksi-transaksi suatu negara yang meliputi pembayaran atau penerimaan dalam bentuk valuta asing

Balance of Trade (Neraca Perdagangan) adalah bagian dari neraca pembayaran yang merinci impor dan ekspor barang berwujud.

Balance Sheet (Neraca) adalah laporan keuangan perusahaan yang menunjukkan keadaan kekayaan, utang dan modal sendiri pada suatu tanggal tertentu. Kekayaan (aset) sama dengan kewajiban dan modal sendiri. Neraca merupakan daftar dari item yang terdapat pada dua sisi yang membuatnya menjadi seimbang

Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan rekening selanjutnya menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman yang diberikan.

Bank Devisa adalah bank umum yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan RI sebagai bank yang dapat memberikan jasa lalu lintas pembayaran dalam perdagangan internasional (transaksi internasional) atau transaksi valuta asing.

Bank Komersial adalah sebuah lembaga perantara keuangan yang fungsi utamanya adalah menerima simpanan giro.

Bank Money adalah uang yang diciptakan oleh sistem perbankan khususnya uang giral yang ditimbulkan oleh ekspansi berganda dari cadangan bank.

Bank Penerbit adalah bank yang mengeluarkan uang kertas

Bank Penitipan Sentra Dana Berjangka adalah bank yang disetujui Bappebti untuk menyimpan dana yang dihimpun oleh Pengelola Sentra Dana Berjangka

Bank Perkreditan Rakyat (Rural Banks) adalah bank yang terdiri dari bank pasar, bank desa, dan lumbung desa. Kegiatan utama BPR adalah menerima simpanan dan memberikan kredit skala kecil dalam jangka pendek kepada pedagang-pedagang di pasar dan penduduk desa. Wilayah kerjanya umumnya bersifat lokal tingkat katapraja / desa.

Bank Sentral adalah badan atau instansi pemerintah yang bertanggung jawab terhadap pengendalian perederan uang dan kondisi perkreditan nasional.

Bank Syariah adalah suatu bank yang dalam operasi berdasarkan prinsip-prinsip hukum Islam. Tiap bank yang menawarkan keuangan secara Islam mempunyai suatu dewan, yang disebut Dewan Syariah, yang pendapatnya dibutuhkan mengenai perjanjian keuangan dan instrumen moneter yang rumit. Peran dewan ini adalah bila suatu masalah yang secara khusus tidak disebutkan dalam kitab suci Al-Qur’an atau dalam ajaran Nabi Muhammad, maka penafsiran-penafsirannya dibuat oleh dewan tersebut

Bank Tabungan (Saving Bank) adalah bank yang dalam pengumpulan dananya terutama menerima simpanan dengan bentuk tabungan dan dalam usahanya terutama memperbungakan dananya dalam sekuritas.

Bank Umum (Commercial Banks) adalah bank umum terdiri dari bank-bank devisa nasional baik pemerintah maupun swasta, bank-bank nondevisa swasta nasional dan bank-bank asing atau campuran. Kegiatan utama bank-bank umum kecuali bank umum nondevisa adalah menghimpun dana masyarakat dalam bentuk giro, deposito berjangka dan tabungan, memberi kredit untuk tujuan modal kerja maupun investasi, serta melakukan transaksi perdagangan luar negeri.

Bapepam adalah Badan Pengawas Pasar Modal (Capital Market Supervisory Agency), sebagaimana dimaksud dalam Keputusan Presiden Nomor 53 Tahun 1990

Bappebti adalah Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi, lembaga pemerintah di bawah Departemen Perindustrian dan Perdagangan yang berwenang melakukan pembinaan, pengaturan, dan pengawasan di bidang perdagangan berjangka

Barang adalah segala macam barang atau jasa yang dapat memuaskan keinginan material.

Barang Antara adalah jenis barang yang telah menjalani sebagian proses pengolahan dan belum mencapai tahap akhir sebagai barang jadi.

Barang Bebas adalah barang – barang yang tidak termasuk dalam barang ekonomi

Barang Berbeda Corak (Differentiated Product) adalah jenis barang yang sama yang ada di pasar akan tetapi penampilannya berbeda sebagai akibat reka-bentuk dan pengemasan barang yang berbeda.

Barang ekonomi adalah barang yang relatif langka dibanding dengan jumlah permintaan akan barang tersebut.

Barang Esensial adalah barang yang sangat penting artinya dalam kehidupan setiap individu. Contohnya adalah makanan.

Barang Inferior adalah barang yang sangat rendah mutunya dan digunakan oleh golongan miskin atau yang pendapatannya sangat rendah. Semakin kaya seseorang, semakin sedikit barang inferior yang dibeli dan dikonsumsinya. Dengan kata lain, jenis barang yang konsumsinya akan menurun dengan meningkat nya pendapatan seseorang

Barang Jadi adalah barang yang dihasilkan untuk dipakai, jadi bukan untuk menghasilkan barang lainnya.

Barang Komplementer adalah dua barang yang saling melengkapi.

Barang Merit (Merit Goods) adalah barang yang penting artinya kepada masyarakat yang dapat diproduksikan oleh swasta dan dipungut bayaran, tetapi bayarannya mungkin terlalu mahal dan mempengaruhi kemakmuran rakyat.

Barang Mewah adalah barang yang mahal harganya dan selalu dipamerkan pemakaiannya. Barang ini terutama dibeli oleh golongan masyarakat yang berpendapatan tinggi.

Barang Mirip (Close Subtitute) adalah barang lain yang dapat menggantikan suatu barang tetapi mutu dan penampilan barangnya berbeda dengan yang digantinya.

Barang Netral adalah barang yang bukan menjadi pengganti atau penggenap barang lain dan tidak bersaingan dengan barang lain.

Barang Normal adalah barang yang terutama terdiri dari barang konsumsi tahan lama yang digunakan oleh para konsumen dalam kegiatannya sehari-hari. Contoh: baju, celana, dan sepatu.

Barang Pelengkap adalah barang yang digunakan secara serentak dengan barang lain. Contohnya adalah barang pelengkap kepada kopi dan teh.

Barang Pengganti adalah barang yang dapat menggantikan atau digantikan barang lain apabila barang penggantinya sukar diperoleh atau harganya meningkat.

Barang Pribadi adalah barang yang dihasilkan dalam perekonomian, yang digunakan secara pribadi, dan dapat dengan mudah dijual kepada setiap konsumen.

Barang Publik (Public Goods) adalah barang yang disediakan oleh alam atau dihasilkan dalam kegiatan memproduksi yang digunakan oleh semua golongan masyarakat secara bersama dan sukar memungut pembayaran; suatu komoditi yang manfaatnya menyebar keseluruh masyarakat, tanpa melihat apakah individu tertentu ingin atau tidak ingin mengkonsumsi barang tersebut.


Barang Serupa (Identical / Homogenous Product) adalah barang yang sejenis yang dipromosikan berbagai perusahaan yang bentuk fisiknya tidak mudah dibedakan satu sama lain.

Barang Tahan Lama adalah peralatan atau mesin yang biasanya diperkirakan berumur lebih dari 3 tahun

Barang-Barang adalah benda-benda yang diwujudkan oleh manusia (mobil) atau disediakan oleh alam (air) yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Barter adalah cara perdagangan dimana barang ditukar dengan barang

Batas Kemungkinan Produksi (Production Possibility Frontier) adalah produksi yang dapat diciptakan masyarakat pada suatu periode tertentu apabila faktor-faktor produksi sepenuhnya digunakan dan tingkat teknologi tidak berubah.

Batas Maksimum adalah posisi terbuka kontrak berjangka yang dimiliki secara langsung atau tidak langsung oleh pihak di luar pihak yang melakukan lindung nilai.

Batas Wajib Lapor adalah jumlah posisi terbuka kontrak berjangka yang dikuasai oleh pihak yang telah mencapai batas tertentu yang wajib dilaporkan kepada bursa berjangka sesuai peraturan dan tata tertib bursa berjangka

Bauran Kebijakan Fiskal dan Moneter adalah kombinasi kebijakan fiskal dan moneter yang dipergunakan untuk mempengaruhi aktifitas makroekonomi.

Bea Cukai / Pabean adalah instansi resmi dari suatu negara yang mengawasi barang-barang keluar-masuk daerah pabean masing-masing dengan memberikan ijin untuk pemuatan barang ke kapal bagi eksportir dan ijin untuk pelepasan barang dari pelabuhan untuk dimaksudkan ke daerah pabean bagi importir sesuai dengan ketentuan.

Bear Market (Pasar Lesu) adalah harga saham, obligasi dan komoditi yang jatuh di dalam masa yang cukup lama. Di pasar modal, harga saham atau obligasi yang jatuh biasanya berkaitan dengan kelesuan kegiatan ekonomi pada umumnya

Bearer (Pengunjuk) adalah pihak yang diakui sebagai pemilik sekuritas atas unjuk.

Bearer Bond (Obligasi Atas Unjuk) adalah obligasi yang pelunasannya dan bunganya dibayarkan kepada pembawa obligasi tersebut

Bears (Spekulan Jual) adalah orang / badan usaha yang menarik keuntungan dari keadaan pasar yang sedang menurun dengan menjual efek untuk kemudian membelinya kembali dengan harga yang lebih rendah.

Beban Pajak adalah bagian dari pajak penjualan yang dipungut pemerintah yang akan ditanggung oleh konsumen dan produsen.

Belening (Berasal dari bahasa Belanda) adalah (Gadai) kredit jangka pendek dengan jaminan sekuritas yang lazimnya berlaku untuk 3 bulan dan setiap kali dapat diperpanjang bila tidak dihentikan oleh salah satu pihak yang bersangkutan.

Benchmarking adalah suatu teknik manajemen untuk membandingkan kinerja internal melalui perbandingan eksternal terutama praktik terbaik / baik sebagai pembanding / rujukan dalam aspek / dimensi spesifik tertentu yang biasanya dimaksudkan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, memahami posisi diri sendiri relatif dalam konteks tertentu,serta memperoleh pelajaran untuk memperbaiki kinerja yang lebih baik dari yang sebelumnya secara berlanjut / kontinyu.

Benda Komplementer adalah benda yang pemakaiannya dapat saling melengkapi.

Benda Konsumsi adalah benda yang dapat dipakai atau digunakan secara langsung

Benda Produksi adalah benda yang berfungsi menghasilkan benda lain

Benefical Owner (Pemilik Penerima Manfaat) adalah pihak yang mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi jalannya pengambilan keputusan, penjualan efek, atau mengarahkan penggunaan hasil penjualan efek.

Benefit adalah nilai pertanggungan secara maksimal yang harus dibayar perusahaan asuransi sesuai dengan kesepakatan dalam kontrak perjanjian

Best Effort Commitment (Penjamin Emisi Dengan Kesanggupan Terbaik) adalah perjanjian antara emiten dan penjamin emisi dalam rangka penjualan efek dimana penjamin emisi akan melaksanakan penjualan efek tersebut sebaik-baiknya dan akan mengembalikan sisa efek yang tidak terjual habis.

Biaya Berubah Total adalah biaya berubah total merupakan jumlah biaya yang dibelanjakan untuk memperoleh semua faktor-faktor berubah.

Biaya Berubah Rata-Rata adalah biaya berubah total dibagi dengan jumlah produksi yang diwujudkan.

Biaya Eksplisit adalah semua pengeluaran untuk memperoleh faktor-faktor produksi dan input lain yang dibayar melalui pasaran (pembayaran berupa uang).

Biaya Kesempatan adalah jumlah barang atau barang – barang yang harus dikorbankan untuk mendapatkan satu unit barang lain.

Biaya Kesempatan (Opportunity Costs) adalah jumlah (kuantitas) suatu barang yang harus dikurangi produksinya untuk meningkatkan produksi satu unit barang lain (dalam konteks analisis kurva kemungkinan produksi). Secara umum konsep ini berarti pilihan lain yang terbaik yang perlu dilepaskan untuk melakukan suatu kegiatan lain.

Biaya Marjinal adalah tambahan biaya yang dibelanjakan untuk menghasilkan satu unit tambahan produksi.

Biaya Marjinal Faktor adalah biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk memperoleh satu unit faktor produksi yang digunakan untuk meningkatkan produksi yang digunakan untuk perusahaan.

Biaya Marjinal Tenaga Kerja adalah pertambahan biaya dalam kegiatan memproduksi yang berupa pembayaran kepada seunit (seorang) pekerja baru yang digunakan. Dalam pasar tenaga kerja yang bersifat persaingan sempurna, biaya marjinal tenaga kerja adalah sama dengan tingkat upah.

Biaya Minimum adalah biaya per unit terendah yang mungkin dicapai.

Biaya Oportunitas adalah nilai dari kesempatan penggunaan suatu barang ekonomi berikutnya, atau nilai dari alternatif yang dikorbankan.

Biaya Pribadi (Private Cost) adalah barang yang dibelanjakan oleh sektor swasta untuk menghasilkan barang-barang yang akan dijual ke pasar.

Biaya Rata – Rata adalah jumlah biaya dibagi dengan kuantitas barang yang dihasilkan.

Biaya Sosial (Social Cost) adalah kerugian, berupa material tetapi terutama dalam bentuk pencemaran lingkungannya, yang ditanggung masyarakat sebagai akibat operasi perusahaan menimbulkan efek buruk tersebut.

Biaya Tersembunyi adalah nilai faktor-faktor produksi yang dimiliki pengusaha yang digunakan dalam kegiatan memproduksi. Biaya ini tidak dibayar secara eksplisit (dalam bentuk uang) tetapi perlu dipandang sebagai sebagian dari biaya.

Biaya tetap adalah biaya yang tetap harus dikeluarkan perusahaan meskipun output yang dihasilkan 0.

Biaya Tetap Rata – Rata adalah biaya tetap dibagi oleh oleh jumlah unit yang diproduksi.

Biaya Tetap Total adalah semua pengeluaran yang dilakukan untuk membeli faktor-faktor produksi yang tetap jumlahnya. Biaya tetap rata-rata adalah biaya tetap total yang dibagi dengan jumlah produksi yang diwujudkan.

Biaya Total adalah jumlah biaya minimum pada suatu tingkatan teknologi dan serangkaian harga input.

Biaya Total dan Rata-Rata adalah seluruh jumlah biaya yang meliputi biaya tetap dan biaya berubah, yang dibelanjakan perusahaan dalam periode dimana semua faktor-faktor produksi dapat diubah jumlahnya.

Biaya Variabel adalah biaya yang bervariasi menurut tingkat output.

Biaya Variabel Rata – Rata adalah jumlah biaya variabel dibagi dengan kuantitas produk yang dihasilkan.

Bid (Penawaran) adalah harga penawaran yang diajukan oleh pembeli

Bid And Asked (Penawaran Dan Permintaan) Bid” adalah harga tertinggi yang bersedia dibayar oleh pembeli pada waktu tertentu dari efek tertentu. “Asked” adalah harga terendah yang diterima oleh penjual untuk efek yang sama. Secara bersama, kedua harga tersebut membentuk suatu quotation (catatan harga). Perbedaan antara kedua harga tersebut disebut Spread. Bid and Asked biasanya berkaitan dengan efek-efek tidak terdaftar yang diperdagangkan di pasar luar bursa

Bid Price (Harga Tawaran) adalah harga efek yang diajukan oleh calon pembeli / harga tertinggi yang diminta untuk membeli

Big Board (Papan Utama) adalah istilah populer untuk New York Stock Exchange. Berupa papan pencatatan Kurs Sekuritas

Bill of Lading (B/L) adalah merupakan tanda terima dokumen pengangkutan atas barang-barang yang diangkut dengan kapal laut yang diterbitkan oleh perusahaan / maskapai pelayaran dan juga berfungsi sebagai dokumen kepemilikan atas barang (Document of Title).

Blank Stock (Blangko Saham) adalah saham yang syaratnya tidak dicantumkan dalam anggaran dasar emiten tetapi ditetapkan oleh Dewan Direksi pada saat dikeluarkan.

Block (Blok) adalah efek yang diperdagangkan dalam jumlah besar di Indonesia berdasarkan peraturan-peraturan yang berlaku dalam transaksi di Bursa.

Block Sale adalah jumlah besar saham, atau nilai besar obligasi, yang dikuasai atau diperdagangkan di bursa efek atau pasar modal. Di Amerika Serikat, ada pedoman umum, yaitu 10.000 saham atau lebih dan nilai US$ 200.000 atau lebih dari suatu obligasi biasanya disebut sebagai block sale. Di Indonesia, perdagangan saham yang besar ini juga ada dan dimasukkan ke dalam perdagangan yang tidak reguler.

Blow Out (Jual Cepat) adalah penjualan secara cepat dari semua saham-saham yang baru ditawarkan kepada masyarakat. Perusahaan-perusahaan sengaja menjual saham-sahamnya didalam situasi yang demikian karena mereka ingin mendapatkan harga yang tinggi. Para pemodal mungkin agak sulit untuk memperoleh sejumlah saham dalam situasi yang demikian.

Blue Chip Stock (Saham-Saham Unggulan) adalah saham biasa dari perusahaan yang cukup dikenal dan punya kemampuan untuk mendapat keuntungan dalam jangka panjang. Disamping itu reputasi manajemennya cukup baik

Blue Sky Laws (Undang-undang Pengamanan Efek) adalah undang-undang yang mengatur jual beli efek untuk melindungi masyarakat terhadap penipuan (di Amerika Serikat).

Board Of Directors (Dewan Direksi) adalah orang-orang yang dipilih oleh pemegang saham perusahaan di dalam RUPS untuk mengendalikan suatu perusahaan sebagaimana disebutkan di dalam anggaran dasar perseroan

Board Room (Ruang Nasabah) adalah ruang di kantor broker untuk kepentingan nasabah yang dilengkapi papan pengumuman harga pasar efek.

Bond (Obligasi) adalah bukti hutang dari emiten yang dijamin oleh penanggung janji pembayaran bunga atau janji lainnya serta pelunasan pokok pinjaman yang dilakukan pada tanggal jatuh tempo, sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun sejak tanggal emisi Pemilik dari obligasi atas unjuk, biasanya menyertakan kupon pada obligasi yang diterbitkannya sebagai bukti untuk menerima pembayaran bunga. Sedangkan pada obligasi atas nama, biasanya nama si pemilik sudah tercatat pada perusahaan yang menerbitkan obligasi tersebut; sertifikat yang memberikan bunga yang diterbitkan pemerintah atau perusahaan,berisi janji akan membayar bunga dan jumlah pokok.

Bond Anticipation Note (Obligasi Antisipasi) adalah instrument hutang berjangka pendek yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat maupun daerah dan akan dibayar lunas bersamaan dengan penerbitan obligasi yang akan datang. Jenis obligasi semacam ini sangat aman dan bebas pajak di luar negeri.

Bond House (Kantor Obligasi) adalah badan usaha yang usaha pokoknya memperdagangkan obligasi menjamin agar emisi obligasi dapat terjual laris.

Bond Quotations (Pencatatan Harga Obligasi) ini ditetapkan dalam % dari jumlah atau 1000 dollar yang menggunakan fraksi-fraksi 1/8, 1/4, 3/8, 1/2, 5/8, 3/4 dan 7/8. Kadang-kadang sebagai pengganti jumlah, istilah pari, nilai digunakan, karena jumlah yang ditetapkan pada face dari bond. Karena face bond hampir selalu 1.000 dollar berikut ini akan mengilustrasikan hubungan antara quotation dan harga dollar Quotation Dollar 103 1/4 $ 1032.50 102 1/5 $ 1021.25 105 1/2 $ 1055.00 97 ½ $ 975.00 Suatu cara yang mudah untuk menghitung harga dollar adalah memberikan nomor-nomor kemudian meletakkan fraksi dari $10. Contoh sebuah tawaran dari 103 ¼ untuk seribu dollar bond akan digambarkan $ 1030 + ¼ x $10 atau $2,50, menjadi $ 1032.50 Dalam masalah baru (kasus baru) harga dollar sering ditetapkan alam desimal-desimal dari pada fraksi-fraksi. Contoh akhir tahun 1959 The Florida Power and Light Company menawarkan kepada umum 4 ¼ iuran bond 1989 pada 101.519 atau $1.015,17 perbond.

Bond Swap (Pertukaran Obligasi) adalah menjual obligasi dan membeli obligasi yang lain pada saat bersamaan.

Bonds Dividen adalah dividen yang dibayarkan dalam bentuk obligasi.

Bonus Stock (Saham Bonus) adalah saham yang dikeluarkan sebagai bonus dalam rangka mengakapitalisasi laba yang ditahan. Dalam hal ini terjadi peningkatan modal saham, yang penyetorannya berasal dari laba yang ditahan; saham yang dikeluarkan untuk membantu penempatan jenis saham baru, lazimnya merupakan saham preferen

Book (Buku Amanat) adalah catatan amanat jual beli efek yang dimiliki specialis dan semua amanat dibukukannya secara kronologis dalam buku tersebut.

Book Closing Date (Tanggal Tutup Buku) adalah tanggal dimana sebuah perusahaan menutup buku-bukunya untuk menentukan para pemegang saham yang mana yang terdafar untuk menerima dividen, pengeluaran dan lain-lain.

Book Value (Nilai Buku) adalah nilai buku perusahaan dihitung dari total asset dikurangi harta tidak terwujud, dikurangi utang dan nilai nominal dari saham preferen. Contoh Total asset Rp 5.000 juta Dikurangi : Harta tak berwujud (Rp 1.000 juta) Dikurangi : Utang(Rp 1.000 juta) Dikurangi : Saham Preferen (Rp1.000 juta) Nilai Buku Rp 2.000 juta Nilai buku perusahaan adalah jumlah nilai buka dibanding dengan saham yang beredar

Boom Market (Pasar Menguntungkan) adalah suatu keadaan pasar dimana permintaan jauh melampaui penawaran. Dalam keadaan-keadaan yang demikian harga-harga meningkat.

Borrowing Fee (Biaya Pinjaman) adalah biaya atas pinjaman yang diperlukan untuk membeli efek.

Bottom Fisher adalah perusahaan yang mencari saham yang harganya jatuh pada titik yang paling rendah sebelum harganya naik kembali. Dalam kasus yang ekstrim pemodal semacam ini mencari efek dari perusahaan-perusahaan yang bangkrut atau hampir bangkrut.

Bottom Up Approach To Investing adalah meneliti prestasi dari saham perusahaan tertentu sebelum mempertimbangkan pengaruh kecenderungan ekonomi yang berlaku pada saat itu. Prestasi perusahaan tersebut dapat dilihat dari laporan perusahaan, fluktuasi harga saham, perkembangan produk yang dihasilkan. Pendekatan ini mengasumsikan bahwa suatu perusahan dapat berjalan dengan baik sekalipun dalam situasi industri kurang menguntungkan.

Box (Kotak Efek) adalah tempat penyimpanan efek, lazimnya disediakan oleh lembaga Keuangan Bank atau Kustodian dengan menyewakan kepada pemilik efek untuk menyimpannya

Breadth Of The Market (Indikator Pasar) adalah prosentase dari saham yang berpartisipasi di pasar. Para analis mengatakan bahwa suatu bursa efek disebut baik bila dua pertiga dari saham tercatat aktif di dalam transaksi. Pasar dengan situasi semacam ini akan membuat lebih banyak pemodal yang ikut berpartisipasi. Breadth of market merupakan salah satu indikator naik turunnya suatu bursa efek.

Break Even Point / Titik Impas adalah suatu keadaan dimana perusahaan atau usaha dalam kondisi tidak mendapatkan laba atau menderita rugi. Bisa juga saat dimana memulai usaha dan mencapai tahap break even point dimana semua modal sudah tertutupi dan menuju keuntungan.

Broker (Asuransi) adalah biasanya dalam bentuk badan usaha, berperan menjual jasa dalam bentuk fasilitas mediasi antara perusahaan asuransi dengan pemegang polis.

Broker (Pialang) adalah individu atau perusahaan yang bertindak sebagai perantara jual dan beli atas efek-efek yang diterbitkan oleh perusahaan (emiten) dengan memperoleh imbalan jasa

Broker Dealer (Perantara Pedagang efek) adalah individu atau perusahaan yang bertindak sebagai perantara jual dan beli atas efek-efek yang diterbitkan oleh perusahaan (emiten) dengan memperoleh imbalan jasa dan pihak yang melakukan kegiatan atas efek hanya untuk kepentingan pihak lain

Budget Line (Garis Anggaran) adalah garis disuatu grafik yang sumbu-sumbunya menggambarkan kombinasi barang yang bisa dibeli oleh konsumen.

Budget Surplus (Surplus Anggaran) adalah kelebihan penerimaan pemerintah terhadap pembelanjaan pemerintah.

Bunga (Interest) adalah pembayaran yang diberikan kepada kreditur sebagai imbalan atas uang yang telah dipinjam. Pembayaran bunga dibedakan dari pembayaran kembali pokok pinjaman uang.

Bunga Majemuk adalah bunga yang dihitung juga dari bunga lalu.

Bursa Berjangka adalah badan usaha yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan / atau sarana untuk kegiatan jual beli komoditi berdasarkan Kontrak Berjangka dan Opsi atas Kontrak Berjangka

Bursa Efek / Pasar Modal adalah tempat aktifitas penawaran dan permintaan atas perdagangan dana, efek-efek sebagai wadah untuk mencari dana bagi perusahaan dan wadah investasi bagi pemodal yang menyangkut kepentingan berbagai pihak.

Bursa Komoditas adalah tempat dipamerkannya contoh barang – barang produksi yang diperjualbelikan.

Bursa Valuta Asing adalah suatu tempat kegiatan usaha yang memperdagangkan berbagai jenis mata uang asing seperti bank – bank devisa dan money changer.

Business Angel adalah para individu yang “berkecukupan secara ekonomi”, seringkali termasuk kelompok pewirausaha yang berhasil, yang bersedia menginvestasikan waktu dan dananya pada perusahaan-perusahaanyang masih berada pada tahap sangat awal perkembangan.

Buy on weakness adalah harga yang diharapkan terkoreksi dalam jangka pendek tetapi masih positif untuk jangka panjang. Untuk itu pertimbangkan beli saat harga jatuh mendekati level support.

Semoga artikel mengenai istilah-istilah dalam ekonomi (Abjad B) diatas dapat bermanfaat untuk anda. Bila anda mempunyai istilah ekonomi yang belum ada dalam artikel ini, silahkan menambahkan dalam kolom komentar.

Istilah-istilah ekonomi dalam Abjad: 
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Istilah-Istilah Dalam Ekonomi (B)"

Post a Comment